Harga OnePlus 6 dan Spesifikasi

OnePlus 6 Ponsel Android Terbaik di Bawah Rp 10 Juta

OnePlus 6 memang tidak resmi masuk ke Indonesia, produsen asal Cina tersebut memang ngambek sejak pemerintah mengeluarkan aturan TKDN dan memilih cabut dari Indonesia. Namun ponselnya sendiri masih bisa Anda dapatkan selama siap menanggung resiko tanpa garansi resmi.

OnePlus 6 hadir menggantikan OnePlus 5T hanya berselang beberapa bulan setelah pendahulunya itu dirilis. Masih setia dengan positioning sebagai flagship killer ponsel ini juga tercatat sebagai ponsel Android pertama yang mengekor gaya iPhone dengan menempatkan notch, poni, konde atau apapun lah Anda menyebutnya.

Ukuran notch pada layar OnePlus terbilang kecil jika dibanding iPhone X, meski keberadaannya bukan selera setiap orang tapi dengan mengadopsi notch ponsel ini mampu menawarkan rasio layar:bodi mencapai 84%. Bezel-nya pun juga lebih tipis dibanding kebanyakan ponsel Android merek lain.

Review OnePlus 6 Indonesia

Spesifikasi OnePlus 6 dan Spesifikasi

OSOxygen OS 5.1.8 berbasis Android 8.1 (Oreo)
LayarOptic AMOLED 6.28 inches, 1080 x 2280 pixels, 19:9 ratio (~402 ppi density)
SoCQualcomm SDM845 Snapdragon 845
GPUAdreno 630
RAM6/8 GB RAM
ROM64/128/256GB
KameraDual: 16 MP (f/1.7, 27mm, 1/2.6″, 1.22µm, gyro-EIS, OIS) + 20 MP (16 MP effective, f/1.7, 1/2.8″, 1.0µm), phase detection autofocus, dual-LED flash rear; 16 MP (f/2.0, 25mm, 1/3″, 1.0µm), gyro-EIS, Auto HDR, 1080p selfie
SensorFingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
KonektivitasWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, DLNA, hotspot, Bluetooth 5.0, A2DP, LE, aptX HD, microUSB 2.0, Type-C 1.0 reversible connector
WaterproofingIP xx
BateraiNon-removable Li-Po 3300 mAh battery
Dimensi155.7 x 75.4 x 7.8 mm
Berat177 g
HargaCek di sini

Tampilan antar muka (UI) OxygenOS sejauh ini juga bisa dibilang sebagai yang paling ideal mengadaptasi fitur notch. Sebagai contoh dalam posisi vertikal ia bakal menyesuaikan warna status bar dengan aplikasi yang sedang aktif. Jadi kala Anda sedang membuka aplikasi Facebook misalnya maka warna status bar bakal menjadi kebiru-biruan.

Namun pada posisi horizontal warna status bar belum mampu disesuaikan dengan warna dominan aplikasi yang aktif sehingga kehadiran notch masih terlihat ganjil dan mengganggu dari sisi estetika.

Tampilan antar muka OxygenOS memang memberi kebebasan bagi pengguna untuk mengatur aktivitas notch, tapi solusi ini masih terasa kurang praktis karena Anda harus mengaturnya per aplikasi.

Ponsel terbaru buatan OnePlus ini sudah mengadopsi layar dengan teknologi OLED, tapi masih minim teknologi kalau dibandingkan dengan flagship buatan Samsung, LG atau Apple.
Meski demikian untuk standar ponsel yang harganya di bawah Rp 10 Juta tingkat akurasi warna layar OnePlus 6 terbilang memuaskan.

Selain warna yang tampil terlihat tajam, layar ini juga mampu menghasilkan warna hitam yang pekat. Layar dengan tingkat resolusi setara FHD+ ini tercatat memiliki tingkat kecerahan mencapai 638 nits yang berarti lebih terang dibanding Samsung Galaxy S9+ (605 nits) maupun Huawei P20 Pro dengan 565 nits.

Soal tampilan desain maupun build quality tidak ada kekurangan, semua sesuai ekspektasi dari sebuah ponsel seharga ini.

Hanya sebagai konsekuensi penggunaan material kaca maka noda jari bakal mudah kentara, selain itu material kaca juga tidak sanggup menahan goresan sebaik aluminum. Karenanya akan bijaksana jika Anda menambah pelindung jelly case transparan untuk meminimalisir munculnya goresan.

Kelebihan dan Kekurangan OnePlus 6

Walau sedikit sayang sebenarnya sebab penggunaan jelly case mengurangi kesan elegan dari penampilan OnePlus 6, belum lagi desain kurva bagian belakang yang nyaman terasa di tangan menjadi tidak bisa dinikmati lagi.

Pada berbagai promosi pihak produsen tidak secara spesifik menjelaskan sertifikasi dari bodi OnePlus 6 ini, mereka hanya menyebutkan tahan percikan air.

Performa OnePlus 6

Seperti kebanyakan ponsel flagship terbaru OnePlus 6 pun sudah mengadopsi SoC terbaik buatan Qualcomm saat ini yaitu Snapdragon 845.
Di Indonesia Anda bisa mendapatkan OnePlus 6 dengan kapasitas RAM 6 GB dan 8 GB, sekali lagi bukan dengan garansi resmi meski barangnya sendiri asli (ori).

Berkat kombinasi SoC terkini dengan kapasitas RAM yang besar tak sulit diduga bahwa ponsel ini sanggup menjalankan tugas harian, multitasking hingga game berat tanpa kendala.
Kesan gegas ini didukung pula dengan animasi pada OxygenOS yang sengaja dirancang menegaskan kesan tersebut.

Baterai dengan kapasitas 3300 mAh yang ditanamkan mampu bertahan selama sehari penuh untuk pemakaian normal. Dengan fitur dash charging pengisian daya dari 0-60% hanya memerlukan waktu 35 menit.

Kamera OnePlus 6

Kamera menjadi fokus pengembangan dari OnePlus 6. Pada generasi sebelumnya ponsel ini memang terkenal menawarkan spesifikasi tinggi dengan harga terjangkau namun dengan beberapa kompensasi, salah satunya adalah kamera.

Sebenarnya jika dibandingkan dengan iPhone X, Samsung Galaxy S9, LG G7+ ThinQ maupun Huawei P20 Pro terasa sekali bahwa kamera OnePlus 6 sangat minim fitur. Tapi dengan mempertimbangkan banderol harga yang memang selisihnya lumayan maka kekurangan itu terasa masuk akal.

OnePlus sendiri memang kelihatan lebih berfokus pada pernyempurnaan hal-hal mendasar alih-alih bermain-main dengan fitur gimmick.
Salah satu hal yang langsung kelihatan adalah kehadiran OIS yang keberadaannya sangat vital kala digunakan memotret di dalam ruangan, malam hari atau dimanapun ketika kondisi cahaya tidak cukup ideal.

Hal kedua yang dibenahi adalah sensor, OnePlus 6 kini mengandalkan sensor IMX 519 yang 19% lebih lebar dibandingkan milik pendahulunya (OnePlus 5T). Secara teoritis sensor lebih lebar menghasilkan ukuran pixel lebih lebar, dan makin lebar ukuran pixel maka makin banyak pula cahaya yang bisa ditangkap olehnya.

Ternyata tidak semua orang merasa puas dengan penyempurnaan kamera OnePlus 6. Kebanyakan dari mereka yang tak merasa puas ini karena membandingkannya dengan Huawei P20 Pro, Galaxy S9, LG G7+ thinQ dan iPhone X.

Bagi Dombort membandingkan OnePlus 6 dengan nama-nama yang disebut itu tidaklah terasa adil, lebih pantas membandingkannya dengan OnePlus 5T.

Jika dibandingkan dengan OnePlus 5T maka peningkatan atau penyempurnaannya terasa signifikan. Detilnya lebih tinggi, warna maupun gambar tampak lebih tajam bahkan dalam kondisi minim cahaya pun perbedaan keduanya terasa nyata.

Foto Hasil Kamera OnePlus 6

Review Kamera OnePlus 6

Kelebihan dan Kekurangan Kamera OnePlus 6

Tidak seperti Huawei P20 Pro atau Samsung Galaxy S9 memang kamera OnePlus 6 tidak dirancang untuk bisa merekam video gerak lambat pada 960 fps. Tapi pada 240 fps dan 480 fps sudah kualitas video cenderung lebih baik.

Sementara itu kamera swafoto (selfie) juga menawarkan hasil yang cukup baik. Berbeda dengan kebanyakan kamera depan ponsel merek Cina seperti Xiaomi, Honor, Vivo dan Oppo yang berlebihan kala memanipulasi wajah untuk OnePlus 6 terkesan lebih alamiah.

Perbandingan Kamera OnePlus 6

Penilaian untuk OnePlus 6

Hanya berselang enam bulan sejak rilisnya OnePlus 5T sang produsen sudah menawarkan pengganti dengan penyempurnaan signifikan, terutama di sektor kamera.

Meski minim fitur gimmick namun dari sisi kualitas keseluruhan OnePlus 6 memang bisa dibilang sesuai harganya (good value for the money), namun karena tidak masuk lewat jalur resmi dan berarti juga tanpa garansi resmi Dombort merasa Xiaomi Mi Mix 2s dan Asus Zenfone 5z yang sebentar lagi resmi dijual di Indonesia lebih pantas dipertimbangkan.

Kalau Anda punya anggaran ekstra malah lebih baik ke Huawei P20 Pro sekalian karena kameranya nyata-nyata lebih baik ketimbang OnePlus 6.

Beli OnePlus 6 Sekarang

Mirror Black
Harga OnePlus 6 dan Spesifikasi
Jual OnePlus 6
Summary
Review Date
Reviewed Item
OnePlus 6
Author Rating
41star1star1star1stargray