Harga iPhone XS dan Spesifikasi

iPhone XS Tak Sekedar iPhone “S”

Umumnya kala Apple merilis iPhone terbaru dengan akhiran seri “S” tak menawarkan banyak pembaruan dibanding seri sebelumnya.
Namun kondisi ini tidak berlaku pada iPhone XS, sebab meski penampilannya mirip dengan iPhone X tapi cukup banyak poin yang membedakan keduanya.

iPhone selalu menempuh jalan yang berbeda dari Android, jika model flagship pada Android berlomba-lomba menawarkan fitur dan teknologi terkini secara signifikan maka tidak demikian halnya dengan iPhone.
Karenanya membandingkan keduanya sungguh tidak terasa pas.

Bagi penggemar Android dengan kantong tebal kekinian teknologi dan fitur adalah tolok ukurnya, sementara pengguna iPhone lebih menekankan pada kemudahan serta keselarasan ekosistem.

Spesifikasi iPhone XS

OSiOS 12, upgradable to iOS 12.1
Layar5.8 inches, 84.4 cm2 (~82.9% screen-to-body ratio); 1125 x 2436 pixels, 19.5:9 ratio (~458 ppi density)
SoCApple A12 Bionic (7 nm)
GPUApple GPU (4-core graphics)
RAM4 GB RAM
ROM64/256/512 GB
Kamera Utama12 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/2.55″, 1.4µm, OIS, PDAF
12 MP, f/2.4, 52mm (telephoto), 1/3.4″, 1.0µm, OIS, PDAF, 2x optical zoom
Kamera Swafoto7 MP, f/2.2, 32mm (standard)
SensorFace ID, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer
KonektivitasWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, hotspot, 5.0, A2DP, LE, microUSB 2.0, proprietary reversible connector
WaterproofingIP68
BateraiNon-removable Li-Ion 2658 mAh battery
Dimensi143.6 x 70.9 x 7.7 mm
Berat177 g
HargaLihat di sini

Memang tak sedikit produsen ponsel Android yang meniru desain Apple, namun karakteristik sistem operasi keduanya tetap berbeda.
Dan soal desain betapapun banyak merek ponsel Android mencoba meniru tapi tetap tak ada yang sebaik desain serta tampilan iPhone.

iPhone XS meski berada di tengah-tengah antara iPhone XR dan XS Max memiliki keunggulan tersendiri, yaitu dimensi yang ideal dengan layar 5.8 inch.
Menggunakan satu tangan saja untuk mengoperasikan ponsel ini masih mungkin.

Sama halnya seperti iPhone X tahun lalu iPhone XS masih mengusung “poni” atau notch, rangka stainless steel dan kamera belakang yang menonjol hingga rawan terhadap goresan.

Review iPhone XS Indonesia

Keunggulan iPhone XS

Kamera iPhone XS

Berbeda dengan kebiasaan sebelumnya dimana fitur kamera iPhone dengan embel-embel “Plus” relatif kaya dibanding versi standar kali ini kamera iPhone XS persis sama dengan XS Max.

Sesuai harapan pengguna setia iPhone juga, kamera ini masih tetap mudah dioperasikan dan hanya dengan mode otomatis sudah mampu menghasilkan kualitas foto menakjubkan.

Di atas kertas (spesifikasi) tentu ada banyak ponsel Android dengan spesifikasi kamera lebih mumpuni. Tapi kualitas foto –lah yang menentukan dan dalam hal ini kamera iPhone tak pernah mengecewakan.

Kondisi dimana foto-foto yang dihasilkan terlihat kabur, overexposed, kinerja fokus lambat atau efek bokeh tak terlihat natural sama sekali tak ditemukan kala menggunakan kamera iPhone XS.
Lebih-lebih soal perekaman klip (video) tak satupun kamera ponsel Android yang sanggup menyamai kualitas hasil perekaman video dengan kamera iPhone XS.

Kalau bicara spesifikasi kamera memang sekilas masih sama dengan iPhone X, tapi untuk XS dan XS MaX kini menggunakan ukuran piksel yang lebih lebar.

Hasilnya warna yang ditangkap tampak lebih tajam demikian pula kemampuannya menangkap cahaya di dalam ruangan serta malam hari terlihat meningkat.

Review Kamera iPhone XS Indonesia

Foto Hasil Kamera iPhone XS Indonesia

Kualitas dan Performa Kamera iPhone XS

Tapi jujur saja Dombort sendiri tak sanggup membedakan hasil foto dari kamera iPhone X, XS dan XS Max.
Ketiganya sama-sama istimewa.

Layar iPhone XS Masih yang Terbaik

Urusan layar lagi-lagi menampakkan keunggulan iPhone dibanding kompetitor di industrinya.

Untuk iPhone XS yang memiliki bentang layar 5.8 inch dan resolusi 2436 x 1125 pixels ini Apple memilih teknologi AMOLED bukan IPS seperti pada iPhone XR yang banderolnya memang lebih murah.

Review iPhone XS Indonesia

Dibandingkan layar iPhone X terlihat tampilan di layar iPhone XS menampilkan warna lebih cerah dengan warna hitam yang juga lebih solid berkat fitur HDR10 dan Dolby Vision.

Sayangnya saat ini belum banyak konten video yang mendukung keunggulan layar tersebut.

Performa

Setiap tahun Apple selalu meningkatkan performa iPhone terbaru, kali ini untuk iPhone XS dijejalkan chipset Bionic A12 yang menurut klaim Apple memiliki kecepatan 15% lebih baik dibanding A11 dan performa GPU 50% lebih baik.

Tapi kenyataannya perbedaan itu tidak telalu terasa kala membandingkan performa iPhone XS vs iPhone X.

Keduanya sama-sama gegas untuk standar iPhone.
Kenapa Dombort menyebut untuk standar iPhone?

Sebab meski tidak terjadi bottle neck, lag dan sebagainya tapi kegegasan iPhone XS jadi terasa tak berarti kalau Anda membandingkan dengan flagship Android seperti Samsung Galaxy Note 9 atau Huawei P20 Pro misalnya.

Proses transisi dan animasi pada iPhone terasa lambat jika Anda sudah terbiasa dengan flagship models dari ponsel berbasis Android.

Sebaliknya untuk fitur face unlock iPhone XS bukan saja jauh lebih baik dibanding Android tapi juga meningkat dibanding iPhone X.

Apakah iPhone XS Layak Beli?

Jelas layak beli, lebih-lebih kalau Anda sudah terbiasa dengan iPhone.
Ekosistem Apple masih yang terbaik, kemudahan dan kemulusan iCloud masih tak bisa ditandingi oleh sistem operasi lain.

Tampilan iOS 12 masih relatif sama seperti iOS sepuluh tahun silam, tapi justru kondisi inilah yang diapresiasi oleh pengguna setia iPhone.

Stamina baterai memang masih belum sanggup menyamai Android, untuk penggunaan normal ala Dombort baterai iPhone XS hanya bertahan setengah hari.
Tapi asalkan Anda sebelumnya bukan pengguna Android maka kondisi ini terasa wajar.

Beli iPhone XS Sekarang

Space Gray
Harga iPhone XS dan Spesifikasi
Jual iPhone XS
Summary
Review Date
Reviewed Item
iPhone XS
Author Rating
41star1star1star1stargray