Harga iPhone XR dan Spesifikasi

5 Fakta Penting iPhone XR yang Jarang Tersoroti

iPhone XR diperkenalkan sebagai seri iPhone termurah atau menempati urutan terbawah setelah iPhone Xs dan Xs Max. Walau sekilas ia tak tampak terlalu berbeda dengan dua seri lainnya karena sama-sama sudah menggunakan SoC Apple A12 Bionic tapi ada setidaknya 5 perbedaan mencolok dibanding seri diatasnya.

Bukan pertama kalinya Apple merilis varian iPhone murah, beberapa tahun silam kalau Anda ingat perusahaan ini pernah memperkenalkan iPhone 5c dan SE yang berujung pada kegagalan. Wajar mengingat merek iPhone sendiri selalu dipersepsi premium, selain itu meski dilabel murah sebenarnya harga iPhone juga tak bisa dibilang murah.

 

5 Fakta Penting iPhone XR yang Jarang Tersoroti

Spesifikasi iPhone XR

OSiOS 12
LayarIPS LCD, 6.1 inches, 90.3 cm2 (~79.0% screen-to-body ratio), 828 x 1792 pixels, 19.5:9 ratio (~326 ppi density)
SoCApple A12 Bionic
GPUApple GPU (4-core graphics)
RAM3 GB RAM
ROM64/128/256 GB
KameraQuad-LED dual-tone flash, HDR (photo/panorama)
7 MP, f/2.2, 32mm
SensorFace ID, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer
KonektivitasWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, hotspot, Bluetooth 5.0, A2DP, LE, USB 22.0, proprietary reversible connector
WaterproofingIP67 dust/water resistant (up to 1m for 30 mins)
BateraiNon-removable Li-Ion 2942 mAh battery
Dimensi150.9 x 75.7 x 8.3 mm
Berat194 g
HargaLihat di sini

Nah, apa sajakah 5 Fakta Penting iPhone XR yang Jarang Tersoroti tersebut?

Layar Liquid Retina a.k.a. LCD

Kalau menilik dari spesifikasi yang terterak Apple menyebutkan bahwa iPhone XR mengadopsi layar berteknologi Liquid Retina.

Kesannya memang beda, apalagi layar Retina terdengar begitu khas Apple. Tapi jangan salah istilah tersebut digunakan sekedar untuk menggantikan sebutan layar LCD.

Ya, layar iPhone XR sebenarnya tak lebih dari layar LCD biasa yang kerap diketemukan juga pada ponsel merek lain. Teknologi Super AMOLED eksklusif diperuntukkan bagi iPhone Xs dan Xs Max.

Bukan teknologinya saja yang beda tapi meski memiliki bentang layar sama sebenarnya ukuran bezel yang tebal menjadikan screen to body ratio -nya hanya mencapai angka 79% saja. Demikian pula tingkat resolusi tidak setinggi pada iPhone Xs dan Xs Max.

Cangkang Aluminum

Kalau melihat penampilan iPhone Xs dan Xs Max kesan premium begitu kental berkat penggunaan cangkang dengan material stainless steel, tapi untuk iPhone XR Anda harus puas dengan cangkang aluminum saja.

Kelebihan dan Kekurangan iPhone XR Indonesia

Di era tahun 2009-2014 ponsel dengan cangkang aluminum memang terlihat elegan, premium. Tapi masa sudah berubah jauh sebab kini ponsel harga 5 Jutaan atau bahkan kurang pun sudah menggunakan material tersebut.

Memang untuk iPhone XR ini menggunakan aluminum grade 7000 yang termasuk bahan premium dan jelas beda dibanding aluminum pada ponsel dengan harga lebih murah tapi tetap saja tak semewah stainless steel milik seri Xs dan Xs Max.

Kekurangan iPhone XR dari sisi desain yang tampak sebenarnya terletak pada bobot serta ketebalan yang melebihi kedua saudaranya.

Lensa Kamera Tunggal

Hari gini masih pakai lensa kamera tunggal?
Ya itulah kenyataan yang harus diterima kalau Anda pilih membeli iPhone XR. Pada kamera utama mengandalkan sensor 12 MP dengan aperture f/1.8.
Sama halnya dengan Xs dan Xs Max tersedia fitur pembesaran digital hingga 5x, namun pembesaran optikal tidak tersedia pada seri Xr ini.

Review Kamera iPhone XR Indonesia

Meski menggunakan satu lensa saja bukan berarti ponsel ini tak bisa menghasilkan efek Bokeh, justru sebaliknya baik Bokeh maupun mode Portrait keduanya disediakan.
Lagipula satu lensa bukan hal buruk, dibandingkan ponsel kelas di bawahnya yang sudah menggunakan lensa ganda hasil foto dari kamera iPhone XR masih unggul.

Kecepatan Download Disunat

Tak usah heran kalau mendapati kecepatan unduh (download) pada iPhone XR tak sebaik kedua saudaranya.

Jika iPhone Xs dan Xs Max sudah menggunakan modem Gigabit-class LTE yang secara teoritis mendukung kecepatan transfer hingga 1,3 Gbps untuk iPhone XR memang masih menggunakan modem 4G LTE Advanced.
Bukan kabar buruk mengingat modem ini juga dipakai oleh iPhone 8, 8 Plus bahkan iPhone X tahun lalu.

Tanpa 3D Touch

Sama halnya dengan iPhone SE untuk XR pihak produsen juga tak menyertakan fitur 3D Touch, tapi tak terlalu jadi soal apalagi ternyata tak sedikit pengguna iPhone yang jarang dan bahkan sama sekali tak pernah memanfaatkannya.

iPhone Termurah Layak Beli?

Dengan banderol harga $700-an iPhone XR memang memaksa calon pembeli menerima kompromi serta fakta bahwa ia tak semewah Xs dan Xs Max.

Buat Dombort sendiri iPhone XR sangat layak beli meski dengan kompromi tersebut. Soal kegegasan dan performa kamera tidak akan dibuat kecewa. Selama Anda tak keberatan dengan layar LCD rasanya tak ada kekurangan yang jadi soal.

Tapi kalau Anda sekedar berminat memiliki ponsel iPhone dengan harga terjangkau serta tak mensyaratkan harus seri terbaru sebenarnya iPhone 7 dan iPhone 7 Plus juga masih pantas dipertimbangkan.
Meski bukan seri terbaru tapi relatif mudah ditemukan di pasaran dalam kondisi baru (segel) serta bergaransi resmi.

Beli iPhone XR Sekarang

Black
Harga iPhone XR dan Spesifikasi
Jual iPhone XR
Summary
Review Date
Reviewed Item
iPhone XR
Author Rating
41star1star1star1stargray