Harga Oppo Find X dan Spesifikasi

Oppo Find X Coba Saingi Samsung Galaxy Note 9? Apa yang Ditawarkan?

Menggoyang kompetitor mapan bukan perkara gampang, terlebih pada kasus seperti Samsung yang sudah kadung dipersepsi positif oleh mayoritas konsumen Indonesia.
Tapi itulah yang seolah-olah dilakukan Oppo saat ini, dengan mendatangkan Oppo Find X dan dibanderol hampir sama dengan Galaxy Note 9 suka tidak suka calon konsumen bakal memperbandingkan kedua merek tersebut.

Debat kusir menilai mana lebih baik antara Oppo Find X vs Samsung Galaxy Note 9 pun tersebar di jagat maya. Tapi apa sih yang tidak didebatkusirkan di dunia maya? Politik jadi bahan debat kusir, dagang jadi bahan debat kusir dan seterusnya. Ya sudahlah tak penting membahasnya.

Apa hasil perdebatan itu juga tak penting. Tiap orang punya preferensi masing-masing, meributkan pilihan orang lain itu namanya nyinyir.
Tapi yang bikin penasaran sebenarnya apa sih yang membuat Oppo begitu percaya diri memboyong produk flagship -nya ke Indonesia?

Desain jelas menjadi daya tarik utama dari Oppo Find X. Kesan futuristis demikian kental berkat desain tanpa bezel bahkan kameranya pun tersembunyi.
Untuk pertama kalinya ada merek ponsel asal Cina yang berani menjadi trend setter bukan sekedar menjiplak desain iPhone.

Review Oppo Find X Indonesia

Spesifikasi Oppo Find X

OSColorOS 5.1 berbasis Android 8.1 (Oreo)
LayarAMOLED 6.42 inches, 101.2 cm2 (~87.0% screen-to-body ratio),1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio (~401 ppi density)
SoCQualcomm SDM845 Snapdragon 845
GPUAdreno 630
RAM8 GB RAM
ROM256 GB
KameraPop-up 16 MP, f/2.0, 1/2.6″, 1.22µm, PDAF, OIS
20 MP, f/2.0, 1/2.8″, 1.0µm (main)
Pop-up 25 MP, f/2.0 (selfie)
SensorFace ID, accelerometer, gyro, proximity, compass
KonektivitasWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot, 5.0, A2DP, LE, microUSB 2.0, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go
Waterproofing
BateraiNon-removable Li-Ion 3730 mAh battery
Dimensi156.7 x 74.2 x 9.4 mm
Berat186 g
Harga12,9 Juta (Lihat di sini)

Terus terang setelah melihat penampilan Oppo Find X ini secara subjektif Dombort merasa desain iPhone X jadi terlihat ketinggalan jaman.

Meski bagian depannya terbilang memukau tapi yang menjadi bintang sebenarnya dari penampilan Oppo Find X justru terletak di sisi belakang. Oppo menyebut desainnya sebagai “gradient design” atau desain gradasi lewat proses pewarnaan Multifaceted Color.
Sama halnya dengan sisi depan, sisi belakang inipun dilengkapi dengan lengkung 2.5D serta 3D glass.

Kelemahan dan Keunggulan Oppo Find X

Lalu dimana letak kamera Oppo Find X?
Ternyata Oppo menerapkan mekanisme “Stealth 3D Camera” yang akan memunculkan kamera dari bagian atas ketika akan dipakai.
Mekanisme ini bukan saja menambah kesan futuristis tapi sekaligus melindungi lensa dari kemungkinan tergores.

Pengalaman Menggunakan Oppo Find X

Sama halnya dengan power window di mobil Anda, motor penggerak “Stealth 3D Camera” ini akan berhenti seketika manakala terhalang sesuatu, misalnya jari tangan secara tidak sengaja.

Pada kondisi tersebut perangkat lunaknya secara otomatis akan menonaktifkan kamera. Untuk memasukkan ke posisi semula bisa dilakukan dengan mengaktivasi kembali lewat aplikasi kamera. Meski mendorong kamera dengan jari juga bisa memaksa kamera kembali ke tempat semula tapi untuk keawetan motor metode ini tidak disarankan.

Bicara soal motor penggeraknya memang menghasilkan suara ketika bekerja, tapi tidak dalam kadar yang mengganggu. Hampir sama seperti suara motor pada lensa kamera digital.

Oppo sendiri menyebutkan bahwa mekanisme ini sudah diuji ketahanannya hingga 3 juta kali pemakaian, tapi belum ada klaim atau penjelasan kira-kira apa yang bakal terjadi kalau mekanisme ini disambangi oleh debu.

Perhatian terhadap detil bisa dirasakan pada hampir setiap bagian, materialnya juga terasa solid kecuali di bawah kamera yang kadang seolah tak tampak cukup kokoh.
Sungguh disayangkan dengan desain secantik ini pihak produsen belum menerapkan desain IP yang menjadikannya rentan terhadap air serta debu.

Perbandingan Oppo Find X vs Samsung Galaxy Note 9

Di luar kekurangan Oppo Find X tersebut (non IP) rasanya ponsel ini bakal membuat jatuh hati para pengagum desain. Terus terang hanya melihat dari penampilan dan build quality saja Dombort menilai harga 12,9 Juta terasa layak, apalagi dengan cashback senilai 3 Juta. Bisa cek di sini untuk memastikan apakah penawaran-penawaran tersebut masih berlaku.

Beralih ke bagian layar kalau Anda perhatikan sisi mengkurva (edge) pada layar Oppo Find X sekilas memang mirip Samsung Galaxy S9. Tapi lampu notifikasi yang menyala di bagian tepi ini menjadi tontotan menarik tersendiri kala menyala terutama dalam kegelapan.

Layarnya sudah mengadopsi teknologi AMOLED dengan nilai kepekatan warna mencapai 401 ppi sehingga gambar maupun huruf bisa ditampilkan sangat tajam.
Tingkat kecerahan serta viewing angles layar ini juga istimewa. Bahkan akurasi warnanya terlihat lebih akurat ketimbang layar Galaxy S9.

Kualitas Layar Edge Oppo Find X

Kualitas Layar AMOLED Oppo Find X

Tapi sama halnya dengan layar Samsung Galaxy S9, sisi mengkurva edge pada layar ini menimbulkan pantulan terutama saat digunakan di luar ruangan.

Bagi Anda yang tidak puas atau sedikit kecewa karena Galaxy Note 9 yang dijual di Indonesia ternyata tidak dibekali SoC Snapdragon 845 mungkin Find X bisa jadi alternatif.

Dipadu dengan RAM sebesar 8 GB serta kapasitas memori internal 256 GB bukan hanya performa harian yang sanggup berjalan mulus, namun game seperti “Asphalt 9: Legends” pun bisa dimainkan dengan lancar.

Mengintip Kemampuan Kamera Oppo Find X

Desain sudah, performa sudah… dan semuanya memuaskan sejauh ini. Tapi bagaimana dengan kemampuan kameranya sendiri?

Secara default kamera ini bakal dibantu oleh AI sebagaimana umumnya kamera ponsel masa kini. Tapi pengguna diberi keleluasaan untuk menonaktifkannya.

Di luar ruangan kamera utamanya bekerja dengan sangat baik, didukung pula oleh kinerja fokus otomatis yang gegas.
Foto-foto hasil kamera utama Oppo Find X bukan sekedar terlihat tajam tapi saturasi warnanya yang pas menjadikan foto tersebut tampak hidup.

Kualitas Kamera Oppo Find X

Foto Hasil Kamera Oppo Find X

Efek bokeh pada mode portrait juga benar-benar memuaskan, beda jauh dibandingkan efek bokeh dari kamera ponsel harga 3-4 Jutaan seperti Huawei Nova 3i atau Xiaomi Mi A2 misalnya. Perbedaan harga dan perbedaan kelas benar-benar terasa di sini.

Dibandingkan kamera iPhone 8 Plus hanya pada dynamic range saja kamera Oppo Find X belum sanggup menyamai ponsel buatan Apple itu.
Walau demikian kamera Huawei P20 Pro di mata Dombort masih terasa sebagai yang terbaik hingga hari ini.

Sebaliknya kala digunakan di malam hari kinerja fokus otomatisnya tak terasa terlalu baik, ada kala-kala tertentu dimana ia terus bergerak-gerak seolah tak mampu mengunci objek.
Foto yang dihasilkan pada kondisi ini juga tak sebaik kamera Samsung Galaxy S9 atau Huawei P20 Pro.

Foto Hasil Kamera Oppo Find X Low Light

Foto Hasil Kamera Oppo Find X Low Light

Kondisi serupa kembali terjadi pada proses perekaman video, meski hasilnya tajam kala pencahayaan sekitar ideal namun tak terlalu memuaskan kala digunakan di malam hari atau dalam ruangan redup.

Sekalipun sudah ditenagai oleh Snapdragon 845 namun kamera ponsel ini hanya menyediakan pilihan 30 fps pada resolusi 720, 1080 dan 4K, rasanya potensi SoC buatan Qualcomm itu terlalu disia-siakan.

Kamera swafoto di bagian depan menghasilkan kualitas foto yang lumayan baik, tapi masih kalah jauh kalau dibanding kamera depan milik iPhone X.

Meski dibekali dengan baterai berkapasitas 3730 mAh tapi daya tahannya sendiri biasa saja. Wajar saja sebab bentang layar selebar itu dengan rasio tinggi serta motor penggerak kameranya mengkonsumsi daya baterai yang tidak sedikit.
Namun untuk penggunaan wajar masih tersisa sekitar 20% di penghujung hari, jadi tak terlalu buruk lah.

Beli Oppo Find X Sekarang

Glacier Blue
Harga Oppo Find X dan Spesifikasi
Jual Oppo Find X
Summary
Review Date
Reviewed Item
Oppo Find X
Author Rating
41star1star1star1stargray