Samsung Galaxy J3 2016 Apa Istimewanya?

Samsung Galaxy J3 2016 tak lain merupakan versi penyempurnaan dari Galaxy J3 generasi pertama yang menjadi salah satu andalan Samsung di segmen low-end. Di beberapa emerging market model ini dipaksa berhadapan dengan Moto G3 yang lebih populer, namun di Indonesia sang produsen cukup diuntungkan dengan keputusan Lenovo untuk tidak merilis budget phone buatannya tersebut.

Walau demikian Galaxy J3 generasi kedua atau yang lebih sering disebut sebagai Samsung Galaxy J3 2016 sebenarnya merupakan respon sang produsen asal Korea tersebut terhadap Moto G4. Dibanderol dengan harga Rp 2 Juta-an smartphone Samsung Galaxy terbaru untuk kelas budget ini memang terkesan menjanjikan.

Also Read: 5 Kelebihan Samsung Galaxy S8 dan S8+

Samsung Galaxy J3 2016: Spesifikasi

Penampilan dan harga Samsung Galaxy J3 2016 sangat mirip dengan Galaxy J5 2016, tak heran jika banyak calon konsumen yang merasa galau kala mempertimbangkan membeli Samsung Galaxy J3 atau J5. Bahkan ukuran layar dengan selisih hanya 0.2 inch antara kedua ponsel tersebut tidak terlalu kentara pada kenyataannya.

Kesamaan antara Samsung Galaxy J3 2016 dan Galaxy J5 2016 berlanjut dari sisi kualitas material maupun kualitas pengerjaannya. Sama halnya dengan sang kakak, Galaxy J3 pun mengadopsi material plastik dengan permukaan matte yang terasa solid. Di kelasnya kedua smartphone ini memang termasuk salah satu yang paling baik dari poin tersebut.

Kelebihan Samsung Galaxy J3 2016 dibanding ponsel sekelasnya terletak pada layar yang sudah mengadopsi teknologi Super AMOLED. Alhasil warna yang dihasilkan jauh lebih terkesan hidup, demikian pula tingkat kecerahan lebih baik serta warna hitam lebih solid khas panel Super AMOLED.

Tingkat kecerahannya sendiri tercatat mencapai 447cd/m2, artinya bahkan di luar ruangan dengan paparan sinar matahari langsung sekalipun ia masih bisa dibaca jelas.

Sampai pada beberapa poin di atas Anda akan melihat nyaris tidak ada beda antara Samung Galaxy J3 vs. Galaxy J5. Begitu menengok pada spesifikasi masing-masing barulah kentara alasan sang produsen membanderol harganya berselisih cukup besar. Jika Galaxy J5 terbaru sudah mengadopsi chipset Snapdragon 410 buatan Qualcomm maka untuk Galaxy J3 pengguna harus berpuas dengan chipset Spreadtrum SC8830 sebagai upaya Samsung menghemat biaya produksi.

Perbedaan chipset tersebut otomatis membedakan GPU yang diusung masing-masing dimana Galaxy J5 menggunakan Adreno 306 dan Galaxy J3 ARM Mali-400 MP2. Oleh karena GPU Mali-400MP2 ini tidak mendukung OpenGL ES3 maka tidak mungkin membandingkan keduanya dengan uji GFXBench3 yang umum digunakan untuk mengukur performa sebuah GPU.

Sebagai gantinya digunakan T-Rex yang memperkuat dugaan bahwa performa GPU pada Galaxy J3 tidak sebaik Galaxy J5 meski selisihnya tidak terlalu besar. Walau demikian jika sekedar digunakan sebagai ponsel harian performa bukan menjadi masalah serius yang bakal dihadapi oleh pemilik J3. Sebaliknya untuk menjalankan game berat tidak bisa banyak diharapkan.

Untuk penggunaan sehari-hari sendiri tidak dirasakan lag saat mengetik dengan virtual keyboard -nya, demikian pula transisi antar layar berjalan cukup mulus untuk ukuran smartphone dengan harga kurang dari Rp 2,5 Juta.

Stamina baterai Samsung Galaxy J3 2016 juga terbilang baik, dalam pengujian video loop dengan kecerahan layar yang dipatok pada nilai 170cd/m2 ia sanggup bertahan selama 13 jam 15 menit. Memang Galaxy J5 2016 mencatatkan stamina baterai lebih baik, namun apapun yang mampu mencapai angka 13 jam sudah masuk dalam kategori baik.

Sama halnya dengan Galaxy J5 baterai Galaxy J3 mengadopsi tipe removable, artinya mengganti baterai bisa dilakukan sendiri oleh pemilik. Demikian pula bagi yang enggan meneteng-neteng Powerbank bisa menyiapkan baterai cadangan untuk perjalanan panjang.

Samsung Galaxy J3 2016 Kekurangan

Di dekat baterai terletak pula slot untuk menempatkan keping microSD yang rasanya bakal sangat berguna mengingat kapasitas memori internal Samsung Galaxy J3 2016 hanya sebatas 8 GB.

Kamera utama Samsung Galaxy J3 2016 mengandalkan sensor 8 MP tanpa fitur pendukung seperti auto fokus maupun OIS. Kualitas foto yang dihasilkan dalam kategori standar untuk kamera ponsel sekelas ini. Lagi-lagi disinilah kunci lain perbedaan Galaxy J3 vs. Galaxy J5 yang patut dipertimbangkan kala henda membuat keputusan beli.

Harga Samsung Galaxy J3 2016

Harga Samsung Galaxy J3 2016 saat artikel ini dipublikasikan berada direntang Rp 2 hingga 2,5 Juta-an tergantung warna yang dipilih. Mempertimbangkan hal tersebut harga HP Samsung J3 di kelas low-end ini menjadi salah satu pilihan ideal.

Harga Samsung Galaxy J3 2016 vs. Samsung Galaxy J5 2016
Samsung Galaxy J3 2016
Samsung Galaxy J5 2016
Harga Samsung Galaxy J3 2016 Harga Samsung Galaxy J5 2016
Perbandingan Asus Zenfone 3 beli sekarang

Seperti sudah disebutkan bahwa kelemahan yang dimiliki terlihat pada modul kamera, karenanya jika dana Anda memungkinkan kami sendiri cenderung merekomendasikan Galaxy J5 yang merupakan favorit tim Dombort untuk kategori budget phone sekalipun di segmen yang sama ada merek Xiaomi,

Samsung Galaxy J3 2016 di Indonesia
Samsung Galaxy J3 2016 Apa Istimewanya? | Ponsel Dombort | 4.5