HDR10 dan Dolby Vision

HDR10 dan Dolby Vision Pada Ponsel, Apa Maknanya?

High Dynamic Range atau lebih sering disebut HDR sebelumnya kerap mengacu pada layar televisi/TV yang menghasilkan tampilan lebih cerah, tingkat kontras lebih tinggi serta mampu menampilkan lebih banyak warna.

Tapi belakangan ini terminologi tersebut tidak melulu digunakan di pesawat televisi namun juga ponsel dan dikenal sebagai mobile HDR.
LG G7+ thinQ, Samsung Galaxy S9 dan iPhone X adalah tiga diantaranya yang sudah mendukung konten tersebut.
Sejatinya adalah Samsung Galaxy Note 7 yang pertama kali mendukung HDR, tapi karena usia singkat akibat skandal baterai publik jadi cenderung melupakannya.

HDR10 dan Dolby Vision: Apa Bedanya?

Saat ini untuk kategori produk ponsel ada dua macam standar HDR yaitu HDR10 dan Dolby Vision.
HDR10 memiliki sifat open source, selama ponsel sudah mendukung HDR maka pemiliknya bisa menikmati semua konten dengan standar HDR10.

HDR10 sendiri mendukung tingkat kecerahan hingga 4.000 nit dan kedalaman warna hingga 10 bit.

Bagaimana dengan Dolby Vision?
Ternyata lebih canggih dibanding HDR10 karena mendukung tingkat kecerahan hingga 10.000 nit dan kedalaman warna sampai 12 bit.
Tak cukup sampai disitu, standar yang kedua ini bahkan metadata frame by frame yang berfungsi memastikan apa yang ditampilkan di layar adalah yang terbaik.

Ponsel Dolby Vision

Berbeda dengan HDR10 untuk Dolby Vision ini sifatnya lebih eksklusif, karenanya tidak banyak juga konten yang menggunakan standar tersebut.
Sejauh ini baru Netflix dan Amazon yang sudah konsisten menggunakan standar Dolby Vision ini.

Adapun ponsel yang saat ini sudah mendukung Dolby Vision adalah Samsung Galaxy S9 series, iPhone X dan Huawei P20 Pro.

Tapi perlu dipahami bahwa mendukung atau tidak konten Dolby Vision sebenarnya tak bergantung pada perangkat keras tertentu (hardware) melainkan perangkat lunak –lah yang berperan.

Artinya jika suatu saat nanti pembaruan perangkat lunak pada ponsel yang sudah mendukung HDR dirilis dengan kesesuaian terhadap Dolby Vision maka ponsel-ponsel tersebut juga bisa menikmati konten dengan standar Dolby Vision pula.

Mobile HDR Premium

Pada awal 2017 lalu Ultra HD Alliance tak mau kalah dengan merilis standar HDR –nya sendiri yang dinamai “Mobile HDR Premium”.

Ponsel HDR

Namun alih-alih menawarkan format sebagaimana dilakukan oleh HDR10 dan Dolby Vision sebenarnya Mobile HD Premium lebih merupakan sertifikasi untuk menjamin pengguna bisa menikmati pengalaman optimal.

Adapun spesifikasi dari Mobile HDR Premium tersebut adalah:

  • Tingkat resolusi 60 pixel/Derajat.
  • Tingkat dynamic range .0005-550 nit.
  • Color space 90% dari PR color gamut.
  • Tingkat kedalaman warna 10 bit.

Saat ini baru Samsung Galaxy S8 series, Samsung Galaxy S9 series dan Samsung Galaxy Note 8 yang sudah memenuhi sertifikasi Mobile HDR Premium.

Konten Apa Saja Yang Sudah Mendukung HDR?

Sayangnya belum banyak konten tersedia yang sudah mendukung HDR ini.

Youtube sebenarnya sudah banyak menawarkan konten HDR, tapi sayang sampai tulisan ini dibuat belum berlaku kala memutar lewat aplikasi.
Dugaan Dombort dalam waktu singkat Google juga akan memberikan update untuk dukungan HDR pada aplikasi Youtube.

Netflix sudah menawarkan konten HDR10 maupun Dolby Vision, namun hanya ponsel-ponsel tertentu yang bisa menikmati.

Untuk HDR 10 di Netflix hanya bisa menggunakan: LG G7 thinQ, Samsung Galaxy Note 8, Samsung Galaxy S9 series dan Razer Phone.
Sementara untuk Dolby Vision lebih terbatas lagi yaitu iPhone X dan LG G6.

Meski sudah pula menyediakan konten HDR10 dan Dolby Vision namun Amazon Prime tidak rutin memperbarui daftar perangkat apa saja yang bisa digunakan.

Summary
HDR10 dan Dolby Vision, Apa Maknanya?
Article Name
HDR10 dan Dolby Vision, Apa Maknanya?
Description
Istilah HDR10 dan Dolby Vision kerap muncul pada ponsel kelas flagship namun masih sedikit ternyata yang memahami arti dari kedua istilah tersebut.
Author
Publisher Name
Dombort