Harga Sony Xperia XZ dan Spesifikasi

Meraba Sony Xperia XZ Berikut Harga dan Spesifikasi

Sony Xperia XZ menjadi smartphone terbaru yang dirilis oleh perusahaan asal Jepang yang pamornya sedang turun di industri telepon selular tersebut. Beberapa bulan silam sang produsen telah memperkenalkan Xperia X dan Xperia XA yang tidak disambut dengan cukup antusias oleh konsumen,

Kembali mencoba peruntungannya di industri yang sama lahirlah Sony Xperia XZ yang oleh pihak Sony diposisikan sebagai flaghip model, artinya ia bakal berhadapan dengan nama-nama seperti Samsung Galaxy S7, LG V20 dan tentu saja sang raja Android Google Pixel XL. Mari kita simak review Sony Xperia XZ berikut.

Membedah Desain dan Spesifikasi Sony Xperia XZ

Key Specs Sony Xperia XZ
Display 5.2 inch IPS LCD, Triluminous, X-Reality engine
Screen Resolution 1080 x 1920 pixels
Operating System Android 6.0.1 Marshmallow
Processor 2 x 2.15 GHz
2 x 1.6 GHz
Chipset Qualcomm Snapdragon 820
GPU Adreno 530
Memory 3 GB
Inbuilt Storage 64 GB
Storage Upgrade Yes, up to 256 GB
Primary Camera 23 MP, f/2.0, phase detection and laser autofocus, LED flash
Video recording 2160p@30fps
Secondary Camera 13 MP with f/2.0 aperture
Battery 2.900 mAh
Fingerprint Sensor Yes
4G ready Yes
SIM Card Type Dual, nano+nano, hybrid SIM slot
Waterproof IP68 certification, water resistant up to 1.5m
Weight 161 grams
Dimensions 146 x 72 x 8.1 mm
Price

Sony Xperia XZ mengusung layar berukuran 5.2 inch yang memiliki viewing angles luas. Pengalaman menggunakan Sony Xperia XZ selama seminggu menunjukkan bahwa meski sudah dilapis oleh Corning Gorilla Glass faktanya layar ini tak cukup aman dari goresan, sekalipun digunakan dalam kondisi normal. Jika melihat sekilas lalu memang goresan-goresan tersebut tak terlalu kentara namun jika diamati secara seksama goresan yang muncul ternyata tidak sedikit.

Sejujurnya baru pertama kali ini kami menguji kekuatan Corning Gorilla Glass, biasanya sebelum mulai digunakan sudah buru-buru dilapis tempered glass. Berkaca dari pengalaman tersebut memang sangat bijaksana untuk memberi lapisan pelindung tambahan pada layar smartphone sekalipun pabrikan sudah melapisi Corning Gorilla Glass.

Terlepas dari munculnya goresan akibat kecerobohan penguji sendiri, kualitas warna serta ketajaman yang ditampilkan oleh layar Sony Xperia XZ sangat baik.

Desain Sony Xperia XZ sendiri menurut pihak produsen mengadopsi desain ALKALEIDO yang seketika saja dalam genggaman terasa solid dan halus pada saat bersamaan. Nuansa premium harus diakui kental terasa hanya dengan menggenggam ponsel terbaru bikinan Sony tersebut. Di masa lalu Sony Xperia model flagship memang terkenal unggul dari sisi desain.

Harga dan Spesifikasi Sony Xperia XZ

Bagian belakangnya menerapkan permukaan matte sehingga tidak terasa licin saat digenggam. Berbeda dengan layarnya yang cepat tergores, justru bagian lain menunjukkan kekuatan istimewa. Saat iseng mencoba menggores cover belakang dengan koin yang ditekan sedang tidak menyisakan goresan di bagian tersebut.

Bagi penggemar game Android utamanya, hal pertama-tama yang akan disoroti kala hendak membeli sebuah ponsel baru tentu adalah sektor performa. Mengandalkan chipet Snapdragon 820 beserta RAM berkapasitas 3 GB beberapa game yang terinstall dalam unit Sony Xperia XZ yang direview berjalan lancar. Game-game yang diuji pada smartphone ini antara lain: “Modern Combat 5”, “NFS No Limits”, “Mini Militia”, “Asphalt 8” dan “Color Switch”.

Pada masa kejayaannya Sony Xperia juga dikenal memiliki kamera berkualitas baik, wajar jika kebanyakan konsumen setianya mengharapkan kondisi serupa pada smartphone terbaru seri Xperia ini. Sony Xperia XZ sendiri menggunakan sensor 23 MP dengan f/2.0 buatannya sendiri yang sudah banyak diadopsi oleh hampir semua smartphone kelas flagship buatan kompetitor. Kamera ini didukung oleh PDAF, laser autofocus dan LED flash sebagaimana umum diketemukan pada smartphone sekelas ini.

Spesifikasi Kamera Sony Xperia XZ

Model Sony Xperia XZ
Rear Camera 23 Megapixel (5520 x 4140)
Front Camera 13 Megapixel (4160 x 3120)
Sensor Model Sony IMX300 Exmor RS
Sensor Type (Rear Camera) CMOS
Sensor Type (Front Camera) CMOS
Sensor Size (Rear Camera) 6.17 x 4.55 millimeters
Sensor Size (Front Camera) 4.69 x 3.52 millimeters
Aperture Size (Rear Camera) F/2.0
Aperture Size (Front Camera) F/2.0
Flash Type LED
Video Resolution (Rear Camera) 3840 x 2160p
Video Resolution (Front Camera) 1920 x 1080p
Slow Motion Recording Yes
4K Video Recording Yes
Lens Type (Rear Camera) 6 element Lens, Wide angle G Lens
Lens Type (Front Camera) Wide angle 90 degrees

Kualitas Kamera Sony Xperia XZ

Keunggulan kamera utama Sony Xperia XZ kala diuji terletak pada kemampuan mengabadikan momen dalam kondisi low-light, entah luar ruangan pada malam hari maupun di dalam ruangan. Semuanya sesuai apa yang diharapkan pada sebuah smartphone flagship bermerek Sony yang banderolnya lebih dari Rp 10 Juta. Namun sayangnya ia tidak sempurna, justru dalam kondisi pencahayaan yang ideal tingkat detilnya tampak kalah jika membandingkan dengan kamera ponsel buatan Samsung di kelas high-end yaitu Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge juga beberapa kompetitor sekelas lainnya seperti LG V20 dan iPhone 7.

Foto Hasil Kamera Sony Xperia XZ

Namun Sony Xperia XZ juga memiliki keunggulan dibanding para kompetitor sekelas di sektor kamera, kamera depan dengan sensor 13 MP milik smartphone Sony ini bukan gimmick sebagaimana diketemukan pada smartphone-smartphone abal-abal yang sekedar memamerkan resolusi kamera namun tidak menghasilkan kualitas foto sesuai harapan. Kamera selfie Sony Xperia XZ menurut mata kami adalah yang terbaik diantara semua smartphone yang pernah kami uji. Hal ini bukan sekedar berlaku pada kondisi pencahayaan ideal namun juga low-light performance-nya.

Kamera sekunder atau kamera selfie ini juga dilengkapi fitur object tracking yang memungkinkan fokusnya terus mengikuti objek.

Kelemahan Sony Xperia XZ dari sudut pandang kami terletak pada stamina baterai, sejak awal kami sudah pesimis ketika membaca spesifikasi Sony Xperia XZ yang hanya dilengkapi dengan baterai 2900 mAh. Pesimisme tersebut sayangnya sungguh terbukti, hanya sekedar untuk penggunaan normal dan berjalan pada jaringan 4G bersinyal stabil baterai smartphone bermerek Xperia ini hanya sanggup bertahan sekitar 12 jam. Kondisi itu menjadi kelemahan serius jika berencana menjadikan ponsel ini sebagai ponsel utama.

Pada sisi lain Xperia XZ ini sudah dilengkapi dengan fitur fast charging yang memungkinkan pengisian ulang daya dari 0-100% hanya dalam waktu 1 jam. Namun sebagai perbandingan penguji sendiri sampai sekarang masih setia menggunakan ponsel jadul LG G2 yang meski diaktifkan Wi-Fi nya terus-menerus baterainya sanggup bertahan hampir 2 hari dan pengisian dayanya pun memerlukan waktu yang sama dengan Sony Xperia XZ.

Kembali pada poin yang layak diapresiasi, kami menemukan bahwa Android Marshmallow yang dijalankan oleh smartphone terbaru Sony ini memiliki tampilan antar muka minimalis khas stock Android. Performa tampilan antar mukanya seperti sudah diduga sangat fluid serta mulus.

Kesimpulan dan Harga Sony Xperia XZ

Harga resmi Sony Xperia XZ di Indonesia hingga tulisan ini dipublikasikan belum bisa diketahui, bahkan kabar mengenai bakal masuk atau tidaknya ponsel ini secara resmi juga masih jadi misteri. Jika tidak sabar dan berani ambil resiko Anda bisa mendapatkan unit yang sekedar mengandalkan garansi distributor, namun saran kami bersabarlah atau cari saja alternatif merek lain yang dijual resmi.

Keunggulan dan Kelemahan Sony Xperia XZ

Sedangkan mengenai Sony Xperia XZ sendiri secara umum ia memiliki kualitas untuk berkompetisi dengan Samsung atau LG di kelas yang sama, hanya fitur kamera utama saja yang membuatnya tampak inferior dibanding dua merek populer tersebut. Bagaimana perbandingan Sony Xperia XZ dengan Google Pixel? Kami belum bisa menjawab, sebab menyentuh Google Pixel pun belum pernah apalagi mengetahui kualitas serta performanya. Jadi kalau ada yang mau minjemin smartphone Pixel atau malah sponsor yang mau kasih unit smartphone tersebut untuk jad bahan review jangan ragu-ragu menghubungi kami. #ngarep #TapiSerius

Justru hal yang paling penting untuk dipertimbangkan ketika Anda hendak membeli Sony Xperia XZ ini adalah keterbatasan daya tahan baterai. Namun selam Anda tak merasa terganggu oleh hal tersebut maka ponsel ini takkan mengecewakan.