Review Xiaomi Redmi Note 5 Indonesia

Xiaomi Redmi Note 5 Lama Dinanti, Sudahkah Sesuai Ekspektasi?

Meski menjadi pelopor ponsel Android murah berkualitas nyatanya posisi Xiaomi tidaklah benar-benar aman. Hanya berselang beberapa waktu merek-merek seperti Asus, Huawei dan Honor serius menggarap pasar yang sama. Alhasil dilahirkanlah Xiaomi Redmi Note 5 yang diharap menjadi standar baru ponsel berkualitas dengan harga terjangkau.

Xiaomi Redmi Note 5 semestinya merupakan ponsel pertama di Indonesia yang mengusung SoC Snapdragon 636, tapi kondisi ini tak berlangsung lama mengingat Asus pun bersegera merilis Zenfone Max Pro (M1) yang bermodalkan prosesor serupa bahkan ditawarkan dalam tiga varian.

Xiaomi Redmi Note 5 yang beredar di Indonesia sendiri merupakan versi yang berbeda dari ponsel dengan nama sama yang sebelumnya dijual di pasar India. Seri Redmi Note sendiri sejak kali pertama beredar di Indonesia senantiasa dikenal sebagai ponsel murah berkualitas namun lemah di fitur kamera. Konon kali ini sang produsen serius memperbaiki kekurangan tersebut. Berhasilkah?

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 5

OSMiUI 9.5 berbasis Android 8.1 (Oreo)
Layar5.99 inches, 92.6 cm2 (~77.4% screen-to-body ratio), 1080 x 2160 pixels, 18:9 ratio (~403 ppi density)
SoCQualcomm SDM636 Snapdragon 636
GPUAdreno 509
RAM3/4GB
ROM32/64GB, microSD, up to 256 GB
KameraDual: 12 MP (f/1.9, 1.4μm) + 5 MP (f/2.0), phase detection autofocus, dual-LED flash rear; 13 MP (f/2.0) selfie
SensorFingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
KonektivitasWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot, Bluetooth 5.0, A2DP, LE, microUSB 2.0
WaterproofingNo
BateraiNon-removable 4000 mAh battery
Dimensi158.6 x 75.4 x 8.1 mm
Berat181 g
HargaLihat di sini

SoC Snapdragon 636 sendiri merupakan chipset terbaik di kelas menengah, jantung performa milik Redmi Note 5 ini menggunakan Kyro 260 seperti pada pada Snapdragon 660 yang tak lain merupakan prosesor kelas high-end.

Desain Xiaomi Redmi Note 5 Sederhana dan Minimalis

Penampilan ponsel terbaru Xiaomi yang paling dinanti konsumen di Indonesia ini tampak lebih modern dibanding pendahulunya. Kesan tersebut didapat sebagai hasil kombinasi apik antara layar lebar rasio 18:9, bezel relatif tipis serta material logam yang digunakan.

Memang sebagian dari pembaca mungkin merasa bahwa penggunaan material aluminum terkesan kuno mengingat bahwa kebanyakan ponsel masa kini umumnya menggunakan bahan serat kaca. Tapi bagi Dombort aluminum masih pilihan terbaik sejauh ini karena cenderung tahan gores.
Kekurangannya terletak pada sifat yang cenderung licin kala digenggam, persis seperti seri Redmi Note generasi sebelumnya.

Xiaomi menempatkan sensor pemindai sidik jari di bagian belakang yang bukan preferensi kami, tapi setidaknya posisi sensor ini realtif mudah dijangkau oleh jari. Kinerjanya juga cepat dan akurat sebagaimana diharapkan.

Jelas bahwa meski terkesan lebih modern dibanding pendahulunya desain atau penampilan memang bukan salah satu kelebihan dari Xiaomi Redmi Note 5, sang produsen memilih pendekatan minimalis dan sederhana di sektor tampilan.

Pada bagian depan Dombort terkesima dengan tampilan layar 5.99 inch beresolusi setara FHD+ dengan teknologi IPS. Layar ini sanggup menampilkan warna cerah berikut viewing angles luas.

Sistem Operasi dan Kegegasan Xiaomi Redmi Note 5

Di sektor perangkat lunak MIUI 9.5 berbasis Android Oreo yang digunakan pada Redmi Note 5 kali ini terasa lebih praktis karena untuk mengakses notifikasi bisa dilakukan hanya dengan menarik menu dari atas ke bawah dengan satu jari. Berbeda dari versi-versi sebelumnya yang harus menggunakan dua jari atau pinch to zoom.

Tapi pada saat bersamaan masih ada beberapa bug seperti notifikasi-notifikasi beberapa aplikasi yang tidak muncul saat layar terkunci, salah satunya adalah Telegram. Sementara untuk Whatsapp tidak terjadi masalah serupa.

Snapragon 636 yang dipercaya sebagai jantung performa sanggup menjalankan berbagai tugas harian dengan lancar tanpa jeda berarti. Bahkan beberapa game berat seperti “Playerunknown’s Battleground” relatif lancar dijalankan pada ponsel ini.

Singkatnya untuk standar ponsel kelas menengah dijamin bahwa performa Redmi Note 5 tidak mengecewakan.

Kualitas dan Performa Kamera Xiaomi Redmi Note 5

Seperti disebut sebelumnya bahwa lewat Xiaomi Redmi Note 5 ini sang produsen ingin memperbaiki kelemahan seri Redmi Note di sektor kamera. Karenanya dua lensa masing-masing 12 MP f/1.9 dan 5 MP f/2.0 ditanamkan pada kamera belakang. Namun sebenarnya yang membuat kamera Xiaomi Redmi Note 5 istimewa adalah ukuran pixel –nya yaitu 1.4μm, sehingga secara teori mestinya kamera ini sanggup menghasilkan foto lebih cerah di malam hari atau dalam ruangan.

Harga Xiaomi Redmi Note 5 dan Spesifikasi

Faktanya memang demikian, kala digunakan di malam hari kamera utama ini sanggup menghasilkan foto-foto memuaskan untuk standar kamera ponsel kelas menengah. Kinerja auto-focus –nya juga termasuk cepat. Sayang ketiadaan dukungan OIS menjadikan foto-foto terkadang menjadi kabur jika tangan kurang stabil saat mengambil foto.

Foto Hasil Kamera Xiaomi Redmi Note 5 dan Spesifikasi

Review Kamera Xiaomi Redmi Note 5 dan Spesifikasi

Kamera depan mengandalkan sensor 13 MP, kualitas foto-foto yang dihasilkan cukup memuaskan meski efek bokeh-nya tidak terlihat se alami bokeh pada kamera belakang.

Stamina Baterai

Didukung oleh baterai berkapasitas 4.000 mAh pada penggunaan normal Dombort mendapatinya mampu bertahan selama satu setengah hari. Namun meski mendukung “Fast Charge 2.0” ternyata hanya charger biasa yang disertakan dalam kemasan penjualan Xiaomi Redmi Note 5.
Dengan menggunakan pengisi daya bawaan (standar) perlu waktu dua jam untuk merampungkan proses isi ulang daya baterai dari 0-100%.

Xiaomi Redmi Note 5 Sekarang

Black
Harga Xiaomi Redmi Note 5 dan Spesifikasi
Jual Xiaomi Redmi Note 5
Summary
Review Date
Reviewed Item
Xiaomi Redmi Note 5
Author Rating
41star1star1star1stargray