Harga Huawei Nova 3 dan Spesifikasi

Huawei Nova 3 Serasa Ponsel Pakai Flagship

Tahun lalu Huawei memberi kejutan dengan menawarkan Nova 2i, antusiasme publik kala itu juga relatif tinggi. Melanjutkan sukses menggarap segmen menengah lewat produk yang value for money -nya benar-benar dirasa kini produsen tersebut merilis Huawei Nova 3.

Huawei Nova 3 sendiri tampil lebih premium dibanding Nova 2i bahkan dalam beberapa hal ia seolah ingin menempatkan diri sebagai “flagship killer” layaknya Xiaomi Mi Mix 2s atau Asus Zenfone 5Z. Kira-kira apakah antusiasme yang sama bakal diberikan kepada Huawei Nova 3?

Review Huawei Nova 3 Indonesia

Spesifikasi Huawei Nova 3

OSEMUI 8.2 berbasis Android 8.1 (Oreo)
Layar6.3 inches, 97.4 cm2 (~84.2% screen-to-body ratio),1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio (~409 ppi density)
SoCHisilicon Kirin 970
GPUMali-G72 MP12
RAM6 GB RAM
ROM64/128GB; microSD, up to 256 GB
Kamera16 MP, 27mm, f/1.8, PDAF dan 24 MP B/W, 27mm, f/1.8, PDAF rear; 24 MP, f/2.0, 26mm dan 2 MP, depth sensor selfie
SensorInfrared face recognition, fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
KonektivitasWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, 4.2, A2DP, LE, EDR, aptX HD, microUSB 2.0, Type-C 1.0 reversible connector
Waterproofing
BateraiNon-removable Li-Po 3750 mAh battery
Dimensi157 x 73.7 x 7.3 mm
Berat166 g
HargaRp 7 Jutaan (est.)

Di kategori “flagship killer” saat ini para kompetitornya mengusung SoC Snapdragon 845 sebagai jantung performa. Namun Huawei rupanya merasa percaya diri dengan memilih Kirin 970 untuk ditanamkan pada Nova 3 ini.
Selain prosesor octa core sebagai prosesor utama chipset ini juga dilengkapi dengan prosesor pendukung yang secara khusus bertugas menangani kinerja AI.

Memang di atas kertas kalau Anda menilik angka-angka hasil benchmark AntuTu maupun GeekBench performa HiSilicon Kirin 970 masih di bawah Snapdragon 845, namun pada penggunaan langsung tidak ditemukan gejala lag atau proses loading yang terlalu lama.
Dengan kata lain tidak salah jika Huawei mempercayai SoC buatannya sendiri untuk ditanamkan pada Nova 3.

Game populer seperti “PubG Mobile” relatif lancar meski tak sebaik dengan snapdragon 845, aplikasi jejaring sosial Facebook dan Instagram semua bisa berjalan mulus. Setelah menjalankan game beberapa lama juga tidak muncul gejala kenaikan suhu.

Kelemahannya justru bukan terletak pada performa melainkan tampilan antar muka EMUI yang tampilannya tidak menarik karena terlalu mencoba mengekor iOS. Padahal secara alamiah dua sistem operasi tersebut (iOS dan Android) tidaklah sama.

Kelemahan lain muncul pada notifikasi yang sering terlambat muncul, bahkan Facebook Messenger kerap tidak berjalan normal. Tampaknya gejala tersebut terjadi karena Huawei Nova 3 terlalu agresif dalam mengalokasikan sumber daya dengan mematikan background apps. Bahkan aplikasi VLC pun tidak bisa dijalankan olehnya.

Beralih ke bagian desain, panel dengan tampilan dual tone di bagian belakang memberi kesan atraktif namun lensa ganda kamera utama sedikit terlalu menonjol hingga rawan goresan.

Kelebihan dan Kekurangan Huawei Nova 3

Di depan, layarnya terkesan demikian lebar karena selain memiliki rasio 19:9 juga ukuran bezel yang membingkai dibuat sangat tipis.
Seperti kebanyakan ponsel masa kini Huawei Nova 3 pun menerapkan poni (notch di atas layar. Di situ pulalah terletak dua lensa kamera swafoto dan sensor infra merah (IR).

Harga Huawei Nova 3 Indonesia

Bentang layar ponsel ini tercatat 6, 23 inch dengan resolusi setara FHD+ yang menjadikannya memiliki kerapatan warna 409 ppi.
Viewing angles -nya cukup luas, warnanya tajam serta tampak hidup hanya saja dibanding OnePlus 6 yang sudah menggunakan teknologi AMOLED memang tingkat kecerahannya tampak kurang optimal.

Kualitas Kamera Huawei Nova 3

Tibalah ulasan kamera yang sudah dinanti, mempertimbangkan bahwa kamera Huawei P20 Pro sejauh ini merupakan kamera ponsel Android terbaik rasanya tak berlebihan berharap banyak (secara proporsional) pada kamera Huawei Nova 3.

Di bagian belakang Huawei mengkombinasikan lensa RGB 16 MP dengan lensa monokrom 20 MP. Hasilnya?
Jelas tidak akan sebaik kamera Huawei P20 Pro yang harganya dua kali lipat lebih mahal, tapi untuk ukuran kamera ponsel kelas menengah Dombort menilainya luar biasa!

Kualitas Kamera Huawei Nova 3

Foto Hasil Kamera Huawei Nova 3

Review Kamera Huawei Nova 3

Kinerja AI dalam mengoptimalkan pengaturan benar-benar terasa, jauh lebih baik dibanding AI pada kamera Asus Zenfone 5Z kalau menurut Dombort.
Baik di luar maupun di dalam ruangan foto yang dihasilkan umumnya terlihat istimewa. Hanya pada situasi tertentu seperti kondisi kontras yang ekstrem saja muncul gejala inkonsistensi.

Untuk foto dengan efek bokeh menggunakan kamera belakang, kami tidak terlalu puas karena tingkat noise yang dihasilkan cenderung tinggi.
Untungnya kondisi ini tidak dialami kala menggunakan kamera swafoto di bagian depan. Meski hasilnya tak terlalu istimewa tapi masuk dalam kategori baik.

Stamina Baterai Huawei Nova 3

Baterai dengan kapasitas 3750 mAh yang ditanamkan pada Nova 3 sanggup bertahan sekitar 5 hingga 6 jam (screen on time) atau lebih kurang sehari untuk penggunaan normal.

Sayangnya meski sudah dilengkapi fitur SuperCharge tapi proses pengisian daya masih terasa lama. Untuk proses pengisian ulang daya baterai selama 30 menit hanya didapat 30% daya baterai. Padahal teknologi yang sama diterapkan pada Huawei P20 Pro sanggup bekerja lebih baik.

Beli Huawei Nova 3 Sekarang

Blue
Harga Huawei Nova 3 dan Spesifikasi
Jual Huawei Nova 3
Summary
Review Date
Reviewed Item
Huawei Nova 3
Author Rating
41star1star1star1stargray