Oppo F1 Harga, Spesifikasi dan Yang Penting Diketahui

Seputar Oppo F1 harga dan spesifikasinya bukan informasi sulit didapat, ponsel Oppo yang sedang naik daun itu memang banyak dimuat di berbagai media. Karenanya tim Dombort kali ini tak hanya sekedar menyajikan Oppo F1 dari sisi harga dan spesifikasi semata namun mengkaji lebih dalam seputar HP Oppo F1.

Disebut sebagai HP Oppo terbaru rasanya tidaklah terlalu tepat sebab meski populer faktanya F1 bukanlah varian terkini yang dipasarkan oleh perusahaan yang mulai beroperasi sejak tahun 2004 tersebut. Sama halnya seperti Oppo F1s yang sudah diulas sebelumnya harga Oppo F1 pun terbilang sesuai dengan target market yang dibidik, namun bagaimana dari sisi value?

Also Read: Kamera Oppo F1s Harga dan Spesifikasi

Bedah Oppo F1 Harga dan Spesifikasi

HP Oppo F1 sebenarnya sudah mulai diperkenalkan dan bahkan dipasarkan pada awal tahun 2016 lalu. Faktor yang menjadikan ia masih sedemikian dicari serta digemari hingga sekarang tampaknya merupakan kombinasi antara penentuan harga serta positioning yang tepat di tengah maraknya kegemaran berfoto selfie.

Berbeda dari Oppo F1s yang lebih eye-catching penampilan ponsel Oppo lainnya dari keluarga seri F ini justru terkesan biasa saja. Rasanya kala membuka paket penjualan Oppo F1 tak banyak yang bakal terpesona dengan penampilan handheld tersebut. Impresi positif justru baru didapat setelah mengenggam secara langsung HP buatan Oppo itu. Bagian belakangnya dibuat dengan material logam yang memilki permukaan matte. Selain solid ia juga tak mudah tergelincir.

Sementara itu di bagian depan sang produsen mengaplikasikan desain 2.5D Corning Gorilla Glass 4 yang sudah jamak diketemukan pada hampir semua smartphone semenjak awal 2016 lalu. Kamera selfie yang menjadi key selling point dari Oppo F-series terletak di atas layar seperti biasa. Sejauh ini tak tampak ada keistimewaan yang menunjukkan spesialisasinya sebagai selfie smartphone.

Key Specs Oppo F1
Display 5.0-inch
Screen Resolution 1280 x 720 pixels
Operating System Android Lollipop 5.1
Processor 1.7GHz Octa-Core
Chipset Snapdragon 616
Memory 3 GB RAM
Inbuilt Storage 16 GB
Storage Upgrade Yes, upto 128 GB via microSD
Primary Camera 13 MP with LED flash
Video recording 1080p
Secondary Camera 8 MP
Battery 2500 mAh
Fingerprint Sensor No
NFC No
4G ready Yes
SIM card type Dual SIM
Waterproof No
Weight
Price

Layarnya memiliki lebar 5 inch dengan teknologi IPS yang memiliki resolusi setara HD atau 720 pixels. Viewing angles-nya terbilang luas meski diluar itu tak ada keistimewaan lain yang tampak pada poin ini. Sedikit kekurangan tampak pada warna hitam yang ditampilkan tidak cukup solid. Sementara tingkat kecerahannya juga terbilang baik dan mampu mengkompensasi cahaya di luar ruangan. Artinya pengguna bisa dengan mudah membaca layar Oppo F1 hampir pada semua situasi.

Dengan mengandalkan chipset Snapdragon 616 yang memiliki CPU Octa-core 1.7 GHz terintegrasi didukung oleh kapasitas RAM 3 GB tidak diketemukan lag pada proses buka tutup aplikasi. Waktu loading tiap-tiap aplikasi juga terbilang cepat untuk ukuran smartphone sekelasnya. Singkatnya untuk penggunaan sehari-hari ponsel Oppo ini boleh disebut handal.

Dari RAM sebesar 3 GB yang dimilikinya setelah selesai melakukan boot masih terdapat 2 GB RAM yang dalam status free, artinya sampai pada tahap ini tampaknya ponsel Oppo ini memiliki manajemen RAM yang cukup baik. Proses multitasking juga bisa ditangani dengan lancar sejauh pengamatan kami.

Sempat pula ponsel Oppo F1 ini diuji menjalankan game “Asphalt 8” dan “Dead Trigger 2” masing-masing selama 20 menit dan tidak menunjukkan peningkatan suhu (panas) yang perlu dikhawatirkan. Game-game itu sendiri bisa dijalankan cukup baik pada setting grafis tertinggi meski setelah beberapa waktu muncul frame drop yang sebenarnya juga tidak terlalu terasa mengganggu.

Review Kamera Ponsel Oppo F1

Model Oppo F1
Rear Camera 13 Megapixel (4160 x 3120 pixels)
Front Camera 8 Megapixel (3264 x 2448 pixels)
Sensor Model
Sensor Type (Rear Camera) CMOS
Sensor Type (Front Camera)
Sensor Size (Rear Camera)
Sensor Size (Front Camera) 3.2 x 2.4 mm
Aperture Size (Rear Camera) F/2.2
Aperture Size (Front Camera) F/2.0
Flash Type LED
Video Resolution (Rear Camera) 1920 x 1080 pixels
Video Resolution (Front Camera) 1280 x 720 pixels
Slow Motion Recording No
4K Video Recording No
Lens Type (Rear Camera) Digital Image Stabilization
Lens Type (Front Camera)

Hal menarik untuk dibahas dari HP Oppo F1 tentu terletak pada fitur kamera yang menjadi key selling point-nya. Oppo menempatkan kamera utama dengan sensor 13 MP f/2.2 yang didukung oleh LED flash. Sementara kamera selfie-nya sendiri mengadopsi sensor 8 MP f/2.0. Di atas kertas setidaknya kedua kamera tersebut terdengar menjanjikan.

Tampilan antar muka dari aplikasi kamera bawaannya sendiri tampak lugas serta sederhana, tidak perlu pendalaman atau pembiasaan lebih lanjut bagi pengguna baru. Selain mode auto tentu saja sebagai ponsel photographic-centric ia menawarkan mode manual.

Berikut ini adalah contoh foto hasil kamera Oppo F1 dalam beberapa situasi:

oppo f1 harga spesifikasi

oppo f1 harga second terbaru

oppo f1 harga promo

Kamera selfie-nya menghasilkan kualitas foto yang meski minim detil namun terlihat jernih baik di dalam maupun luar ruangan. Kondisi yang sama berlaku juga untuk kamera utama.

Untuk ukuran sebuah ponsel yang mengedepankan fitur kamera sebagai spesialisasi sebenarnya tidak ada keistimewaan tertentu tampak dari contoh foto-foto hasil kamera Oppo F1, sebaliknya untuk ukuran smartphone Rp 3 Juta-an kameranya terkategori baik.

Yang sedikit mengejutkan adalah kamera utama yang menggunakan lensa f/2.2, sebab awalnya kebanyakan orang bakal sedikit pesimis dengan kemampuannya di dalam ruangan namun ternyata sang produsen menjungkalkan pesimisme tersebut.

Kesimpulannya performa kamera Oppo F1 baik kamera utama maupun sekunder sama-sama memuaskan dengan mempertimbangkan kelas serta banderol harga ponsel itu sendiri tentunya. Hanya dalam kondisi minim cahaya seperti malam hari saja foto-foto yang dihasilkan tidak selalu tampak memuaskan.

Dibekali dengan baterai berkapasitas 2.500 mAh dalam pengujian screen-on-time ia menorehkan waktu antara 7-8 jam tergantung apa yang dijalankan. Sedangkan dalam penggunaan normal ia hanya bertahan selama 8-9 jam, wajar mengingat kapasitas baterainya tidak terlalu besar jika mempertimbangkan spesifikasi Oppo F1 sendiri.

Kualitas suara yang dihasilkan oleh speaker tunggal milik ponsel Oppo F1 yang terletak di bagian belakang relatif kuat serta jernih. Tentu saja Anda tak bisa membandingkannya dengan Xiaomi Mi5s atau Samsung Galaxy S7 Edge.

Oppo F1 Harga dan Perbedaannya dengan Oppo F1s

Banderol harga Oppo F1 yang saat tulisan ini dipublikasikan tercatat Rp 3,5 Juta-an memberikan value yang setara dengan harga tersebut. Penampilannya meski biasa saja namun solid sekaligus kokoh. Performanya juga tergolong baik untuk keperluan sehari-hari bahkan masih memadai bagi penggemar game. Soal kamera yang menjadi fitur andalan jelas ia layak mendapat apresiasi mengingat banderol yang relatif terjangkau.

Harga Oppo F1
Gold
Harga HP Oppo F1
Jual HP Oppo F1

Masih di seri yang sama Oppo menawarkan beberapa opsi yaitu Oppo F1s dan Oppo F1 Plus yang mengadopsi kamera sekunder 16 MP dan kapasitas baterai lebih besar. Hemat kami dua opsi alternatif tersebut lebih baik bukan saja soal kamera namun juga penampilan. Lagipula saat ini lebih mudah menemukan Oppo F1s dan Oppo F1 Plus di bursa ponsel Indonesia ketimbang F1 sendiri.
Untuk Oppo F1 harga second -nya sendiri masih ada di kisaran Rp 2,9 juta-an tergantung kondisi tentu saja.

Oppo F1 Harga Indonesia
Oppo F1 Harga, Spesifikasi dan Yang Penting Diketahui | Ponsel Dombort | 4.5