Ponsel Oppo F1 Plus Bedah Harga dan Spesifikasi

Harga Oppo F1 Plus pada hari ini tidak tampak mengalami perubahan signifikan jika dibanding saat pertama kali dirilis awal tahun 2016. Meski stabil namun ada berbagai promo menarik bagi calon pembeli baik berupa bebas biaya kirim hingga potongan harga tertentu berdasar pengamatan tim Dombort.

Sementara itu harga Oppo F1 Plus second juga sebenarnya tak berbeda jauh dibanding harga barunya, karenanya seperti biasa lebih dianjurkan membeli dalam kondisi baru selama anggaran yang dimilki memungkinkan. Stabilitas permintaan merupakan kunci dari harga ponsel Oppo tersebut yang cenderung tak berubah. Apakah sebenarnya kelebihan dan kekurangan Oppo F1 Plus hingga bisa demikian populer meski usianya sudah menginjak satu tahun.

Also Read: Harga Oppo A37 dan Spesifikasi Terkini

Membedah Spesifikasi Ponsel Oppo F1 Plus

Data Spesifikasi Teknis Oppo F1 Plus

  • Weight: 145g
  • Dimensions: 151.8 x 74.3 x 6.6 mm
  • OS: Android 5.1
  • Screen size: 5.5-inch
  • Resolution: 1080 x 1920
  • CPU: MediaTek Helio P10
  • RAM: 4GB
  • Storage: 64GB
  • Battery: 2,850mAh
  • Rear camera: 13MP
  • Front camera: 16MP

Sebelum memperkenalkan Oppo F1 Plus sang produsen sudah lebih dulu menghadirkan seri F lainnya yang sama-sama mengusung tagline “Selfie Expert” yaitu Oppo F1. Walau disambut cukup baik namun pada sisi lain versi standar tersebut tidak tampak istimewa, karenanya produsen ponsel yang berdiri semenjak tahun 2004 ini membuat lanjutannya dalam wujud Oppo F1s dan Oppo F1 Plus.

Penampilan ponsel Oppo F1 Plus sama sekali berbeda jika dibandingkan versi standarnya, bukan semata ukuran layar yang lebih lebar namun ada beberapa ubahan lain seperti dimensi bezel serta desain tombol di bawah layar. Kesemuanya menjadikan penampilan F1 Plus ini lebih stylish. Desain ini sendiri memang tidak benar-benar baru sebab sebelumnya sudah diadopsi oleh Oppo R9 Plus yang hanya dikhususkan untuk pasar dalam negeri (Cina).

Kemiripan desainnya juga mengingatkan beberapa dari kita dengan iPhone 6 Plus, beberapa detil memang sengaja diubah untuk mengurangi tingkat kemiripan namun secara garis besar tak bisa ditampik bahwa iPhone 6 Plus menjadi inspirasi bagi Oppo dalam merancang desan Oppo F1 Plus dan R9 Plus.

Terlepas daripada itu baik dari poin estetika maupun kualitas pengerjaan Oppo F1 Plus memberikan sesuatu yang layak diapresiasi dari sebuah ponsel dengan banderol harga kurang dari Rp 6 Juta.

Harga Oppo F1 Plus dan Spesifikasi

Sisi menarik lainnya dari ponsel Oppo yang begitu digandrungi kawula muda ini terdapat pada layar 5.5 inch yang sudah mengadopsi teknologi AMOLED dengan tingkat kerapatan warna 401 ppi dan dilapis oleh Corning Gorilla Glass 4.

Bertanggung jawab atas performa Oppo F1 Plus adalah chipset Helio P10 (MediaTek MT6755) dengan GPU Mali T860MP2 yang terintegrasi didukung oleh kapasitas RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. Salah satu smartphone Oppo terbaru ini juga mendukung penggunaan memori eksternal melalui keping microSD hingga kapasitas 128 GB.

Oppo F1 Plus tercatat sebagai ponsel Oppo pertama yang menggunakan ColorOS versi 3.0 di atas sistem operasi Android 5.1. Performanya menunjukkan peningkatan signifikan dibanding versi sebelumnya terutama dari sisi fluiditas. Cukup mengherankan bagaimana sampai saat ini pun Oppo masih pilih meniru tampilan iOS alih-alih menciptakan ciri khasnya sendiri.

Harga Oppo F1 Plus Terbaru dan Second

Kelemahan tampilan antar muka ColorOS ini sendiri terletak pada kebutuhannya akan kapasitas media penyimpanan yang besar, tercatat ruang lebih dari 10 GB dari total memori internal Oppo F1 Plus sudah disita oleh sistem operasinya. Di sinilah mula-mula kekurangan Oppo F1 Plus dari kacamata kami.

Untuk performa keseharian sendiri ia tak memberikan kendala atau masalah, meski bukan flagship phone namun beberapa jenis game masih bisa berjalan cukup mulus.

Performa Oppo F1 Plus vs Xiaomi Redmi Note 3

Banyak yang menyangsikan performa Oppo F1 Plus vs. Xiaomi Redmi Note 3. Pasalnya dalam beberapa uji benchmark Redmi Note 3 yang mengandalkan Snapdragon 650 mencatat poin lebih tinggi dibanding F1 Plus. Perlu dipahami bahwa Snapdragon 650 menggunakan core A72 yang sanggup menangani tugas-tugas berat. Sementara Helio P10 seperti pada F1 Plus memanfaatkan Cortex A53 yang lebih dimaksudkan menghemat sumber daya. Perbedaan itulah yang menyebabkan selisih skor benchmark Oppo F1 Plus vs. Xiaomi Redmi Note 3 cukup kentara.

Sisi positif yang langsung bisa dirasakan adalah suhu casing Oppo F1 Plus yang terasa dingin dari waktu ke waktu berikut ketahanan baterai lebih baik pula.

Baterainya yang hanya berkapasitas 2850 mAh pada penggunaan wajar mampu bertahan selama 12 jam, sementara jika modul Wi-Fi terus menerus diaktifkan masih tetap didapat angka antara 8-9 jam. Di sinilah kami temukan kelebihan Oppo F1 Plus sampai pada poin ini.
Selain itu sang produsen sudah pula menyertakan fitur VOOC seperti pada ponsel Oppo Find 7 yang menjadikan waktu pengisian daya hanya membutuhkan 40 menit saja.

Kualitas Layar Oppo F1 Plus

Disinggung sebelumnya bahwa Oppo mengadopsi teknologi AMOLED untuk layar 5.5 inch F1 Plus yang memiliki kerapatan warna 401 ppi ini. Di luar itu tidak ada teknologi atau fitur istimewa tertentu yang disematkan kepadanya.

Harga Oppo F1 Plus Hari Ini

Tingkat saturasi warna serta kecerahan terbilang baik untuk ukuran smartphone kelas menengah. Gambarnya maupun huruf ditampilkan tajam serta kesemuanya terbaca baik di luar ruangan sekalipun.
Memang ada sedikit kekurangan seperti warna putih yang tidak ditampilkan sempurna, namun kondisi ini dialami hampir semua layar yang mengadopsi teknologi AMOLED. Samsung Galaxy Note 5 yang harganya jauh lebih mahal pun mengalami masalah serupa. Kekurangan ini juga tidak terlalu terasa jika pengguna tidak secara sengaja mencoba memperhatikan hal tersebut.

Review Kamera Oppo F1 Plus

Sama halnya dengan Oppo F1s, untuk Oppo F1 Plus ini dipasangkan modul kamera utama dengan sensor 13 MP f/2.2 didukung oleh fitur PDAF serta LED flash. Kamera depannya mengadopsi sensor 16 MP f/2.0 tanpa auto-focus. Kemampuan kamera utama untuk kondisi low-light cukup menyita perhatian meski tidak terlalu istimewa untuk ponsel yang memposisikan diri sebagai “Selfie Expert”.

Harga Oppo F1 Plus Kelebihan dan kekurangan

Yang menarik dari kamera sekunder Oppo F1 Plus adalah komposisi warna yang berimbang, bahkan kala tingkat kontras latar belakangnya cukup tinggi sekalipun.

Meski kamera sekundernya tak sebaik ponsel selfie lain seperti HTC Desire EYE namun ia tetap yang terbaik di kelasnya.

Hal yang disayangkan adalah belum tersedianya fitur OIS yang cukup vital untuk ukuran smartphone sebesar ini, terutama kala digunakan untuk merekam video.

Interface kamera-nya sama seperti pada Oppo F1 yang sudah dibahas sebelumnya.
Sementara hal yang baru adalah kamera 13 MP di bagian belakang, dalam pengujian ia menghasilkan kualitas foto yang meski kala dilihat dengan layar ponsel cenderung oversaturated namun kala ditampilkan di PC ternyata tidak demikian.

Fitur PDAF yang menyertainya memang terbukti mempersingkat waktu yang dibutuhkan utuk mengunci sebuah obyek, sayangnya pada saat yang bersamaan foto-foto yang dihasilkan dengan mengaktivasi fitur tersebut cenderung kaya noise.

Gejala noise kembali terasa kuat kala digunakan di dalam ruangan dan malam hari, sebenarnya dengan mode Ultra HD terlihat ada peningkatan detil yang lumayan tapi ketiadaan fitur OIS membuatnya tidak optimal sebab proses pengambilan foto pada mode ini memerlukan waktu beberapa detik.

Harga Oppo F1 Plus
Putih
Harga HP Oppo F1 Plus
Jual HP Oppo F1 Plus

Kesimpulan Review dan Harga Oppo F1 Plus

Tak heran jika sampai saat ini popularitas ponsel Oppo seri F ini masih demikian tinggi, terutama di kalangan kelompok usia muda. Bayangkan hanya dengan banderol Rp 5,5 Juta-an saja sudah didapat smartphone dengan kemampuan selfie di atas rata-rata ponsel sekelasnya. Pada segi lain seperti desain, build quality, daya tahan baterai, serta layar ia juga memberikan nilai lebih.

Harga Oppo F1 Plus Indonesia
Ponsel Oppo F1 Plus Bedah Harga dan Spesifikasi | Ponsel Dombort | 4.5