Review Xiaomi Redmi S2 Indonesia

Xiaomi Redmi S2 Ideal Buat yang Perlu Ponsel Murah

Menurut para ‘alay’ konon ponsel Android murah seperti Xiaomi Redmi 5 atau Xiaomi Redmi S2 cuma cocok buat mereka yang baru pertama kali pakai ponsel pintar. Tapi kalau Anda bukan generasi ‘alay’ abaikan saja pemikiran demikian. Lagian pengguna pemula justru mestinya pakai iPhone yang lebih mudah dipahami dan pengguna pemula umumnya tak mau repot-repot dengan ROM kustom.

Singkatnya semua orang punya pertimbangan, semua orang punya pengaturan prioritas dan tidak semua orang perlu main game pakai ponsel atau buang-buang waktu berswa foto (selfie). Untuk alasan itulah Redmi S2 dibuat.

Awalnya Xiaomi Redmi S2 diperuntukkan untuk pasar dalam negeri (Cina) dan India saja, tapi di kemudian hari ternyata dijual pula di Indonesia, mungkin menurut pertimbangan produsen ada kemiripan karakter pasar yang menjadikan ponsel murah terbaru buatannya ini punya potensi.

Review Xiaomi Redmi S2

Spesifikasi Xiaomi Redmi S2 dan Spesifikasi

OSMIUI 9.5 berbasis Android 8.1 (Oreo)
Layar5.99 inches,  720 x 1440 pixels, 18:9 ratio (~269 ppi density)
SoCQualcomm MSM8953 Snapdragon 625
GPUAdreno 506
RAM3 GB RAM
ROM32GB; microSD, up to 256 GB (dedicated slot)
KameraDual: 12 MP (f/2.2, 1.25μm, PDAF) + 5 MP, gyro-EIS, phase detection autofocus, LED flash rear; 16 MP, HDR, LED flash selfie
SensorFingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
KonektivitasWi-Fi 802.11 b/g/n, WiFi Direct, hotspot, 4.2, A2DP, LE, microUSB 2.0
WaterproofingNo
BateraiNon-removable Li-Po 3080 mAh battery
Dimensi160.7 x 77.3 x 8.1 mm
Berat170 g
HargaRp 2,4 Juta

Meski dibanderol dengan harga sangat terjangkau sebenarnya penampilan Redmi S2 ini sama sekali tidak berkesan murahan. Selain penampilannya lumayan stylish di beberapa bagian juga Anda akan menemukan material aluminum layaknya sebuah ponsel kelas menengah.

Bentang layarnya juga cukup luas dan sudah mengadopsi rasio 18:9 seperti umumnya ponsel masa kini. Layar 5.99 inch menampilkan resolusi 720 x 1440 pixels, tidak cukup tinggi memang jika mempertimbangkan bentang layar yang demikian lebar, tapi untuk standar ponsel kelas ini rasanya sangat bisa diterima.

Ketajaman warnanya tidak istimewa tapi masih memungkinkan Anda menikmati film kesayangan atau sekedar menonton klip singkat di YouTube.
Perangkat lunaknya memungkinkan pengguna untuk mengatur tingkat kontras dan untuk pengguna yang kerap menggunakan ponselnya untuk membaca tersedia pula mode baca (Reading). Mode tersebut pada dasarnya meminimalisir emisi warna biru dengan tujuan agar mata tidak cepat terasa lelah.

Kala digunakan di luar ruangan layar ini tidak tampak cukup terang namun masih bisa terbaca dengan jelas. Sekali lagi sebagai pembeli mestinya Anda sudah maklum bahwa akan ada kompromi-kompromi tertentu dari sebuah ponsel dengan harga 2 Juta-an.

Performa Xiaomi Redmi S2

Xiaomi memercayakan performa Redmi S2 ini pada SoC Snapdragon 625 yang mencatatkan angka 63000 pada uji AnTuTu.
Pada uji pakai sehari-hari ponsel ini sanggup menjalankan berbagai aplikasi dengan lancar termasuk dalam kondisi multitasking. Bahkan GPU –nya juga masih sanggup menjalankan beberapa game ringan dengan mulus.

Performa Kamera Xiaomi Redmi S2

Meski Anda tidak bisa berharap banyak dari kamera ponsel seharga ini tapi di atas kertas spesifikasi kamera Xiaomi Redmi S2 terbilang lumayan.
Untuk kamera utama ditempatkan lensa ganda 12 MP dan 5 MP yang memungkinkan Anda membuat foto dengan efek bokeh yang lagi digemari belakangan ini, kekinian kalau kata bocah-bocah ‘alay’.

Meski tidak dilengkapi dengan OIS namun Xiaomi menggantikan fungsi fitur tersebut dengan EIS yang keberadaannya bisa dibilang lumayan ketimbang loe manyun.

Menariknya meski Dombort tak terlalu berharap pada kamera Redmi S2 ternyata menggunakan mode HDR mampu menghasilkan foto dengan warna yang hidup sekalipun tingkat detilnya tak terlalu memuaskan.

Review Kamera Xiaomi Redmi S2

Sementara untuk efek bokehnya tidak pula sesuai harapan, sebab jika hanya melihat sekilas lalu saja tidak terlalu kentara mana bagian yang hendak di-blur dan mana yang hendak difokuskan.
Tapi lagi-lagi warnanya terlihat mencolok, tampaknya Xiaomi memahami selera pengguna Instagram yang menyukai foto-foto dengan warna vibrant.
Jadi kalau sekedar diunggah ke media sosial bagaimanapun kamera utama Redmi S2 ini takkan mengecewakan.

Foto Hasil Kamera Xiaomi Redmi S2

Sedangkan kualitas kamera depan dengan sensor 16 MP menurut Dombort biasa-biasa saja. Tidak mengecewakan namun juga tidak bisa dibilang istimewa lebih-lebih untuk standar sensor 16 MP.
Selama pencahayaan sekitar cukup ideal foto-foto selfie terlihat baik.

Performa Baterai

Dijejali dengan baterai berkapasitas 3080 mAh untuk uji pakai intensif yang meliputi browsing, gaming dan memutar film terbukti sanggup bertahan selama 2 jam 30 menit. Sedangkan uji pakai penggunaan normal ala Dombort membuktikan baterai ponsel ini bertahan selama 16 jam

Penilaian untuk Xiaomi Redmi S2

Dengan harga resmi Rp 1,7 Juta Xiaomi Redmi S2 merupakan pilihan yang susah ditampik. Performanya baik, desain serta build quality pantas diacungi jempol kualitas kameranya juga masih bisa diterima.
Hanya saja karena tingginya permintaan maka harga Xiaomi Redmi S2 di pedagang sudah naik, terakhir Dombort memantau sudah ada di kisaran Rp 2,6 Juta-an. Masih worth atau tidak silakan Anda pertimbangkan sendiri tapi kalau Dombort bakal memilih altenatif lain sebab di kisaran harga 2,6 Juta-an ada beberapa opsi lain yang lebih patut dipertimbangkan.

Beli Xiaomi Redmi S2 Sekarang

Grey
Harga Xiaomi Redmi S2 dan Spesifikasi
Jual Xiaomi Redmi S2
Summary
Review Date
Reviewed Item
Xiaomi Redmi S2
Author Rating
31star1star1stargraygray