Review Nokia 6.1 Plus Indonesia

Nokia 6.1 Plus – Android One Terbaru dari Nokia

Nokia 6.1 Plus ternyata cukup diminati oleh banyak konsumen di Indonesia, jauh-jauh hari jelang resmi dijual banyak peminat yang sudah mencari tahu kapan versi global dari Nokia X6 ini bisa dipinang.
Android One terbaru bermerek Nokia ini diramalkan bakal menjadi kompetitor bagi Xiaomi Mi A2 dan Huawei Nova 3i.

Hal menarik dari Nokia 6.1 Plus selain statusnya sebagai ponsel Android One yang berarti terjamin dari sisi pembaruan sistem operasi juga banderol harganya yang hanya di angka Rp 3,4 Juta-an.
Dengan harga segitu pula calon pembeli diiming-imingi oleh kamera swafoto 16 MP serta kombinasi kamera utama 16 MP dan 5 MP.

Ponsel Nokia terbaru yang mengusung sistem operasi Android 8.1 Oreo ini menawarkan layar IPS LCD dengan bentang 5.8 inch berlapis Corning Gorilla Glass 3 dan menampilkan tingkat resolusi 1080 x 2280 pixels. Ketajaman, tingkat kontras dan tingkat kecerahan layarnya tak mengecewakan untuk ponsel harga 3 Jutaan.

Review Nokia 6.1 Plus Indonesia

Spesifikasi Nokia 6.1 Plus

OSAndroid 8.1 (Oreo); Android One
Layar5.8 inches, 85.1 cm2 (~81.5% screen-to-body ratio), 1080 x 2280 pixels, 19:9 ratio (~432 ppi density)
SoCQualcomm SDM636 Snapdragon 636
GPUAdreno 509
RAM4 GB RAM
ROMmicroSD, up to 400 GB (uses SIM 2 slot)
Kamera16 MP, f/2.0, 1.0µm, PDAF
5 MP, f/2.4, 1.12µm, depth sensor16 MP, f/2.0, 1.0µm
SensorFingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
KonektivitasWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot, Bluetooth 5.0, A2DP, LE, USB 2.0, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go
Waterproofing
BateraiNon-removable Li-Ion 3060 mAh battery
Dimensi147.2 x 71 x 8 mm
Berat151 g
HargaLihat di sini

Ponsel ini juga sudah menerapkan “poni” (notch) di atas layar. Semula keberadaanya sempat menuai kontroversi karena tidak bisa disembunyikan (hide), tapi akhirnya pihak HMD Global berubah pikiran dan memberikan opsi bagi pengguna untuk menyembunyikan poni tersebut.

Keunggulan dari Nokia 6.1 Plus sebenarnya terletak pada tampilan sistem operasi Android murni (stock) yang berarti Anda takkan dipaksa memiliki banyak aplikasi bawaan yang tidak diinginkan.

Dari sisi performa terbilang biasa saja, SoC Snapdragon 636 mampu menjalankan tugas harian dengan lancar. Berkat GPU Adreno 509 game seperti “Asphalt 9 Legends” masih bisa dimainkan meski terkadang masih muncul gejala frame yang dilewatkan.
Tapi dengan kisaran harga ini Dombort menilainya layak.

Kualitas dan Performa Kamera Nokia 6.1 Plus

Semenjak diambil alih oleh HMD Global kualiltas kamera ponsel Nokia masih jauh dari memuaskan, bahkan untuk kelas flagship sekalipun.

Belakangan ini kondisi menuju ke arah lebih baik mulai terlihat lewat kamera Nokia 7 Plus, dan ternyata perkembangan positif yang sama juga bisa dirasakan pada kamera Nokia 6.1 Plus.

Pada kamera belakang (kamera utama) diletakkan sensor 16 MP dengan aperture f/2.0 didampingi oleh sensor 5 MP yang memiliki aperture f/2.4 dan ukuran piksel 1.12 mikron.

Harga Nokia 6.1 Plus dan Spesifikasi

Secara teoritis kombinasi tersebut mestinya sanggup menghasilkan kualitas foto yang relatif baik untuk standar kamera ponsel seharga ini. Lebih-lebih jika tujuan Anda sekedar mengunggah foto-foto tersebut di media sosial.

Foto Hasil Kamera Nokia 6.1 Plus

Performa Kamera Nokia 6.1 Plus

Ternyata harapan tersebut tidak berlebihan, memang foto-foto yang dihasilkan bisa disebut memuaskan hanya saja ada kala-kala tertentu performa fokus otomatisnya tidak sanggup bekerja cukup cepat hingga harus dibantu secara manual.

Efek bokeh pada mode Portrait hasilnya cukup baik, sekali lagi baik di sini adalah dalam standar kamera ponsel seharga 3 Jutaan.

Kelebihan dan Kekurangan Kamera Nokia 6.1 Plus

Sementara itu kamera swafoto di bagian depan ternyata menghasilkan foto yang melebihi ekspektasi Dombort. Bahkan kala digunakan di dalam ruangan pun hasilnya tetap tak mengecewakan.

Untuk perekaman video sudah tersedia fitur-fitur seperti “Slow-mo” dan “Time Lapse”, perekaman dengan resolusi 4K di ponsel ini.

Stamina Baterai

Dijejali oleh baterai berkapasitas 3060 mAh sanggup bertahan sekitar 12 jam stand-by dan sudah mendukung pengisian daya cepat.

Sebagai gawai Android One Nokia 6.1 Plus juga dipastikan bakal mendapat pembaruan Android Pie saat versi sistem operasi tersebut dirilis nantinya. Memang di kisaran harga 3 Juta-an masih ada Xiaomi Mi A2 yang sama-sama Android One, tapi berdasar pengalaman Nokia bukan saja memberikan pembaruan lebih cepat namun juga minim masalah dalam prosesnya.
Tak hanya itu Nokia juga menawarkan slot microSD, sementara Mi A2 tidak.

Beli Nokia 6.1 Plus Sekarang

Black
Harga Nokia 6.1 Plus dan Spesifikasi
Jual Nokia 6.1 Plus
Summary
Review Date
Reviewed Item
Nokia 6.1 Plus
Author Rating
31star1star1stargraygray