4 Action Camera Pilihan Yang Tak Bikin Kantong Jebol

4 Action Camera Pilihan Yang Tak Bikin Kantong Jebol

Action Camera atau kamera aksi kini makin digemari. Tak mengherankan karena kamera tipe ini cukup handal digunakan untuk berbagai aktivitas luar ruangan mulai dari sekedar jalan-jalan sampai olah raga ekstrem.

Karena makin tinggi permintaan maka berbagai merek kamera aksi pun kini bermunculan. Kalau beberapa tahun lalu pilihannya terbatas pada GoPro yang harganya selangit maka saat ini Anda tak harus merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli sebuah action camera. Tapi pertanyaannya manakah kamera aksi terbaik yang tak bikin kantong jebol alias harga terjangkau?

Berikut ini Dombort sajikan 4 action camera/kamera aksi terbaik, lima produk ini dipilih hanya sebatas dari yang pernah dicoba Dombort.
Selain itu kriteria terbaik untuk masing-masing orang tentu –lah tidak sama, apa yang terbaik versi Dombort tak berarti dinilai sama oleh orang lain termasuk Anda.

Daftar Action Camera Harga Terjangkau Pilihan Dombort

Action Camera Terbaik #1: Xiaomi Yi

Action Camera Terbaik #1: Xiaomi YiHarga mulai: Rp 1,4 Jutaan

Beli Disini

Pada awal kemunculannnya beberapa tahun lalu Xiaomi Yi disebut-sebut sebagai pesaing GoPro atau GoPro killer.

Penyebutan istilah tersebut oleh beberapa media menurut Dombort terlalu berlebihan.
Mana mungkin produk seharga kurang dari Rp 1,5 Juta sanggup pantas diperbandingkan dengan produk seharga Rp 5 Juta-an.

Jelas Xiaomi Yi sama sekali bukan pesaing GoPro tapi ia lebih pas disebut sebagai alternatif yang harganya lebih terjangkau.

Bobot Xiaomi Yi sendiri sangatlah ringan, ideal untuk berbagai aktivitas outdoor. Untuk perekaman video kamera aksi ini menawarkan resolusi Full HD pada 30 dan 60 fps.
Sementara untuk foto diladeni oleh sensor 16 MP.

Meski harganya terjangkau tapi Xiaomi Yi bukanlah produk sembarangan, hal ini bisa kentara dari desain dan packing yang kentara sekali dirancang secara matang.

Hasil perekaman video menampakkan warna yang tajam, walau demikian ketajamannya sendiri tidak terlalu baik lebih-lebih pada 60 fps.

Tapi untuk ukuran action camera harga kurang dari 5 Juta-an Xiaomi Yi adalah satu dari sedikit kamera yang benar-benar merekam pada 1080 pixels x 60 fps, sebab kebanyakan kamera aksi di kisaran harga ini hanya sekedar menggandakan frame 30 fps.

Untuk firmware update terbaru pada kamera Dombort nilai bit rate –nya sudah mencapai 21000 kbps. Dulu ketika pertama kali dibeli masih di kisaran 11000-13000 kbps.
Perbedaan kualitasnya memang bisa dilihat.

Sementara itu untuk kualitas foto yang dihasilkan dengan sensor 16 MP terlihat alamiah dan tajam, bahkan pada objek yang terpapar matahari pun tidak lantas terlihat gelap.

Review Xiaomi Yi

Sensor CMOS 16 MP buatan Sony yang digunakan oleh Xiaomi Yi memang menjadi keunggulan lain yang dimilikinya dibanding kompetitor di kisaran harga ini.

Selain itu Xiaomi juga melengkapi kamera aksinya dengan fitur Lens rectification yang memungkinkan foto-foto ditampilkan secara normal, bukan fish-eye seperti kebanyakan action camera yang beredar di pasaran.

Action Camera Terbaik #2: Kogan Full HD Wifi

Kamera Aksi Terbaik Kogan Full HD WifiHarga mulai: Rp 465 Ribuan

Beli Disini

Kogan Full HD Wifi atau sering disebut juga sebagai Kogan 1080p Wifi mungkin di Indonesia tak setenar Xiaomi Yi.
Tapi merek Kogan sendiri yang Dombort tahu sangat populer di Australia, identik dengan gawai-gawai berkualitas dengan harga terjangkau termasuk televisi, ponsel dan tablet.

Kelebihannya dibanding Xiaomi Yi adalah keberadaan layar warna di bagian belakang dengan bentang 1.5 inch.
Layar LCD cukup langka ditemukan pada kebanyakan action camera, kebanyakan dijual sebagai aksesoris eksternal.

Namun di sisi lain Kogan 1080p Wifi ini hanya menawarkan perekaman 1080p pada 30 fps, untuk 60 fps resolusinya hanya sebatas 720p (HD).

Kualitas perekaman video dan hasil foto–nya sendiri tidak jelek tapi juga tidak istimewa, kurang lebih sekelas dengan video yang direkam oleh ponsel flagship keluaran tahun 2013 misalnya LG G2.

Hasil Kamera Aksi Terbaik Kogan Full HD Wifi

Action Camera Terbaik #3: Eken H9

Review Kamera Aksi Eken H9Harga mulai: Rp 800 Ribuan

Beli Disini

Eken juga adalah merek asal Cina yang mencoba menawarkan alternatif kamera aksi dengan harga terjangkau.

Kalau menilik spesifikasinya memang action camera Eken H9 menggunakan sensor OV4689 seperti yang digunakan oleh merek premium diantaranya SJ4000+ dan M10+.
Tapi kalau dipelajari lebih teliti maka baru ketahuan kalau chip yang digunakan jauh berbeda, untuk H9 ini Eken memilih Sunplus 6630 yang reputasinya tidak terlalu jelas.

Meski menawarkan resolusi 4K tapi kebanyakan video bakal direkam dengan resolusi 1980 x 1080 pada 60 fps. Alasannya pada 60 fps ini video masih terlihat baik kala diedit.

Karena untuk resolusi 4K nya sendiri hanya mendukung 10 fps.
Kualitas video yang direkam pada 10 fps sudah pasti sangat buruk menurut pendapat Dombort, nyaris tidak berguna.

Alhasil resolusi 4K pada Eken H9 ini tak lebih dari sekedar gimmick untuk menciptakan persepsi bahwa hanya dengan harga 800 Ribu-1 Jutaan saja Anda sudah bisa memiliki kamera dengan resolusi 4K.

Untuk foto yang dihasilkan kadang cenderung oversaturated, kadang juga terlalu tajam sehingga tak terlihat alamiah.

Sama halnya dengan Kogan 1080 Wifi, Eken juga sudah melengkapi action camera buatannya dengan layar LCD berukuran 2 inch.
Memang layarnya sendiri tidak terlalu jelas saat digunakan di luar ruangan, tapi cukup membantu dibanding kamera aksi tanpa layar LCD.

Action Camera Terbaik #4: ELE Explorer

Review Kamera ELE ExplorerHarga mulai: Rp 520 Ribuan

Beli Disini

Kamera aksi ELE Explorer lagi-lagi juga mempromosikan resolusi 4K untuk menarik calon pembeli tapi sebenarnya tidak bisa disebut 4K.
Alasannya alih-alih merekam dengan resolusi 3840 x 2160 sebenarnya ELE Explorer hanya merekam pada resolusi 2880 x 2160.

Namun setidaknya resolusi itu berjalan pada 24 fps bukannya 10 fps seperti pada Eken H9.
Dan meski sama-sama merupakan merek Cina tapi build quality ELE Explorer ini jauh lebih solid dibanding Eken H9.

Untuk perekaman video terbaik menurut Dombort dihasilkan pada resolusi 2.5K baik untuk siang hari maupun malam.
Wajar mengingat setting tersebut adalah resolusi tertinggi yang ditawarkan oleh ELE Explorer tanpa proses interpolasi.

Fitur gyro stabilization menjadikan ELE Explorer juga ideal digunakan sebagai dash cam atau kamera dashboard.
Anehnya kala dibawa berjalan kaki fitur tersebut seperti tak berguna sehingga video yang direkam jadi bergoyang-goyang.

Foto yang diabadikan dengan bantuan sensor 12 MP –nya terlihat cukup baik terutama pada siang hari.