Harga Samsung Galaxy J6 dan Spesifikasi

Samsung Galaxy J6 Belum Pantas Diunggulkan

Kehadiran Samsung Galaxy J6 mungkin tak mendapat sorotan sebesar Xiaomi Redmi Note 5 atau Asus Zenfone Max Pro (M1), tapi jangan remehkan upaya Samsung untuk mempertahankan pangsa pasarnya di segmen menengah. Apalagi produsen asal Korea itu masih tetap memiliki segmen konsumen loyalnya sendiri yang tak mudah digoyang oleh merek lain.

Ada beberapa fitur Galaxy S9 yang diadaptasikan untuk Samsung Galaxy J6, salah satunya adalah “Infinity Display”. Disebut adaptasi karena tidak persis sama, untuk Galaxy J6 yang harganya lebih terjangkau ini bagian tepi layar tidak dibuat mengkurva melainkan konvensional.

Spesifikasi Samsung Galaxy J6

OSSamsung Experience 9.0 berbasis Android 8.0 (Oreo)
Layar5.6 inches, 79.6 cm2 (~75.9% screen-to-body ratio), 720 x 1480 pixels, 18.5:9 ratio (~294 ppi density), Super AMOLED
SoCExynos 7870 Octa
GPUMali-T830 MP1
RAM3/4GB
ROM32/64GB; microSD, up to 256 GB (dedicated slot)
Kamera13 MP (f/1.9, 28mm), autofocus, LED flash rear; 8 MP, f/1.9, LED flash selfie
SensorFingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity
KonektivitasWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth 4.2, A2DP, LE, microUSB 2.0
WaterproofingNo
BateraiNon-removable Li-Ion 3000 mAh battery
Dimensi149.3 x 70.2 x 8.2 mm
Berat154 g
Hargatbc

Rasio 18:9 untuk ponsel Android kelas menengah memang sudah jamak, tapi jangan lupa bahwa Samsung selama ini terkenal pelit kala membesut ponsel non-flagship karenanya pengaplikasian rasio tersebut pada Galaxy J6 merupakan kondisi yang patut diapresiasi.

Desain penampilan secara keseluruhan terkesan sederhana, tapi meski masih menggunakan material plastik polycarbonate kualitas ponsel ini sendiri masih terasa solid nan premium.
Sensor pemindai sidik jari diletakkan di bagian belakang, sementara kisi-kisi speaker diposisikan pada samping kanan.
Berbeda dengan Xiaomi Mi Mix 2s yang tidak lagi dilengkapi port 3.5 mm, Galaxy J6 yang bermain di segmen lebih massal ini masih menawarkan port 3.5 mm.

Selain nama besar serta reputasi merek Samsung ada keunggulan Galaxy J6 dibanding kompetitor sekelas. Yaitu meski sama-sama mengadopsi layar dengan rasio 18:9 tapi layar Infinity Display dengan teknologi Super AMOLED milik J6 menghasilkan ketajaman, kecerahan serta saturasi warna yang lebih baik dibanding merek lain.
Di bawah sinar matahari langsung layar ini masih bisa terbaca selama Anda mengatur setting kecerahan ke tingkat paling tinggi.

Review Samsung Galaxy J6 Indonesia

Performa Samsung Galaxy J6

Dengan mengandalkan SoC buatannya sendiri yaitu Exynos 7870 pada dasarnya performa harian Galaxy J6 tidak mengecewakan, meski memang untuk menjalankan game berat kadang terasa muncul jeda serta suhu di bagian belakang terasa meningkat. Tapi pada dasarnya ponsel ini masih tergolong sanggup menjalankan game-game tersebut.

Minimnya kapasitas RAM tak bisa dibohongi, tapi kondisi ini tak terlalu mengganggu terlebih karena untuk Galaxy J6 ini Samsung sudah meminimalisir transisi dan animasi pada UI -nya.

Proses multitasking berjalan lebih lancar jika Anda memilih opsi RAM 4 GB, walaupun saat ini Dombort juga belum bisa memastikan apakah dua versi tersebut (3 GB dan 4 GB) akan tersedia di Indonesia.

Samsung masih mengandalkan tampilan antar muka Samsung Experience 9.0 berbasis Android 8.0 Oreo. Bloatware masih menjadi ciri khas perangkat lunak buatan Samsung ini meski sudah lebih baik dibanding generasi sebelumnya. Namun bahkan aplikasi Facebook pun masuk dalam paket bloatware tersebut.

Bagaimanapun tampilan antar muka Samsung acapkali juga justru menjadi alasan konsumen setia mereka enggan beralih ke merek lain karena sudah terlanjur akrab. Setidaknya kali ini Anda dibebaskan melakukan uninstall untuk aplikasi-aplikasi bawaan yang tidak dianggap perlu.

Dijejali dengan baterai berkapasitas 3.000 mAh untuk penggunaan normal ala Dombort sanggup bertahan selama lebih kurang 36 jam. Sementara pengisian ulang daya baterai dari 0% ke 100% memerlukan waktu sekitar 90 menit.

Performa dan Kualitas Kamera Samsung Galaxy J6

Berbeda dari kebanyakan kompetitor yang menawarkan kamera utama dengan lensa ganda, Samsung masih nyaman dengan lensa tunggal 13 MP bukaan f/1.9 sementara untuk kamera selfie digunakan lensa 8 MP.
Fitur LED flash tidak hanya disediakan untuk mendampingi kamera belakang namun juga kamera depan.

Foto Hasil Kamera Samsung Galaxy J6

Pada penggunaan di luar ruangan dengan pencahayaan ideal kedua kamera ini sanggup menghasilkan kualitas foto yang jernih serta detil untuk standar kamera ponsel harga 3 Juta-an. Tapi ketajaman warnanya tampak mengecewakan, apalagi kalau pembandingnya adalah Asus Zenfone Max Pro (M1) dan Xiaomi Redmi Note 5.
Ketika digunakan di dalam ruangan atau malam hari ternyata kamera dengan bukaan lensa f/1.9 pada kamera utama tak sanggup menghasilkan kualitas foto sesuai harapan, gejala grainy sangat kentara pada kedua kondisi tersebut.

Hasil Kamera Samsung Galaxy J6
Warna Foto Kurang Tajam (washed out)

Justru kamera depan dengan sensor 8 MP sanggup menghasilkan foto selfie diatas rata-rata kala digunakan di dalam ruangan dan pada malam hari.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Samsung Galaxy J6
Author Rating
31star1star1stargraygray