Pelototi Samsung Galaxy J1 2016 Harga & Spesifikasinya

Harga Samsung Galaxy J1 2016 dan spesifikasinya sudah banyak dimuat oleh berbagai blog. Ponsel murah merek Samsung ini merupakan update dari versi sebelumnya yang pertama kali muncul di pasar Indonesia setahun silam.

Kemunculan Samsung Galaxy J1 tahun lalu cukup diapresiasi oleh konsumen, sebab dengan harga yang relatif terjangkau pemiliknya mendapat fitur serta kualitas layak. Belum lagi jika nilai tersebut dinilai juga dari sisi layanan purna jual. Bagaimanapun Samsung tak bisa lengah, sebab persaingan di segmen low-end cukup kompetitif karenanya mereka merasa perlu melakukan beberapa penyempurnaan.

Also Read: Harga Samsung Galaxy A7 2017 dan Spesifikasi

Membedah Spesifikasi Samsung Galaxy J1 2016

Samsung Galaxy J1 2016 bukan saja menerima tekanan dari merek-merek Cina, kompetitor se-negara yaitu LG pun tahun ini merilis LG K7 yang untuk varian 8 GB hanya berselisih beberapa ratus ribu Rupiah dibanding harga Samsung Galaxy J1 2016.

Dibandingkan tahun lalu dimensi J1 2016 tampak membengkak, salah satu penyebabnya adalah ukuran layar yang juga bertambah. Desainnya sendiri berubah jika membandingkan dengan generasi sebelumnya sebab ia mengadopsi penampilan yang sama dengan Samsung Galaxy J3 2016.

Sama halnya dengan Galaxy J2 sang produsen masih mengandalkan material plastik, sementara sudut di bagian ujung-ujung dibuat tidak terlalu tajam dalam rangka memberi kenyamanan ketika ponsel tersebut digenggam. Sekalipun demikian ternyata material yang digunakan cenderung tidak mudah kusam oleh noda-noda jari. Selain warna hitam dan putih konsumen juga bisa memilih Samsung Galaxy J1 2016 gold yang tampaknya cukup populer tahun ini.

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J1 2016

Jika sedikit ditekan maka gejala creacking memang muncul namun kami tak menganggapnya kelemahan, selain dalam kategori wajar juga mempertimbangkan banderol harganya. Tak ada kritikan yang rasanya perlu diberikan kepada Samsung Galaxy J1 2016 dari sisi desain, material serta kualitas pengerjaan.

Mendukung performa smartphone murah buatan Samsung ini adalah prosesor quad-core dengan dukungan RAM 1 GB serta kapasitas memori internal 8 GB. Awalnya ketika digunakan kapasitas memori internal tersebut masih tersisa 4.3 GB namun begitu semua update aplikasi bawaan berlangsung sisa memori internal menyusut menjadi 3.4 GB. Sementara kapasitas maksimal memori eksternal yang didukung adalah 128 GB.

Masih seputar media penyimpanan satu hal yang cukup disayangkan adalah Samsung Galaxy J1 2016 belum mendukung USB OTG. Koneksi dengan perangkat lain bisa dilakukan lewat Wi-Fi direct disamping Bluetooth 4.1.

Samsung Galaxy J1 2016 menjalankan sistem operasi Android 5.1.1 Lollipop yang tampaknya tak bakal mendukung Android Marshmallow kedepannya, tampilan antar muka TouchWiz yang digunakan oleh smartphone harga Rp 1 Juta-an ini untungnya tidak dibebani oleh banyak bloatware.

Sensor GPS serta GLONASS keduanya sudah melengkapi Galaxy J1 2016, hanya saja tingkat akurasinya tidak sempurna di dalam ruangan. Ketika dicoba di luar ruangan kinerjanya sedikit membaik.

Persamaan antara Samsung Galaxy J1 2016 dengan Galaxy J1 2015 tampak di sektor kamera sebab pihak pabrikan masih mempertahankan kombinasi kamera yang sama yaitu kamera utama 5 MP f/2.2 dan kamera sekunder 2 MP.

Kala digunakan di luar ruangan kamera utama 5 MP tersebut mengabadikan foto dengan kualitas lumayan untuk ukuran kamera ponsel sekelas ini meski warnanya cenderung pucat. Sementara di dalam ruangan tingkat detilnya juga masih dalam kategori layak.

Penyempurnaan paling kentara yang dihadirkan oleh Samsung Galaxy J1 2016 dibanding pendahulunya terletak pada penggunaan layar berteknologi Super AMOLED. Beberapa tahun lalu teknologi tersebut hanya diimplementasikan pada smartphone kelas high-end buatan Samsung, kini hampir semua ponsel Samsung Galaxy sudah mengadopsi meski kualitasnya tentu saja berbeda.

Review Samsung Galaxy J1 2016

Ukuran layar juga meningkat dari 4.3 inch menjadi 4.5 inch meski tingkat resolusinya masih tetap setara WVGA (800 x 480 pixels). Alhasil tingkat kepadatan warnanya juga hanya sebatas 207ppi. Walau demikian kualitas ketajaman maupun akurasi warna terbilang baik jika dibanding kompetitor sekelas, lebih-lebih untuk tingkat kecerahan layar Galaxy J1 generasi kedua ini jelas unggul.

Soal performa memang chipset Exynos 3475 tergolong chipset kelas low-end yang tidak terlalu bisa diharapkan dari sisi performa. Namun dalam pengujian hasilnya tidak seburuk yang dibayangkan kebanyakan orang. Selama tidak menggunakan Samsung Galaxy J1 2016 untuk bermain game berat maka tak jadi soal.

Iseng-iseng kami menjalankan game “Asphalt 8: Airborne” di Samsung Galaxy J1 2016, meski pada mode setting low details game tersebut tidak mampu dijalankan dengan mulus. Lagi pula dengan keterbatasan kapasitas media penyimpanan rasanya tidak bijak meng-install game ke ponsel tersebut.

Untuk Samsung Galaxy J1 2016 ini sang produsen melengkapi dengan baterai berkapasitas 2.050 mAh, lewat pengujian video loop yang menjalankan film H.264 beresolusi FHD baterai ini sanggup bertahan selama 12 jam. Karenanya untuk penggunaan normal sehari-hari cukup wajar jika ia bisa bertahan selama 2 hari.

Harga Samsung Galaxy J1 2016
Putih
Harga Samsung Galaxy J1 2016
Jual Samsung Galaxy J1 2016

Kesimpulan dan Harga Samsung Galaxy J1 2016

Harga HP Samsung Android ini dibanderol Rp 1,6 Juta-an, antar pedagang bisa jadi berselisih tipis beberapa puluh ribu Rupiah menurut amatan tim Dombort.

Harga Samsung Galaxy J1 2016
Pelototi Samsung Galaxy J1 2016 Harga & Spesifikasinya | Ponsel Dombort | 4.5