Xiaomi Mi Mix Smartphone Masa Depan à la Xiaomi

Melalui Xiaomi Mi Mix perusahaan yang bermarkas di Beijing dan masih berusia enam tahun tersebut mengkukuhkan diri sebagai Apple –nya Cina. Desain yang futuristis serta inovatif membuktikan pernyataan itu.

Xiaomi Mi Mix sendiri diperkenalkan pada saat yang sama kala sang produsen memperkenalkan pula Xiaomi Note 2 yang disebut-sebut sebagai kloningan dari Samsung Galaxy Note 7. Jika keaslian ide desain Mi Note 2 banyak diragukan maka tidak demikian halnya dengan Mi Mix.

Also Read: Ponsel Xiaomi Mi5s Plus Review

Desain dan Spesifikasi Xiaomi Mi Mix

Desain bukan satu-satunya sisi inovatif yang ditunjukkan lewat Xiaomi Mi Mix, berbagai teknologi seperti sensor kamera sekunder yang 50% lebih kecil dibanding sensor yang selama ini sudah dikenal, ultrasound proximity sensor serta piezoelectric speaker system menyumbang aspek inovatif tersebut.

Penampilannya sendiri yang nyaris tanpa bezel benar-benar mencirikan dirinya sebagai ponsel masa depan. Sementara material keramik yang digunakan terasa solid sekaligus premium ketika digenggam.

Memang desain serta material itu sendiri bukan tanpa kelemahan, sebab kala digenggam smartphone Xiaomi terbaru itu terasa cukup licin. Bobotnya termasuk berat meski tidak sampai mengurangi kenyamanan.

Harga Xiaomi Mi Mix Indonesia

Berkat ukuran layar mencapai 6.4 inch dan bezel super tipis maka rasio screen to body dari Xiaomi Mi Mix mencapai 91,3%. Dimensinya sedikit lebih kecil dibanding Xiaomi Mi Max namun tetap terbilang besar jika dibanding rata-rata smartphone merek lain.

Dimensi yang ekstra ini sayangnya tidak diimbangi pula dengan tata letak tombol yang lebih ergonomis akibatnya meraih tombol volume dengan jari-jari sambil menggenggam ponsel nyaris tidak bisa dilakukan. Bicara soal bobot, bobot yang mencapai 209 gram menjadikan ia sebagai smartphone paling berat saat ini.

Kapan Xiaomi Mi Mix Masuk Indonesia?

Fitur sensor pemindai sidik jari tentu saja sudah menjadi bagian dari smartphone terbaru kelas high-end buatan Xiaomi. Tingkat akurasi maupun kecepatan sensor tersebut terbilang sangat baik, bahkan lebih baik dibandingkan fitur serupa milik Xiaomi Mi5.

Review Xiaomi Mi Mix Indonesia

Dari sisi estetika desain Xiaomi Mi Mix nyaris sempurna, seandainya beberapa sentuhan detil seperti tata letak tombol turut diperhatikan layak rasanya ia dinilai sempurna pada poin ini.

Mendukung kesan futuristis tersebut maka pihak pabrikan memercayakan performanya pada chipset terbaru buatan Qualcomm yaitu Snapdragon 821 yang didalamnya terintegrasi prosesor 2.35 GHz quad-core serta GPU Adreno 350. Ditambah lagi dengan dukungan RAM sebesar 5 GB alhasil game Android terkini seperti “Asphalt 8” yang terkenal boros mengkonsumsi sumber daya bisa dijalankan dengan sangat mulus oleh Xiaomi Mi Mix.

Tampilan antar muka MIUI sendiri bukan tampilan antar muka terbaik yang ada, bahkan tak sedikit pengguna Android yang antipati terhadap MIUI tersebut. Tingkat kompatibilitas yang rendah dengan beberapa aplikasi populer termasuk WhatsApp dan Facebook Messenger turut menjadi isu yang muncul pada tampilan antar muka andalan Xiaomi itu.
Xiaomi Mi Mix sendiri menggunakan MIUI versi 8 yang sayangnya belum menuntaskan sejumlah kekurangan pendahulunya. Di sisi lain ia menawarkan beberapa penyempurnaan dibanding MIUI 7 sehingga kenyamanan serta kepraktisannya memang lebih baik.

Mendukung layar lebar serta chipset bertenaga yang haus daya baterai maka dijejalkan baterai bekapasitas 4.400 mAh. Pada penggunaan normal baterai ini sanggup bertahan lebih dari sehari. On screen time-nya sendiri tercatat sekitar enam jam.

Oleh karena Snapdragon 821 juga mendukung fitur fast charging maka pengisian daya selama 30 menit saja sudah mengisi ulang baterai dari 0% ke 35%. Proses itu terbilang cepat mengingat kapasitas baterai yang sangat besar.

Di sektor layar jika umumnya layar smartphone Android mengaplikasi rasio 16:9 maka Xiaomi Mi Mix menggunakan rasio 17:9 untuk layar dengan resolusi maksimal 2040 x 1080 pixels ini. Rasio tersebut dipilih dengan maksud memberi ruang bagi tombol navigasi yang berada di bawahnya.

Soal ketajaman layar, kualitas reproduksi warna maupun tingkat kecerahan rasanya tak ada celah untuk kritikan bagi smartphone Xiaomi ini.

Salah satu inovasi yang ditawarkan oleh Xiaomi Mi Mix adalah piezoelectric speaker system. Menurut penjelasan pabrikan sendiri teknologi ini dimaksudkan untuk meningkatkan kenyamanan kala menelepon. Dalam pengujian terbukti bahwa implementasi sistem tersebut bukan sekedar gimmick. Kala bertelepon pengguna tidak perlu menempelkan telinga di kisi-kisi speaker, cukup menempelkan telinga di bagian manapun pada layar Xiaomi Mi Mix sudah mampu mendengar suara lawan bicara dengan jelas. Bahkan jika dianggap nyaman Anda juga bisa menempelkan telinga ke cover belakang dan suara lawan bicara masih bisa didengar dengan baik.

Kala digunakan untuk mendengarkan musik atau video maka speaker tunggal yang diletakkan di bagian bawah mampu menunaikan tugas dengan baik. Output suaranya terasa jernih sekalipun diposisikan pada volume maksimal.

Hal yang patut disayangkan dari Xiaomi Mi Mix adalah kesan tidak serius sang produsen menggarap fitur kamera utama. Kamera dengan sensor 16 MP ini belum didukung oleh fitur standar ponsel kelas high-end seperti OIS. Kinerja PDAF-nya meski terbilang baik namun tidak memiliki keistimewaan atau dengan kata lain minim inovasi.

Setidaknya kualitas foto-foto yang dihasilkan tebilang baik dan pantas disejajarkan dengan foto yang dihasilkan oleh kamera ponsel kelas high-end dari merek-merek lain kecuali Samsung dan Apple. Kondisi tersebut berlaku baik dalam kondisi pencahayaan ideal maupun low-light situations.

Review Xiaomi Mi Mix Indonesia

Foto yang dihasilkan lewat mode HDR juga sangat menawan, meski prosesnya tidak cukup cepat untuk ukuran smartphone sekelas ini.

Inovasi Xiaomi terhadap fitur kamera justru ditampakkan pada kamera selfie-nya. Dalam upaya menyelipkan menempatkan kamera tersebut di bagian kanan maka sensornya dipangkas 50% dari ukuran sensor kamera smartphone pada umumnya. Penempatan di kanan bawah juga merupakan pilihan yang tidak lumrah, kala digunakan berfoto selfie pengguna bisa dengan mudah membalikkan posisi smartphone namun beberapa aplikasi seperti Instagram dan Snapchat tidak bisa diakali dengan metode tersebut.

Hasil Kamera Xiaomi Mi Mix

Spesifikasi Xiaomi Mi Mix

  • 6.4-inch IPS LCD display @ 2040×1080 pixels, 362ppi
  • Qualcomm Snapdragon 821 2.35GHz quad-core CPU
    Adreno 530
  • 4GB/6GB LPDDR4 RAM
  • 128GB/256GB UFS 2.0 internal storage
  • 4G+ LTE
  • WiFi 802.11ac
  • Bluetooth 4.2
  • NFC
  • HD 192KHz/24-bit audio
  • GPS with SAP, GLONASS, BDS
  • 16MP PDAF rear camera
    5MP front camera
  • Fingerprint sensor
  • Li-Ion 4,400mAh battery
    Qualcomm Quick Charge 3.0
  • MIUI 8.0 (Android 6.0 Marshmallow)
  • 158.8 x 81.9 x 7.9 mm (dimensions)
  • 209 grams (weight)

Harga Xiaomi Mi Mix yang Dijual di Indonesia

Harga Xiaomi Mi Mix di Indonesia meski menjadi informasi yang pasti ditunggu-tunggu oleh calon konsumen sayangnya merupakan mustahil untuk didapat. Alasannya sama seperti Xiaomi Mi Note 2 pihak produsen jelas-jelas menyebut bahwa Mi Mix hanya dirancang untuk pasar dalam negeri (Cina). Namun kita bisa berharap jika dikemudian hari Xiaomi akan mengimplementasikan desain serta teknologi Mi Mix pada produk berikutnya yang mungkin bakal menjangkau pasar lebih luas.
Kabar baiknya jika Anda demikian ngebet dengan handphone terbaru Xiaomi itu versi non resminya sudah bisa didapat di beberapa marketplace di Indonesia dengan kisaran harga Rp 15 Juta-an

Harga Xiaomi Mi Mix dan Spesifikasi
Xiaomi Mi Mix Smartphone Masa Depan à la Xiaomi | Ponsel Dombort | 4.5