Sensor Sony IMX586 vs Samsung GM1

Sensor Sony IMX586 vs Samsung GM1: Apa Yang Membedakan Keduanya?

Sensor Sony IMX586 vs Samsung GM1 tak jarang menimbulkan penasaran bahkan tak jarang menjadi penentu bagi konsumen tertentu dalam menentukan ponsel mana yang hendak dibeli. Pertanyaan seperti: “Bagus mana antara sensor kamera Sony vs Samsung?” setidaknya senantiasa menjadi pikiran mengelitik bagi beberapa konsumen.

Saat ini memang kedua sensor itu yang paling kerap dijumpai pada hampir sebagian besar kamera ponsel yang beredar, saat ini Sony IMX586 vs Samsung GM1 bersaing di kelas 48 MP.
Nah ketika diperhadapkan pada pilihan antara keduanya kira-kira mana yang akan Anda pilih?

Inilah Perbedaan Sensor Sony IMX586 vs Samsung GM1

Sejatinya sensor Samsung GM1 merupakan sensor 12 MP, namun ponsel yang menggunakan sensor tersebut sanggup menghasilkan foto dengan resolusi 48 MP lewat teknik yang disebut interpolasi.
Sementara pada sisi lain sensor Sony IMX586 benar-benar merupakan sensor 48 MP yang mampu menangkap detil tinggi tanpa proses manipulasi perangkat lunak (software).

Seperti diketahui bahwa bagian paling penting dari sebuah sensor adalah CMOS atau dalam beberapa sensor tertentu adalah CCD.
Kebanyakan kamera ponsel yang beredar saat ini mengandalkan CMOS dalam menangkap gambar.

Sensor tersebut (CMOS) bertugas melakukan konversi dari gambar optik menjadi sinyal elektrik, sementara bagian terpenting dari CMOS sendiri terletak pada elemen photosensitive yang hanya merespon pada cahaya tanpa membedakan warna.
Untuk mendapatkan warna pada foto yang dihasilkan digunakanlah konsep RGB.

Adalah Bryce Bayer yang pertama kali memperkenalkan penggunaan filter di depan elemen photosensitive untuk menghasilkan sebuah foto digital yang berwarna.
Filter warna itu selanjutnya disebut sebagai Filter Bayer.
Di sini setiap elemen photosensitive oleh warna-warna tertentu di depannya, dimana setiap blok diperlakukan sebagai sebuah piksel.

Pemahaman tersebut penting untuk mengerti perbedaan antara Sony IMX586 vs Samsung GM1.
Jika setiap blok mewakili sebuah piksel maka semakin banyak jumlah piksel semakin tinggi pula resolusinya.

Sensor Sony IMX586 tepat memiliki 48 juta piksel atau 48 MP yang menjadikannya sebagai sensor dengan resolusi tertinggi yang ada untuk saat ini.

Alih-alih menerapkan ukuran grid 2×2 sebagaimana pada filter Bayer, Sony menerapkan ukuran 4×4.
Alhasil elemen photosensitive pada sensor IMX586 ini masing-masing mampu menghasilkan data secara mandiri.

Sensor Sony Sony IMX586 menghasilkan foto yang lebih minim campur tangan manipulasi perangkat lunak, alias bukan 48 MP “kaleng-kaleng”.

Sebaliknya untuk sensor Samsung GM1 tetap menerapkan ukuran grid 2×2 yang menghasilkan output secara kolektif sehingga kualitas sebenarnya tak beda jauh dari yang dihasilkan oleh sensor 12 MP.
Data spesifikasi dari website Samsung mengkonfirmasi hal tersebut dimana di sana disebut bahwa resolusi maksimal yang dihasilkan adalah 4000 x 3000 pixels.
Nah darimana diperoleh nilai 48 MP? Seperti disinggung di atas bahwa nilai tersebut didapat lewat proses interpolasi.

Kalau mau disederhanakan dan langsung pada kesimpulan sensor Sony IMX586 mampu menghasilkan kualitas foto yang lebih tajam dan lebih detil dibanding sensor Samsung GM1 bahkan kala diperbesar sekalipun.

Cek Harga Handphone Terbaru Disini