Harga Samsung Galaxy Note 9 dan Spesifikasi

Samsung Galaxy Note 9 Tetap Terbaik dan Tetap Mahal

Samsung Galaxy Note 9 yang lama dinanti akhirnya resmi dirilis juga, saat artikel ini dibuat Anda sudah bisa melakukan pre-order. Stamina baterainya diklaim lebih baik dibanding versi sebelumnya, S-Pen yang jadi ciri khas Galaxy Note mendapatkan peningkatan penting, kualitas layar tetap terbaik sampai saat ini dan penampilannya konsisten elegan.

Kekurangan Samsung Galaxy Note 9 untuk versi Indonesia adalah SoC Exynos 9810 yang jelas tak sebaik versi Snapdragon 845. Selain itu meski kameranya terbilang istimewa tapi tak membeli banyak keleluasaan bagi yang menikmati mode manual.

Review Samsung Galaxy Note 9 Indonesia

Spesifikasi Samsung Galaxy Note 9

OSAndroid 8.1 (Oreo); Android One
Layar6.4 inches, 103.2 cm2 (~83.4% screen-to-body ratio), 1440 x 2960 pixels, 18.5:9 ratio (~516 ppi density)
SoCExynos 9810 Octa
GPUMali-G72 MP18
RAM6/8 GB RAM
ROM128/512 GB; microSD, up to 512 GB
Kamera12 MP, f/1.5-2.4, 26mm (wide), 1/2.55″, 1.4µm, dual pixel PDAF, OIS
12 MP, f/2.4, 52mm (telephoto), 1/3.4″, 1µm, AF, OIS, 2x optical zoom8 MP, f/1.7, 25mm (wide), 1/3.6″, 1.22µm, AF
SensorIris scanner, fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, heart rate, SpO2
KonektivitasWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth 5.0, A2DP, LE, aptX, 3.1, Type-C 1.0 reversible connector
WaterproofingIP68
BateraiNon-removable Li-Ion 4000 mAh battery
Dimensi161.9 x 76.4 x 8.8 mm mm
Berat201 g
HargaLihat di sini

Paragraf di atas rasanya cukup merangkum kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Note 9. Tapi kalau Anda masih penasaran berikut ulasannya:

Desain dan Layar

Pada penampilannya tak tampak ada perbedaan antara Galaxy Note 9 dengan pendahulunya (Galaxy Note 8), kecuali warna S-Pen yang kini disesuaikan dengan warna ponsel.
Layar Infinity dengan rasio 18:9 masih mendominasi bagian depan dengan sensor pemindai iris, kamera depan serta earpiece ditata secara seimbang di atas layar tersebut.

Bentang layar Note 9 naik 0.1 inch dibanding tahun lalu dan meski secara default resolusi diposisikan pada FullHD+ namun Anda bisa mengubahnya menjadi WQHD+ atau HD+. Seperti disinggung singkat di atas bahwa untuk sektor layar Note 9 masih tetap yang terbaik, setidaknya menurut pendapat subjektif Dombort.

Dengan layar sebaik ini entah digunakan untuk membaca teks, menonton klip/video hingga memainkan games terasa memuaskan.

Tak perlu khawatir Samsung mengikut jejak Apple yang menghilangkan port audio 3.5 mm pada iPhone, sebab port tersebut masih dipertahankan di Galaxy Note 9. Sama halnya dengan Galaxy S9 dilengkapi stereo speaker dengan dukungan Dolby Atmos.

Beralih ke sisi belakang pihak produsen memindahkan posisi sensor pemindai sidik jari di bawah dua lensa kamera utama. Ubahan ini cukup berani mengingat posisi sebelumnya menciptakan kesan lebih elegan. Selain itu dari sisi ergonomis bentuk sensor persegi panjang seperti ini tak terasa sepraktis model sebelumnya.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Note 9 Indonesia

Performa dan S-Pen

Seperti biasa untuk pasar Indonesia dan beberapa negara Asia lainnya harus puas dengan SoC Exynos. Kali ini adalah Exynos 9810 yang dipadukan dengan RAM sebesar 6 GB atau 8 GB tergantung varian mana yang Anda pilih.
Untuk unit uji coba digunakan versi RAM 6 GB dengan kapasitas memori internal 128 GB.

Pada penggunaan harian kinerjanya terasa mulus, namun untuk game berat ada kalanya muncul hiccups sangat minim. Konon versi Snapdragon 845 sama sekali tak mengalami kondisi demikian.

Penampilan S-Pen sendiri secara fisik tak beda dari Galaxy Note 8 kecuali warna yang disesuaikan dengan ponsel namun bukan berarti tak ada peningkatan penting.
Untuk Note 9 ini sudah menggunakan S-Pen Bluetooth yang ditenagai oleh baterai, saat baterainya habis Anda hanya perlu mencolokkan kembali ke tempat semula. Proses pengisian ulang daya baterai S-Pen –nya juga terbilang singkat.

Harga Samsung Galaxy Note 9 dan Spesifikasi

Selain fungsi utama S-Pen, Anda juga bisa menggunakannya sebagai pengendali kamera jarak jauh, alat bantu presentasi dan sebagainya.

Kamera

Kalau Anda perhatikan pada tabel spesifikasi Samsung Galaxy Note 9 langsung terlihat bahwa kamera Note 9 sama persis dengan Galaxy S9+.

Sensor 12 MP dengan lensa lebar f/1.5 f/2.4 mampu menangkap sudut pandang lebih luas termasuk kala berfoto bersama. Dilengkapi OIS gejala kabur akibat tangan bergoyang kala mengambil foto bisa diminimalisir, fitur ini utamanya sangat membantu kala digunakan di malam hari atau di dalam ruangan.

Galaxy note 9 juga dilengkapi lensa jarak jauh f/2.4 12 MP yang didukung OIS, keduanya menjadi andalan kamera utama.
Sedangkan untuk kamera swafoto dipercayakan pada sensor 8 MP f/1.7.

Memang ada fitur Scene Optimizer yang membedakan kamera Note 9 dengan S9+ tapi dalam kebanyakan kasus hasilnya tak jauh berbeda.

Foto Hasil Kamera Samsung Galaxy Note 9

Foto-foto yang dihasilkan terbilang sempurna untuk standar kamera ponsel, hanya saja pada mode manual tidak cukup diberikan keleluasaan untuk bermain dengan waktu exposure.
Selain itu dynamic range -nya juga masih belum sebaik Huawei P20 Pro.
Tapi kalau dibandingkan dengan iPhone X sudah jelas kamera Note 9 lebih unggul.

Baterai

Memperhatikan keluhan pengguna terhadap Galaxy Note 8 tahun lalu di sektor baterai maka kini Note 9 dijejali baterai berkapasitas 4000 mAh yang menawarkan screen-on-time hingga 4 jam. Artinya ponsel ini sanggup bertahan selama sehari untuk pemakaian normal

Layak Beli?

Tentu saja seri Galaxy Note selalu layak beli, kecuali dalam kasus baterai meledak beberapa tahun silam.
Meski dibanderol dengan harga selangit yaitu Rp 13,5 Juta untuk versi 6 GB/128 GB serta 18 Juta untuk versi 8 GB/512 GB Galaxy Note 9 tetap sangat layak beli.
Untuk ponsel se-solid dan secantik ini apa sih yang masih dikeluhkan?

Beli Samsung Galaxy Note 9s Sekarang

Ocean Blue
Harga Samsung Galaxy Note 9 dan Spesifikasi
Jual Samsung Galaxy Note 9
Summary
Review Date
Reviewed Item
Samsung Galaxy Note 9
Author Rating
41star1star1star1stargray