Xiaomi Redmi 3 Prime Masih Laris Diburu

Xiaomi Redmi 3 Prime di Indonesia sudah mulai tersedia di pasaran semenjak pertengahan tahun 2016 lalu, ternyata ponsel murah buatan Xiaomi tersebut hingga hari ini pun masih banyak diminati. Redmi 3 Prime melanjutkan seri budget phone yang dirintis sang produsen semenjak beberapa waktu silam dan ia hadir dengan menawarkan beberapa peningkatan jika dibanding generasi sebelumnya.

Bermain di segmen rentang harga Rp 1 Juta-an kompetitor yang harus dihadapi oleh Xiaomi Redmi 3 Prime tidaklah sedikit. Segmen ini sendiri termasuk tricky sebab pada satu sisi konsumennya sangat sensitif terhadap harga dan pada lain sisi seperti konsumen segmen manapun mereka menghendaki adanya jaminan terhadap sejumlah yang diinvestasikan untuk membeli sebuah smartphone.

Also Read: Xiaomi Mi 5c: Handphone Murah Tanpa Merasa Pasrah

Xiaomi Redmi 3 Prime Kelebihan dan Kekurangannya

Bagi kebanyakan calon konsumen daya tarik utama Xiaomi Redmi 3 Prime terletak pada chipset Snapdragon 616 besutan Qualcomm yang umumnya digunakan untuk smartphone kelas menengah. Tak banyak entry-level smartphone dengan harga Rp 2 Juta-an yang menawarkan spesifikasi serupa, bahkan Samsung Galaxy J3 yang banderolnya lebih mahal pun masih sekedar menggunakan chipset Spreadtrum.

Namun apakah penggunaan chipet dari pabrikan ternama tersebut benar-benar menjadi kelebihan Xiaomi Redmi 3 Prime? Kita akan membahasnya nanti.

Masih dari sisi spesifikasi hal lain yang meningkat pada Redmi 3 Prime dibanding pendahulunya adalah kapasitas RAM yang kini menjadi 3 GB dan kapasitas memori internal menjadi 32 GB.

Ada hal lain yang rasanya sedikit mengecewakan yaitu keputusan pihak pabrikan untuk meningkatkan ukuran layar menjadi 5 inch dari yang sebelumny 4.7 inch namun tingkat resolusinya masih tetap sama. Alhasil tingkat kerapatan warnanya jelas menurun meski tidak mudah bagi kebanyakan pengguna untuk melihat penurunan tersebut.

Impresi awal ketika membuka kemasan paket penjualan Xiaomi Redmi 3 Prime adalah tampilan handheld yang sedikit melebihi ekspektasi. Meski banderol harganya cukup terjangkau namun balutan bodi metal memberikan kesan lebih premium ketimbang harga sesungguhnya. Memang tak semua bagian mengadopsi material logam, bagian atas dan bawah misalnya masih tetap menggunakan plastik tapi ingat ini hanya ponsel seharga Rp 2,5 Juta-an.

Desain serta tata letak di bagian belakangnya sendiri sangat mirip dengan Xiaomi Note 3 seperti misalnya penempatan lensa kamera utama, sensor pemindai sidik jari serta kisi-kisi speaker -nya.

Bicara mengenai fitur sensor pemindai sidik jari atau fingerprints scanner Xiaomi Redmi 3 Prime kami mendapati bahwa ia bekerja lebih akurat dan cepat dibanding fitur serupa pada Xiaomi Note 3 walau perbedaannya memang tidak terlalu signifikan. Keberadaan fitur semacam ini dengan performa yang baik pada sebuah budget phone rasanya sangat layak mendapat apresiasi tersendiri.

Tampilan antar muka MIUI yang membalut sistem operasi Android 5.1 Lollipop juga sangat identik dengan yang digunakan pada Note 3, kesamaannya dengan tampilan antar muka iOS masih dipertahankan. Penggemar tampilan ala stock Android umumnya tidak terlalu menyukai tampilan semacam ini, namun setiap orang memiliki preferensi yang berbeda.

Beberapa aplikasi bawaan yang ada pada MIUI seperti Facebook, Fleksy keyboard, Swiftkey, WPS Office dan Security Manager sebenarnya juga tidak terlalu banyak jika membandingkannya dengan aplikasi bawaan pada tampilan antar muka ponsel Samsung atau LG.

Uji AnTuTu menempatkan Xiaomi Redmi 3 Prime pada poin lebih baik dibanding pendahulunya demikian pula kala dilakukan uji GeekBench. Selama pengujian tersebut suhu bagian belakang smartphone Xiaomi ini terasa meningkat namun dalam kategori wajar.

Dalam keseharian berkat konfigurasi spesifikasi Snapdragon 616 dan RAM 3 GB tidak muncul terjadinya lag atau waktu loading yang lama. Beberapa aktivitas rutin seperti browsing, multitasking, memutar video dan sebagainya berjalan mulus. Sementara itu menjalankan beberapa judul game juga terbilang mulus dengan catatan setting grafis diset pada mode low.

Jika Anda penasaran dengan kelebihan Xiaomi Redmi 3 Prime menurut kami sebenarnya terletak pada stamina baterai. Dengan chipset kelas menengah berikut layar dengan resolusi sebatas HD pihak produsen tampak bermurah hati kala menjejalkan baterai berkapasitas 4100 mAh.

Pada penggunaan normal kami mendapati baterai tersebut sanggup bertahan selama 2 hari, dan kala diuji memutar video secara intensif dengan modul Wi-Fi serta data dalam posisi aktif ia bertahan selama 9 jam. Sebaliknya ketahanan untuk mode standby justru tak sebaik yang diharapkan.

Secara keseluruhan tetap saja Xiaomi Redmi 3 Prime adalah budget phone ideal bagi mereka yang banyak melakukan perjalanan dan membutuhkan ponsel dengan daya tahan baterai ekstra.

Menguji Kamera Xiaomi Redmi 3 Prime

Kamera umumnya tidak pernah menjadi fitur unggulan ataupun fitur yang bisa diharapkan dari sebuah ponsel kelas low-end seperti ini, tak mengherankan jika kondisi serupa pun berlaku untuk kamera Xiaomi Redmi 3 Prime.

Hasil Kamera Xiaomi Redmi 3 Prime

Kamera utama dengan sensor 13 MP ini mampu menangkap kualitas foto yang lumayan di luar ruangan dengan pencahayaan baik. Reproduksi warna yang dihasilkan memang masih jauh dari akurat namun tingkat detilnya tergolong baik untuk kamera ponsel sekelas ini.

Menggunakan mode HDR pada ponsel Xiaomi tidak memberikan hasil sesuai harapan, sebab hasilnya cenderung over saturated sehingga jauh dari kesan alamiah. Lagipula dengan prosesor yang terbatas proses HDR-nya sendiri memakan waktu sekitar 3 hingga 4 detik.

Low-light performance kamera Redmi 3 Prime jelas bukan sesuatu yang bisa dibanggakan. Tingkat noise sangat tinggi demikian pula detilnya berkurang drastis. Bahkan LED flash yang mendampingi kamera tersebut tidak terasa cukup membantu pada kondisi tersebut.

Spesifikasi Xiaomi Redmi 3 Prime

Merk Xiaomi
GSM 850, 900, 1800, 1900
Data GSM / HSPA
Dimension & Weight No
Ukuran Layar 5
Tipe Layar No
Resolusi 720 x 1280 pixels
Sistem Operasi Android™ 5.1, Lollipop
RAM 3 GB
Kapasitas Penyimpanan 32 GB
Kapasitas Baterai 4100 mAh
Kamera 13 MP
GPS Yes, with A-GPS
NFC No
Wifi 802.11 b/g/n
USB microUSB v2.0
Fitur No
Jenis Kartu Sim No

Kesimpulan Review dan Harga Xiaomi Redmi 3 Prime

Harga Xiaomi Redmi 3 Prime
Gold
Harga Xiaomi Redmi 3 Prime
Jual Xiaomi Redmi 3 Prime

Harga Xiaomi Redmi 3 Prime saat ini tercatat Rp 2,2 hingga 2,3 Juta-an. Performa yang ditawarkan takkan terlalu memuaskan penggemar game tentu saja namun untuk keseharian ia terbukti handal. Meski performa serta kualitas kameranya biasa-biasa saja smartphone Xiaomi terbaru untuk kelas low-end ini menunjukkan kelebihan di sektor stamina baterai.

Xiaomi Redmi 3 Prime di Indonesia
Xiaomi Redmi 3 Prime Masih Laris Diburu | Ponsel Dombort | 4.5