Harga Xiaomi Mi A2 dan Spesifikasi

Xiaomi Mi A2 Ponsel Empat Lensa Tanpa Poni

Xiaomi Mi A2 melanjutkan langkah Xiaomi Mi A1 yang menawarkan harga kompetitif dengan kualitas mumpuni utamanya bagi penikmat tampilan Android murni (stock Android).
Bukan cerita baru bahwa ponsel-ponsel merek Xiaomi terkenal dengan harga terjangkau namun tampilan antar muka MiUI bukan selera setiap orang.

Setelah tahun lalu sukses menggandeng Google lewat proyek Android One kini perusahaan asal Cina itu merilis penggantinya dalam wujud Xiaomi Mi A2. Sama seperti tahun lalu pula ponsel ini dirilis dalam waktu yang hampir bersamaan dengan Huawei Nova 3i untuk memanaskan persaingan di segmen menengah.

Spesifikasi Xiaomi Mi A2

OSAndroid 8.1 (Oreo)
Layar5.99 inches, 92.6 cm2 (~77.4% screen-to-body ratio),1080 x 2160 pixels, 18:9 ratio (~403 ppi density)
SoCQualcomm SDM660 Snapdragon 660
GPUAdreno 512
RAM4/6 GB RAM
ROM64/128GB
Kamera12 MP, f/1.8, 1/2.9″, 1.25µm
20 MP, f/1.8, 1/2.8″, 1.0µm, PDAF

20 MP, f/2.2, 1/2.8″, 1.0µm

SensorFingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
KonektivitasWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot, 5.0, A2DP, LE, microUSB 2.0, Type-C 1.0 reversible connector
Waterproofing
BateraiNon-removable Li-Ion 3000 mAh battery
Dimensi158.7 x 75.4 x 7.3 mm
Berat166 g
HargaLihat di sini

Membandingkan Xiaomi Mi A1 vs Xiaomi Mi A2 hal yang langsung terasa muncul dari sisi ergonomis, sebab Mi A2 memang terasa nyaman digenggam serta dioperasikan.
Berbeda dari kebanyakan kompetitor, Xiaomi masih mengandalkan desain aluminum unibodi yang meski terkesan lebih kuno dibanding kaca tapi terbukti lebih kokoh terhadap goresan bahkan kemungkinan jatuh.

Meski ada peningkatan dari sisi desain terutama poin ergonomi sayang di bagian belakang lensa kamera ganda ponsel ini masih terlalu menonjol. Kala diletakkan di meja atau permukaan datar lainnya otomatis bagian lensa utama ini dipaksa menopang sebagian besar bobot ponsel tersebut.

Review Xiaomi Mi A2 Indonesia

Bagian depan dilapis oleh 2.5D Corning Gorilla Glass 5 serta didominasi oleh benatang layar 5.99 inch yang menampilkan tingkat resolusi setara FHD+ (1080 x 2160 pixels) dengan nilai kepekatan 403 ppi.
Berbeda dengan Huawei Nova 3i dan hampir kebanyakan ponsel Android masa kini, pada layar Xiaomi Mi A2 tak terlihat kehadiran “poni” (notch).

Kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi A2

Ponsel ini bakal dianggap ideal oleh pengguna yang tidak menyukai kehadiran “poni” pada layar, meski sebagai konsekuensi bezel bagian atas jadi terlihat lebih tebal.

Kualitas layarnya sendiri terlalu biasa menurut Dombort; tingkat saturasi warna tidak istimewa demikian pula halnya dengan tingkat kecerahan yang terlihat terlalu redup. Saat digunakan di luar ruangan Anda harus mengatur hingga mencapai 80 atau 100%.

Bertanggung jawab atas performa Xiaomi Mi A2 adalah SoC Snapdragon 660 besutan Qualcomm. Xiaomi sendiri menyediakan dua opsi masing-masing berkapasitas RAM 4 GB dengan penyimpanan internal 64 GB, opsi lain adalah RAM 6 GB dengan kapasitas penyimpanan internal 128 GB. Sampai saat ini belum jelas apakah kedua varian tersebut bakal tersedia di Indonesia.

Unit yang diulas di sini adalah versi 4 GB/64 GB, meski terkesan minim namun untuk penggunaan harian tidak terasa lelet atau muncul gejala lag. Tampaknya tampilan Android murni (stock Android) melatarbelakangi kondisi ini.

Bahkan kala diuji menjalankan game yang kebilang berat yaitu “Asphalt 9: Legends” pada berbagai pilihan setting termasuk ”High Quality” secara mengejutkan bisa berjalan relatif mulus.

Kualitas dan Performa Kamera Xiaomi Mi A2

Pada bagian belakang Xiaomi Mi A2 menawarkan dua lensa kamera masing-masing adalah 12 MP dengan f/1.75 dan ukuran piksel 1.25 mikron serta 20 MP dengan f/1.75 dan ukuran piksel 1 mikron.

Kamera ini tidak disertai fitur optical zoom seperti kebanyakan ponsel, tapi sebagai gantinya ditempatkan fitur ‘Smart Lens’ yang secara otomatis menentukan lensa kamera mana yang lebih tepat digunakan dari kedua lensa tersebut.

Umumnya pada kondisi pencahayaan ideal fitur tersebut bakal memilih kamera 12 MP dan sebaliknya untuk pencahayaan terbatas dialihkan pada kamera 20 MP.
Walau demikian Xiaomi Mi A2 sendiri menyediakan mode manual dimana pengguna bisa memilih kamera mana yang hendak digunakan.

Foto-foto yang dihasilkan oleh kamera utama ponsel ini terlihat memukau selama pencahayaannya ideal. Tingkat ketajamannya baik, demikian pula saturasi warna yang ditampilkan terlihat natural.
Sebaiknya dipastikan bahwa mode HDR tidak dalam posisi default sebab pada mode tersebut ketajamannya terkesan berlebihan.

Kualitas Kamera Xiaomi Mi A2

Foto Hasil Kamera Xiaomi Mi A2

Foto di malam hari serta di dalam ruangan sebenarnya juga tidak terlalu buruk, masih terlihat baik dengan tingkat noise wajar. Hanya saja sebagaimana umumnya kamera ponsel di kisaran harga ini beberapa hal seperti tingkat ketajaman terlihat kurang alamiah.

Review Kamera Xiaomi Mi A2 Indonesia

Kamera swafoto di sisi depan juga tidak mengecewakan baik untuk selfie maupun groupie. Hanya saja efek bokeh yang dihasilkan masih belum memuaskan, sama halnya dengan kebanyakan kamera ponsel di kisaran harga ini pemisahan antara objek utama dengan latar belakang tidak telalu jelas.

Beli Xiaomi Mi A2 Sekarang

Black
Harga Xiaomi Mi A2 dan Spesifikasi
Jual Xiaomi Mi A2
Summary
Review Date
Reviewed Item
Xiaomi Mi A2
Author Rating
31star1star1stargraygray