Ponsel Vertu Signature Touch

Ponsel Vertu Signature Touch Harga dan Kesimpulan

Ponsel Vertu Signature Touch sampai saat ini tercatat sebagai ponsel Vertu terbaru meski generasi pertamanya sendiri sudah resmi dijual di bursa ponsel semenjak beberapa tahun lalu. Banderol harga ponsel Vertu memang menunjukkan bahwa ia tidak ditujukan untuk mass market sebagaimana umumnya ponsel merek lain. Namun sering menjadi pertanyaan apa sebenarnya keunggulan produk itu sendiri hingga banderolnya selangit.

Saat memperkenalkan Ponsel Vertu Signature Touch pertama kali sang produsen menyebutkan bahwa target market mereka adalah individu yang menghargai ekslusivitas di atas segalanya. Konon menurut klaim mereka pula kelompok konsumen ini tidak mempermasalahkan harga selama eksklusivitasnya terjamin.

Membedah Desain dan Spesifikasi Ponsel Vertu Signature Touch

Spesifikasi Ponsel Vertu Signature Touch

  • Qualcomm® Snapdragon™ 810 64bit Octo-core processor
  • 5.2” 1080p, brilliant, high contrast display at 428ppi, protected by sapphire crystal
  • 21MP main camera with phase detect autofocus and twin dual tone LED flash
  • 2.1MP wide aperture front camera
  • 64GB of internal memory, 64GB uSD card, 4GB RAM
  • Stereo High-fidelity 13mm x 18mm loudspeakers with Dolby® Digital Plus surround sound decoding support
    A-GPS + Compass
  • Gyro and accelerometer for orientation and game play
  • Qi Compatible Wireless Charging
  • Supports Qualcomm Quick Charge 2.0 technology

Dalam rangka melindungi investasi yang nilainya tak bisa dibilang kecil tersebut pihak produsen memberikan sapphire crytal glass dengan maksud agar ponsel bermerek Vertu tersebut cukup kokoh menahan benturan bahkan jika secara tidak sengaja terjatuh sekalipun. Ukuran layarnya sendiri hanya 5.2 inch yang termasuk biasa untuk ukuran smartphone masa kini.

Walau demikian bukan berarti ponsel Vertu ini sepenuhnya aman dari kerusakan, tetap ada skenario tertentu yang memungkinkan smartphone seharga sebuah mobil hatchback kelas B atau Low MPV ini tetap tidak terlindung.

Pada bagian bingkai pihak pabrikan mengaplikasikan material titanium yang kokoh, bukan sekedar kokoh sebab ia pun memberikan nilai lebih dari sisi estetika. Perhatian detil Vertu kepada produk buatannya tidak mengherankan, kelompok konsumen yang disasarnya memang adalah orang-orang yang perfeksionis.

Betapapun seriusnya pihak pabrikan memperkokoh ponsel seharga ratusan juta Rupiah tersebut seperti sudah disinggung bahwa tak mungkin sepenuhnya terhindar dari bencana. Selain rusak karena jatuh masih ada skenario-skenario lain yang bakal membuat common people seperti kami ketar-ketir membayangkan. Sebut saja misalnya tertinggal di kantor, hotel, restaurant dan sebagainya. Tapi mungkin bagi orang-orang berkantong tebal skenario tersebut tidak merisaukan.

Sebenarnya yang menjadikan Signature Touch maupun ponsel Vertu seri lainnya dibanderol sedemikian mahal bukan terletak pada material, desain, kualitas pengerjaan apalagi spesifikasinya. Jika konsumen biasa menilai ponsel dari spesifikasi dan sebagainya, tidak demikian cara menilai value dari ponsel Vertu. Value-nya terletak pada aplikasi “Concierge” dengan biaya berlangganan sekitar $3000 per tahun. Lewat aplikasi tersebut pemiik Vertu mendapatkan layanan istrmewa berupa asisten pribadi yang singkatnya bertugas mewujudkan permintaan dari konsumen yang telah berlangganan layanan tersebut. Tentu selama permintaan tersebut tidak melanggar hukum dan masuk akal untuk diwujudkan.

Umumnya permintaan-permintaan tersebut berupa reservasi di restauran mewah, atau tempat-tempat eksklusif yang tidak dapat diakses oleh kebanyakan orang. Bahkan jika Anda ingin mendapatkan tiket sebuah pertunjukkan atau pertandingan olah raga yang sudah terjual habis konon hampir selalu bisa diwujudkan oleh sang asisten pribadi.

Biaya berlangganan sebesar $3000 per tahun tersebut tentu saja hanya sebatas membayar layanan asisten pribadi, bukan termasuk biaya tiket, reservasi dan sebagainya yang diminta. Karenanya saat pertama kali melakukan setting aplikasi “Concierge” pemiliknya akan diminta untuk menautkan nomor kartu kredit.

Masih seputar perhatian detil Vertu dalam rangka menciptakan pengalaman istimewa bagi konsumen, kami mendapati bahwa ponsel Vertu memiliki aroma yang khas. Untuk versi Claret Calf yang dibahas kali ini misalnya menebarkan aroma khas kulit premium. Mungkin untuk versi Carbon, Alligator dan sebagainya memiliki aroma khas berbeda. Namun kami belum berkesempatan menemuinya.

Kesimpulan Mengenai Ponsel Vertu Signature Touch

Nada dering juga menjadi bagian lain yang layak diapresiasi, smartphone mewah ini dilengkapi dengan nada dering yang khusus direkam dari London Symphony Orchestra untuk Vertu. Sensasi audio itupun makin lengkap berkat kualitas speaker menghadap depan yang menghasilkan suara lebih jernih dan lebih keras dari smartphone terbaru manapun yang pernah Anda temui selama ini.

Oleh karena hampir semua pengguna ponsel Vertu adalah orang-orang yang ingin privasinya terjaga maka sang produsen tidak meremehkan sisi keamanan. Semua percakapan baik lewat SMS maupun video misalnya secara otomatis dienkripsi agar tidak bisa disadap oleh pihak ketiga. Lagi-lagi untuk bisa memanfaatkan fitur tersebut penggunanya harus berlangganan layanan dari Silent Circle yang hanya diberikan secara cuma-cuma untuk tahun pertama saja.

Layar 5.2 inch milik ponsel Vertu Signature Touch memiliki tingkat kerapatan warna 428 ppi dengan tingkat resolusi FHD. Kualitas layarnya sendiri sangat jernih dengan akurasi warna yang baik meski tidak terlalu istimewa untuk smartphone seharga ratusan juta Rupiah.

Sistem operasi Vertu Signature Touch terkini masih menggunakan sistem operasi Android, belum sampai tahap membuat OS mereka sendiri. Untuk Signature Touch berhubung sudah dirilis semenjak tahun 2015 maka standarnya ia masih menjalankan Android 5.1 Lollipop. Bertanggung jawab atas performanya adalah chipset Snapdragon 810 dan RAM berkapasitas 4 GB. Jelas tidak istimewa mengingat smartphone Android kelas high-end yang harganya tak sampai Rp 20 Juta saja sudah membenamkan Snapdragon 820 atau 821 dengan RAM antara 4 hingga 6 GB. Namun sekali lagi bahwa menilai ponsel Vertu tidak bisa disamakan dengan cara menilai ponsel biasa.

Walaupun dari sisi lain bagi kalangan berkantong tebal dengan latar belakang yang kearah techie tentu akan berharap Vertu Signature Touch setidaknya menjalankan sistem operasi Android yang khusus dirancang untuknya, belum lagi mungkin prosesor super power dengan sistem pendingin air atau bahkan es?

Kondisi yang sama berlaku kala melihat kamera ponsel Vertu Signature Touch yang menggunakan sensor utama 21 MP. Kualitasnya terbilang baik untuk kondisi pencahayaan ideal maupun low-light. Baik dalam arti tidak istimewa, sebab smartphone seharga Rp 12 Juta-an pun mampu mengungguli kamera Signature Touch dengan mudah.

Harga Vertu Signature Touch

Bagi konsumen biasa ada beberapa kekurangan ponsel Vertu yang juga bakal dirasa mengganggu. Kapasitas baterai yang hanya 3160 mAh dan dalam penggunaan normal sekedar bertahan selama setengah hari adalah salah satunya. Hal lain adalah absennya dukungan ekspansi memori eksternal padahal memori internalnya sendiri hanya berkapasitas 64 GB.

Anda tidak perlu khawatir ponsel ini akan meledak seperti Samsung Galaxy Note 7, namun perlu dicatat bahwa di penghujung hari hampir selalu terjadi pemanasan signifikan pada cover belakang smartphone Vertu.

Harga dan Kesimpulan Mengenai Ponsel Vertu Signature Touch

Harga ponsel Vertu Signature Touch Collection dibanderol mulai $10,300 hingga $21,900, tergantung pada varian mana yang Anda pilih. Bagi pengguna biasa seperti kami tidak ada alasan yang masuk akal untuk memilikinya, apalagi dengan spesifikasi maupun fitur kamera ponsel biasa-biasa saja.

Namun sekali lagi ponsel Vertu memang tidak dirancang untuk common people, mereka yang menghendaki eksklusivitas, bakal sering memanfaatkan layanan Concierge rasanya bakal menghargai apa yang ditawarkan oleh Signature Touch ini.