Harga Asus Zenfone 5Z dan Spesifikasi

Asus Zenfone 5Z, Flagship Killer Terbaik

Asus Zenfone 5Z tidak sekedar ponsel Android terbaik yang pernah dibuat oleh perusahaan asal Taiwan itu sampai hari ini, tapi bahkan pantas dinominasikan sebagai flagship killer terbaik. Artinya ponsel ini lebih baik ketimbang OnePlus 6 maupun Xiaomi Mi Mix 2s.

Mulai dari penampilannya saja Dombort sudah dibuat kagum oleh Asus Zenfone 5Z. Di bagian depan dan belakang sang produsen menempatkan kaca 2.5D sementara diantara kedua sisi tersebut dipilih material aluminum yang konon menurut Asus kualitasnya merupakan aerospace grade.

Meski elegan, premium dan menggunakan material terbaik bukan berarti tanpa kekurangan, berbeda dengan ponsel kelas flagship yang banderolnya lebih mahal pada Zenfone 5Z ini belum dilengkapi fitur pengisian daya nirkabel maupun desain tahan air (IPxx).

Review Asus Zenfone 5Z Indonesia

Spesifikasi Asus Zenfone 5Z

OSASUS ZenUI 5.0 berbasis Android 8.0 (Oreo)
Layar6.2 inches, 96.9 cm2 (~83.6% screen-to-body ratio), 1080 x 2246 pixels, 18.7:9 ratio (~402 ppi density)
SoCQualcomm SDM845 Snapdragon 845
GPUAdreno 630
RAM6/8 GB RAM
ROM128/256GB; microSD, up to 400 GB (uses SIM 2 slot)
KameraDual: 12 MP (f/1.8, 24mm, 1/2.55″, 1.4µm, PDAF) + 8 MP (f/2.0, 12mm, 1/4″, 1.12µm), gyro EIS, dual-LED (dual tone) flash rear; 8 MP (f/2.0, 24mm, 1/4″, 1.12µm), gyro EIS, 1080p selfie
SensorFingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
KonektivitasWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, WiFi Direct, hotspot, Bluetooth v5.0, A2DP, LE, microUSB 2.0, Type-C 1.0 reversible connector
WaterproofingNo
BateraiNon-removable Li-Ion 3300 mAh battery
Dimensi153 x 75.7 x 7.9 mm
Berat155 g
HargaRp 6,5 -7,5 Juta

Sama halnya dengan Asus Zenfone 5 untuk produk kelas flagship ini menerapkan rasio 19:9 pada layar 6.2 inch –nya berikut poni (notch) di bagian atas.
Penempatan sensor pemindai sidik jari dan tombol-tombol fisik seperti tombol daya serta pengatur volume terasa sangat ergonomis.

Layarnya sendiri terlindung oleh Corning Gorilla Glass 3. Tingkat kecerahan, viewing angles hingga saturasi warna terlihat istimewa meski belum sebaik layar AMOLED.
Jika masih merasa kurang puas dengan warna yang ditampilkan Anda bisa memilih antara menggunakan DCI-P3 atau bahkan mengatur sendiri sesuai selera.

Layar Asus Zenfone 5Z juga sudah dilengkapi teknologi layar pintar yang menjaga layar tetap menyala selama digunakan, fitur ini mirip seperti ponsel-ponsel buatan LG.

Bertanggung jawab terhadap performa ponsel Asus terbaru ini adalah SoC Snapdragon 845 seperti yang digunakan oleh OnePlus 6.
Kehandalannya tak perlu diragukan baik untuk penggunaan harian, multi tugas (multitasking) hingga menjalankan game berat seperti “Asphalt 8” dan “Clash Royale” terasa mulus.

Sama halnya seperti Zenfone 5 pada Zenfone 5Z ini Asus banyak menggunakan terminologi AI meski terasa kurang pas, sebab kebanyakan dari apa yang disebut sebagai AI itu sebenarnya tak lebih dari sensor.
Walau demikian dari sisi praktis keberadaan sensor yang diaku sebagai AI itu memang terasa bermanfaat.
Pada baterai misalnya, di malam hari sensor akan secara otomatis melambatkan proses pengisian daya begitu mencapai angka 80% kemudian baru akan dilanjutkan di pagi hari dalam rangka menjaga keawetan baterai.

Baterainya sendiri sanggup bertahan selama 10 jam 42 menit untuk penggunaan normal ala Dombort, hanya berselisih sedikit dibanding OnePlus 6.

Di fitur kamera Asus Zenfone 5Z dilengkapi oleh kamera lensa ganda di bagian belakang. Lensa utama mengandalkan sensor 12 MP dengan aperture f/1.8, sementara lensa kedua merupakan lensa lebar dengan sensor 8 MP.
Sementara itu sensor 8 MP diberikan pada kamera swafoto (selfie) di bagian depan.

Dalam pengujian autofocus-nya mampu mengunci objek dengan sangat cepat serta akurat. Foto-foto yang dihasilkan juga terlihat tajam serta akurat, bahkan untuk objek yang agak jauh sekalipun tingkat detilnya masih terlihat baik.

Foto Hasil Kamera Asus Zenfone 5Z

Kala digunakan di malam hari secara otomatis mode –nya diubah ke Night View yang sekaligus mengurangi kecepatan shutter dan mengaktivasi mode HDR jika AI menilainya diperlukan.
Hasilnya foto-foto malam hari masih memiliki tingkat detil yang baik serta tingkat noise cenderung rendah.

Review Kamera Asus Zenfone 5Z

Kamera swafoto juga tidak kalah istimewa sebab selain sudah dilengkapi dengan cahaya flash yang tidak terlalu terang juga mendukung mode HDR.

Secara umum kedua kamera Asus Zenfone 5Z ini termasuk memuaskan, memang tak sebaik ponsel yang lebih mahal tapi sesuai dengan banderol harga yang ditawarkan.

Penilaian Dombort untuk Asus Zenfone 5Z

Tak pelak Asus Zenfone 5Z memang pantas disebut sebagai flagship killer terbaik saat ini. Dari sisi desain, build quality, kegegasan hingga kamera menunjukkan performa solid.
Tak ada alasan lagi menangisi hengkangnya OnePlus yang “ngambek” sebagai efek kebijakan TKDN, toh kini dari waktu ke waktu Asus menunjukkan diri sebagai solusi yang lebih baik dari kompetitor manapun di kelasnya.

Beli Asus Zenfone 5Z 2018 Sekarang

Black
Harga Asus Zenfone 5Z 2018 dan Spesifikasi
Jual Asus Zenfone 5Z 2018
Summary
Review Date
Reviewed Item
Asus Zenfone 5Z
Author Rating
51star1star1star1star1star