Perbandingan Samsung Galaxy S7 Edge vs. Xiaomi Mi5s

Membandingkan Samsung Galaxy S7 Edge vs. Xiaomi Mi5s

Membandingkan Samsung Galaxy S7 Edge vs. Xiaomi Mi5s sebenarnya sejak awal pun sudah bisa ditebak mana yang lebih unggul dari kedua HP Android terbaru tersebut, jika memang tujuannya adalah mencari siapa yang lebih baik. Namun bukan itu yang menjadi tujuan kami mengangkat komparasi antara keduanya.

Perbandingan Samsung Galaxy S7 Edge vs. Xiaomi Mi5s di sini lebih dimaksudkan menimbang seberapa besar sebenarnya perbedaan yang didapat oleh seorang konsumen dari selisih harga yang mencapai Rp 2 Juta tersebut. Kira-kira apakah selisih tersebut layak dikeluarkan untuk menebus Galaxy S7 Edge atau sebaliknya?

Membandingkan Desain Samsung Galaxy S7 Edge vs. Xiaomi Mi5s

Dari sisi penampilan keduanya jelas berbeda, namun ada beberapa poin kesamaan yang bisa dilihat antara Samsung Galaxy S7 Edge vs. Xiaomi Mi5s. Mi5s mengadopsi desain unibodi metal yang cenderung bebas dari noda jari jika membandingkan dengan Galaxy S7 Edge yang lebih banyak mengadopsi material serat kaca pada cover belakang.

Kedua smartphone kelas flagship dari pabrikan yang berbeda ini sama-sama sudah memiliki fitur sensor pemindai sidik jari. Meski nama Xiaomi tidak dipersepsi setinggi Samsung namun khusus untuk sensor pemindai sidik jari ini justru milik Xiaomi Mi5s mampu bekerja lebih baik dalam arti lebih cepat dan akurat dibanding fitur serupa milik Galaxy S7 Edge.

Secara teoritis Samsung Galaxy S7 Edge mengusung layar lebih lebar yaitu 5.5 inch dengan resolusi 2K dibandingkan Xiaomi Mi5s yang “hanya” 5.15 inch dengan resolusi setara FHD. Pada kenyataannya layar Mi5s justru tampak lebih lebar karena ia mengaplikasikan desain konvensional dimana untuk Galaxy S7 Edge kedua tepinya didesain mengkurva.

Perbandingan Samsung Galaxy S7 Edge vs. Xiaomi Mi5s

Perbandingan Layar Samsung Galaxy S7 Edge vs. Xiaomi Mi5s

Pada dasarnya dari sisi kualitas kedua ponsel Android ini sama-sama menampilkan ketajaman, viewing angles, kecerahan serta akurasi warna yang baik. Namun jelaslah bahwa layar Galaxy S7 Edge tetap lebih unggul berkat saturasi warna unik yang membuatnya tampak lebih hidup sekaligus terbaca lebih baik kala terpapar sinar matahari sekalipun.

Beralih ke bagian belakang kedua pabrikan sama-sama menempatkan kamera dengan sensor 12 MP. Pada Xiaomi digunakan lensa f/2.0 minus fitur OIS sementara pada Galaxy S7 Edge digunakan lensa f/1.7 yang sudah pula didukung oleh fitur OIS.

Perbandingan Kamera Samsung Galaxy S7 Edge vs. Xiaomi Mi5s

Bagi para audiophile tak satupun dari kedua kontestan dalam perbandingan Samsung Galaxy S7 Edge vs. Xiaomi Mi5s ini yang kualitas speaker-nya mendekati LG V20 namun Galaxy S7 Edge tetap lebih unggul jika dibandingkan Xiaomi Mi5s pada poin ini.

Di atas kertas performa Xiaomi Mi5s unggul dibanding Samsung Galaxy S7 Edge. Mi5s mengandalkan Snapdragon 821 yang didukung oleh LDDR-RAM berkapasitas 4 GB dengan memori internal UFS 2.0 berkapasitas 128 GB. Xiaomi juga menyediakan versi internal memori 64 GB yang dibanderol Rp 2 Juta lebih murah dibanding versi unit yang digunakan sebagai sampel pada perbandingan ini. Namun yang perlu dipahami bahwa perbedaannya bukan semata terletak pada kapasitas memori internal tapi untuk versi 128 GB sudah dilengkapi pressure-sensitive display yang absen pada versi lebih murah.

Samsung Galaxy S7 Edge pada sisi lain menggunakan chipset besutannya sendiri yaitu Exynos 8890 didukung oleh RAM berkapasitas 4 GB dan kapasitas memori internal 32 GB.

Walau chipset Exynos 8890 lebih lawas jika dibandingkan dengan Snapdragon 821 namun untuk penggunaan sehari-hari maupun menjalankan game ia masih tetap handal sampai saat ini.

Membandingkan Samsung Galaxy S7 Edge vs. Xiaomi Mi5s di sektor perangkat lunak tidaklah mudah mengingat kedua pabrikan menggunakan pendekatan berbeda. Seperti biasa Xiaomi mengandalkan tampilan antar muka MIUI yang menyerupai iOS, namun untuk Mi5s versi 128 GB ini seperti sudah disebutkan sebelumnya tersedia fitur pressure sensitive display yang walau tanpa keberadaannya tak membuat sebuah ponsel kekurangan fungsi tertentu namun pada lain sisi keberadaannya terasa meningkatkan produktivitas.

Galaxy S7 Edge menggunakan TouchWiz yang semenjak awal tahun ini sudah tidak lagi kaya akan bloatware seperti tampilan antar muka andalan Samsung itu di masa lalu. Fitur menarik dari TouchWiz adalah always-on display.

Mana yang lebih baik dari keduanya semata-mata masalah selera, yang jelas keduanya berjalan sama mulus, fluid tanpa lag.

Perbandingan kamera Samsung Galaxy S7 Edge vs. Xiaomi Mi5s hasilnya lagi-lagi sudah bisa diduga sejak awal. Kamera Samsung Galaxy S7 Edge sampai saat ini dianggap sebagai salah satu yang terbaik dan konon hanya bisa ditundukkan oleh Google Pixel meski kami sendiri belum berkesempatan membandingkan keduanya secara langsung.

Foto Hasil Kamera Xiaomi Mi5s
Foto Hasil Kamera Xiaomi Mi5s
Foto Hasil Kamera Samsung Galaxy S7 Edge
Foto Hasil Kamera Samsung Galaxy S7 Edge
Foto Hasil Kamera Xiaomi Mi5s Indoor
Foto Hasil Kamera Xiaomi Mi5s Indoor
Foto Hasil Kamera Samsung Galaxy S7 Edge Indoor
Foto Hasil Kamera Samsung Galaxy S7 Edge Indoor

Rasanya tak perlu dibahas detil dimana letak keunggulan kamera Samsung Galaxy S7 Edge dibanding kamera Xiaomi Mi5s karena hasilnya cukup jelas. Hal yang perlu digaris bawahi adalah meski kamera Mi5s tak mampu mendekati kamera Galaxy S7 Edge tetap saja ia terbilang istimewa untuk ukuran smartphone dengan harga kurang dari Rp 9 Juta.

Di sektor baterai, baterai 3100 mAh pada Xiaomi Mi5s sebenarnya bisa diisi ulang lebih cepat sebab chipset Snapdragon 821 mendukung Quick Charge 3.0, namun tampaknya dalam rangka menekan harga jual sang produsen tidak menyertakan charger yang mendukung fitur tersebut. Untuk penggunaan normal stamina baterai ini sanggup bertahan selama lebih kurang dua hari. Sedangkan pengujian screen-on-time menunjukkan baterai ini bertahan selama 6 jam.

Samsung Galaxy S7 Edge yang mengusung baterai 3600 mAh semenjak awal diposisikan sebagai ponsel premium sehingga sang produsen tak terlalu merisaukan harga jualnya. Tak heran jika ia sudah dilengkapi fast charger sebagai aksesori bawaan yang memungkinkan pengisian ulang daya baterai dari 0 ke 100% hanya dalam waktu 1 jam 15 menit. HP Samsung Galaxy terbaru ini juga mendukung pengisian daya nirkabel.
Dari sisi stamina ia setara dengan Xiaomi Mi5s yaitu dua hari untuk penggunaan normal dan 6 jam screen-on-time.

Harga Samsung Galaxy S7 Edge vs. Xiaomi Mi5s
Xiaomi Mi5s
Samsung Galaxy S7 Edge
Harga Xiaomi Mi5s Harga Samsung Galaxy S7 Edge
Perbandingan Asus Zenfone 3 beli sekarang

Kesimpulan Hasil Perbandingan Samsung Galaxy S7 Edge vs. Xiaomi Mi5s

Jelas sejak awal bahwa Samsung Galaxy S7 Edge lebih baik ketimbang Xiaomi Mi5s, namun untuk selisih harga yang lebih murah RP 2 Juta Mi5s pun sama sekali bukan pilihan yang buruk. Ia tak memiliki kamera sebaik Galaxy S7 Edge, tidak mendukung wireless charging, layarnya tak seunik atau seistimewa Galaxy S7 Edge dan desainnya pun belum menerapkan standar IP68. Hanya saja untuk selisih harga Rp 2 Juta dalam banyak hal ia setara dan bahkan lebih baik dibanding Galaxy S7 Edge seperti chipset yang lebih modern serta kapasitas memori internal lebih lega.