Review Xiaomi Redmi 7 Indonesia

Xiaomi Redmi 7: Apa yang Bisa Diharapkan dari Ponsel Harga Rp 1 Juta-an?

Xiaomi Redmi 7 dirilis hanya berselang beberapa bulan setelah Redmi Note 7, bedanya jika Redmi Note 7 diperuntukkan bagi kelas menengah maka Xiaomi Redmi 7 yang dibanderol dengan harga tak sampai Rp 2 Juta dimaksudkan sebagai entry level phone.

Redmi Note 7 tak diragukan lagi dari sisi value for money, apakah untuk Redmi 7 juga demikian? Dombort berusaha mengulasnya pada artikel kali ini dengan harapan membantu Anda dalam membuat keputusan beli.

Harga Xiaomi Redmi 7 dan Spesifikasi

Cek Harga Disini

Spesifikasi Xiaomi Redmi 7

OS MIUI 9 berbasis Android 9.0 (Pie)
Layar 6.26 inches, 720 x 1520 pixels, 19:9 ratio (~269 ppi density)
SoC Qualcomm SDM660 Snapdragon 632
GPU Adreno 506
RAM 2/3 GB
ROM 32/64 GB
Kamera Utama 12 MP, f/2.2, 1.25µm, PDAF
2 MP, depth sensor
Kamera Swafoto 8 MP, f/2.0, 1.12µm
Sensor Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass
Waterproofing
Baterai Non-removable Li-Po 4000 mAh battery
Dimensi 158.7 x 75.6 x 8.5 mm
Berat 180 g

Tampilan Elegan Xiaomi Redmi 7

Sejauh ini janji Xiaomi memang terbukti dipenuhi, kala merilis Redmi Note 7 beberapa waktu lalu sang produsen menjanjikan bahwa perbaikan desain bakal menjadi salah satu prioritas mereka mulai tahun ini dan ternyata Redmi 7 turut kecipratan janji itu.

Bobotnya memang terasa lebih berat dibanding para pendahulunya, tampaknya penambahan bobot ini merupakan konsekuensi dari baterai berkapasitas besar yang ditanamkan di dalamnya.

Meski bobotnya bertambah tapi ada penambahan lain yang pasti bakal diapresiasi yaitu bentang layar yang terbilang lebar untuk ponsel sekelas ini.
Dimensi bezel yang sangat tipis memberi kontribusi berarti bagi peningkatan bentang layar Redmi 7.

Kualitas Layar Xiaomi Redmi 7

Untuk sebuah ponsel yang banderol harganya tak sampai Rp 2 Juta Xiaomi Redmi 7 terlihat apik dan elegan bahkan menurut penilaian subjektif Dombort penampilan Xiaomi Redmi 7 jauh lebih elegan dibanding Samsung Galaxy M10 yang juga bermain di segmen entry level.

Kedua ponsel itu (Xiaomi Redmi 7 dan Samsung Galaxy M10) memang sama-sama menggunaan material plastik, tapi kesan yang diperlihatkan keduanya bak bumi dengan langit.

Sekilas lalu jika tanpa memegang seolah handphone Xiaomi terbaru ini dibuat dengan material serat kaca berikut bingkai logam seperti ponsel lain yang harganya lebih mahal.

Desain Xiaomi Redmi 7

Tapi tak bisa dibohongi bahwa selama pemakaian beberapa hari saja sudah mulai muncul goresan-goresan di bagian belakang, kondisi yang umum dialami oleh ponsel dengan material plastik.

Sekedar catatan tambahan bagian belakang ponsel ini sudah dilapis oleh oleophobic coating yang meski tak bakal mampu menahan goresan tapi terbukti ampuh menjaga agar tak kusam oleh jari selama penggunaan.

Kualitas Layar Xiaomi Redmi 7

Beralih ke bagian depan layar dengan bentang 6.26 inch –nya sudah terlindung oleh Corning Gorilla Glass 5. Pada bagian atas sang produsen menerapkan desain “tetesan air” sebagai kompromi bagi pengguna yang anti dengan poni di atas layar ponsel.

Layar berteknologi LCD yang menampilkan resolusi 1520 x 720 pixels ini terlihat lebih cerah jika dibandingkan layar ponsel Redmi yang sudah-sudah.
Kala digunakan di luar ruangan layar ini masih bisa terbaca dengan baik, bahkan viewing angels -nya juga terbilang luas.

Kekurangannya terletak pada permukaan layar yang reflektif sehingga kadang terasa kurang nyaman kala digunakan di luar ruangan.

Layar Xiaomi Redmi 7 di Luar Ruangan

Gejala kedipan layar mulai muncul pada frekuensi 100 Hz dengan tingkat kecerahan 20% atau lebih rendah.
Artinya pengguna dengan mata sensitif sekalipun takkan menyadari gejala layar berkedip pada layar Xiaomi Redmi 7.

Pada sisi lain layar ini membutuhkan waktu cukup lama untuk menampilkan perubahan warna dari hitam ke putih yaitu 26 milidetik dan untuk perubahan dari abu-abu 50% ke 80% tercatat waktu 25 milidetik.
Kondisi ini takkan berpengaruh untuk penggunaan harian namun jelas menimbulkan gejala membayang kala digunakan bermain game.

Performa Xiaomi Redmi 7

Bertanggung jawab atas performa ponsel seharga kurang dari 2 Jutaan ini adalah Snapdragon 632 yang memang diperuntukkan bagi ponsel entry level.
Untuk memaksimalkan kerja prosesor maka Xiaomi menempatkan RAM berkapasitas 3 GB.

Kombinasi keduanya terbukti tangguh menjalankan berbagai aplikasi harian tanpa muncul gejala lag ataupun loading aplikasi yang kelewat lama.

Untuk menjelajah di dunia maya browsing Dombort tak menemukan adanya kendala kecuali memunculkan gambar yang memang sedikit lama tapi masih dalam batas wajar.

Sebaliknya untuk menjaankan game tidak mengejutkan jika game sekelas “PUBG Mobile” saja hanya bisa dijalankan pada setting grafis paling rendah.
Kalau sekedar mengisi waktu luang lebih baik pilih game yang lebih ringan seperti “Grand Mountain Adventure” atau “True Surf” yang bisa dijalankan dengan mulus oleh Xiaomi Redmi 7.

Snapdragon 632 sendiri sebenarnya memang dimaksudkan bukan untuk unggul di sektor performa tapi lebih pada efisiensi penggunaan daya baterai.

Seberapa Baikkah Kamera Xiaomi Redmi 7?

Tiba pada bagian yang paling sering menjadi pertanyaan utama saat akan membeli ponsel baru, yaitu seberapa baikkah kualitas dan performa kamera Xiaomi Redmi 7?

Kamera utama pada bagian belakang masih menggunakan sensor 12 MP yang sama seperti halnya Redmi 5 maupun Redmi 6. Bedanya kali ini didampingi oleh lensa kedua dengan sensor 2 MP untuk menciptakan efek bokeh.

Sedangkan kamera swafoto yang terletak di atas layar mengalami peningkatan dari yang sebelumnya hanya menggunakan sensor 5 MP kini menjadi 8 MP.

Sama halnya seperti kamera Redmi 6 maupun 5 pada dasarnya kamera utama Xiaomi Redmi 7 sanggup menghasilkan foto dengan kualitas layak untuk standar kamera ponsel yang harganya tak sampai Rp 2 Juta.

Dalam kondisi pencahayaan ideal yaitu di luar ruangan dalam kondisi cerah baik kualitas foto maupun reproduksi warnanya terlihat memuaskan.
Di dalam ruangan kinerja fokusnya tidak cukup handal dan kualitas fotonya memang menurun namun bisa bisa diapresiasi.

Foto Hasil Kamera Xiaomi Redmi 7

Review Kamera Xiaomi Redmi 7

Kala sekedar dinikmati dengan layar ponsel tak terlihat ada yang salah dengan foto-foto tersebut, namun saat dipindah ke layar lebih lebar seperti laptop atau TV barulah terlihat bahwa tingkat detilnya tak terlalu tinggi.

Kamera ponsel ini juga sudah dilengkapi dengan AI dan selama pengujian sanggup bekerja cukup akurat dalam mengenali beberapa situasi.

Sedangkan untuk kamera swafoto hasilnya cukup baik dibanding kompetitor sekelas, sudah layak jika sekedar hendak diunggah ke jejaring sosial.

Kamera Selfie Xiaomi Redmi 7

Hal menarik lainnya dari kamera Xiaomi Redmi 7 adalah kemampuannya dalam merekam video dengan resolusi maksimal 1080 pixels pada 30 fps yang ternyata selain sanggup bekerja cepat dan mulus hasilnya juga terbilang layak.

Lagi-lagi menurut pendapat subjektif Dombort kamera Xiaomi Redmi 7 sedikit lebih baik dibanding kamera Asus Zenfone Max M2.

Stamina Baterai

Xiaomi menanamkan baterai berkapasitas 4000 mAh untuk ponsel entry level -nya ini, dikombinasikan dengan Snapdragon 632 yang terkenal efisien memanfaatkan daya baterai hasilnya Xiaomi Redmi 7 sanggup bertahan selama dua hari untuk pemakaian normal ala Dombort.

Sementara itu dengan charger bawaannya diperlukan waktu 2 jam untuk pengisian daya dari 0-100%.

Apakah Xiaomi Redmi 7 Layak Beli?

Tak terlalu banyak pilihan potensial di kelas ini, saat artikel ini dibuat hanya Asus Zenfone Max M2 dan Samsung Galaxy M10 –lah alternatif yang paling pantas dipertimbangkan untuk segmen ini.

Samsung Galaxy M10 unggul di layanan purna jual serta performa, karena memang Exynos 7870 lebih bertenaga dibanding Snapdragon 632. Namun dari sisi penampilan Galaxy M10 jadi terlihat murahan kala dibandingkan Redmi 7.

Sementara itu Asus Zenfone M2 Max merupakan pilihan lebih baik bagi Anda yang tak mengidolakan tampilan antar muka MIUI dan pilih Android polosan, namun banderol harganya saat ini masih sedikit lebih mahal dibanding Xiaomi Redmi 7.

Ketiganya Dombort anggap layak dipertimbangkan tinggal sesuaikan dengan selera serta kebutuhan, yang jelas soal tampilan tak ada yang lebih baik dibanding Xiaomi Redmi 7.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Xiaomi Redmi 7
Author Rating
41star1star1star1stargray