Harga Realme 3 Pro dan Spesifikasi

Realme 3 Pro: Sudahkah Ideal Untuk Penggunaan Harian?

Realme 3 Pro konon merupakan ponsel paling “worth the money” menurut beberapa pengguna. Jika dibandingkan dengan Realme 3 memang terlihat ada peningkatan spesifikasi namun pasar yang dimasukinya tidaklah lenggang dari kompetisi sebab selain Redmi dan Asus ada pula Nokia dan Samsung yang kembali serius menggarap segmen kelas menengah.

Di Indonesia Realme 3 Pro dipasarkan dalam dua varian masing-masing mengusung kapasitas RAM 4 GB dengan ROM 64 GB yang dibanderol kurang dari Rp 3 Juta. Sementara untuk versi RAM 6 GB dan ROM 4 GB dilabeli harga sekitar 3,7 Jutaan. Jelas harga mendekati Rp 4 Juta itu tak lagi bisa dibilang murah, pertanyaannya benarkah ponsel ini sepadan dengan harganya alias “worth the money” sebagaimana diklaim beberapa pengguna?

Harga Realme 3 Pro dan Spesifikasi

Cek Harga Disini

Spesifikasi Realme 3 Pro

OS ColorOS 6 berbasis Android 9 (Pie)
Layar 6.3 inches, 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio (~409 ppi density)
SoC Qualcomm SDM710 Snapdragon 710 (10 nm)
GPU Adreno 616
RAM 4/6 GB
ROM 64/128 GB, microSD, up to 256 GB (dedicated slot)
Kamera Utama 16 MP, f/1.7, 1/2.6″, 1.22µm, Dual Pixel PDAF
5 MP, f/2.4, depth sensor
Kamera Swafoto 25 MP, f/2.0, 1/2.8″, 0.8µm
Sensor Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
Waterproofing
Baterai Non-removable Li-Ion 4045 mAh battery
Dimensi 156.8 x 74.2 x 8.3 mm
Berat 172 g

Desain dan Penampilan Realme 3 Pro

Secara garis besar penampilan Realme 3 Pro ini masih serupa dengan pendahulunya (Realme 2 Pro), perubahannya mungkin sebatas pada bodi bagian belakang yang lebih mengkurva dan berdampak lebih nyaman kala digenggam.

Baik untuk versi 3GB/64 GB maupun 6 GB/128 GB sama-sama mengandalkan material plastik, namun tampilannya sama sekali tak terkesan murahan.
Untuk warna yang tersedia di Indonesia saat tulisan ini diterbitkan hanya ada lightning purple dan nitro blue, sedangkan warna carbon grey tak Dombort temukan di pasaran entah belum tersedia atau memang tak tersedia untuk pasar Indonesia.

Gradasinya sendiri terlihat unik sebab alih-alih hanya menampilkan efek gradasi horizontal Anda bisa perhatikan bahwa efek yang ditampilkan pada bodi bagian belakang ponsel ini seolah membentuk huruf “S”.

Review Realme 3 Pro Indonesia

Bobotnya terbilang ringan yaitu 172 gram hingga tak terasa melelahkan kala berlama-lama menggunakan atau terasa mengganggu kala dimasukkan ke dalam saku.

Satu-satunya kelemahan Realme 3 Pro dari sisi desain terletak pada permukaan yang cenderung licin kala digenggam serta mudah menyisakan noda jari tangan selama digunakan.

Kualitas Layar Realme 3 Pro

Mengusung layar dengan bentang 6.3 inch berteknologi IPS dan resolusi setara Full HD+ bisa dilihat bahwa reproduksi warnanya alamiah, tajam serta terlihat hidup.
Untuk Realme 3 Pro ini sang produsen menerapkan poni model “V” yang berkesan lebih elegan jika dibanding model “U” sebagaimana diterapkan pada Samsung Galaxy seri M atau beberapa ponsel merek Vivo.

Jika membandingkan Realme 3 Pro vs Realme 2 Pro dari fitur layar kentara sekali perbedaan signifikan. Layar Realme 2 Pro warnanya tidak sebaik dan setajam penerusnya. Tapi dalam beberapa hal masih ada “warisan” yang belum disempurnakan seperti warna yang cenderung kekuning-kuningan serta warna merah yang cenderung menjadi maroon.

Kualitas Layar Realme 3 Pro Indonesia

Terlepas dari kekurangan tersebut masih layak menyebut bahwa layar Realme 3 Pro adalah salah satu yang terbaik di segmennya.

Tampilan Antar Muka dan Performa Realme 3 Pro

Tampilan antar muka Realme 3 Pro nyaris sama persis dengan Realme 3 yang sudah Dombort bahas pada terbitan sebelumnya.

Bertanggung jawab atas kegegasan ponsel ini adalah Snapdragon 710, jika Anda sudah membaca perbandingan Snapdragon 675 vs Snapdragon 710 tentu sudah langsung bisa menebak apa keunggulan Realme 3 Pro dibanding kompetitor sekelasnya. Setidaknya secara teoritis.

Untuk kepentingan ulasan ini sendiri dipilih versi RAM 6 GB dan ROM 128 GB yang ditebus dengan uang sebesar Rp 3,7 Juta kurang sedikit.

Pada penggunaan selama lebih kurang lima pekan nyaris tak diketemukan kendala kegegasan pada Realme 3 Pro. Memang kadang terasa melambat kala menjalankan aplikasi berat namun masih dalam batas wajar untuk standar ponsel di kisaran harga ini.

Kemampuannya melakukan multi tugas (multi tasking) terasa sangat baik dan tidak pernah terjadi kenaikan suhu yang tidak wajar.

Memang CPU pada Snapdragon 710 ini tak sebaik Snapdragon 675 yang lebih modern, uji AnTuTu juga sudah menunjukkan kondisi tersebut. Namun untuk kemampuan grafis Snapdragon 710 yang menggunakan Adreno 616 lebih menjanjikan.

Kala menjalankan “PUBG Mobile” dengan setting grafis “high” tak diketemukan kendala, namun untuk tingkat grafis “ultra” memang terlihat kesulitan.

Seperti Apa Performa dan Kualitas Kamera Realme 3 Pro

Pada generasi sebelumnya kamera Realme tidak bisa dibilang istimewa jika dibanding kompetitor sekelas, sebut saja Xiaomi dan Asus.
Tapi dalam berbagai promosinya Realme tampak begitu percaya diri dengan kemampuan kamera produk-produk terbarunya hingga membuat Dombort penasaran.

Kamera utama Realme 3 Pro mengandalkan sensor Sony IMX519 16 MP dengan aperture f/1.7 didampingi oleh sensor 5 MP sebagai sensor kedua.
Sensor kedua ini sekedar berfungsi menciptakan efek bokeh, bukan lensa lebar seperti milik Samsung Galaxy M20.

Di segmen ini sendiri menurut Dombort sampai sekarang predikat handphone dengan kamera terbaik masih layak disandang oleh Redmi Note 7, nah bagaimana dengan kamera Realme 3 Pro?

Di luar ruangan dengan kondisi pencahayaan ideal (cerah) ternyata kamera utamanya sanggup menghasilkan foto yang memiliki kontras berimbang.
Kekurangannya terletak pada dynamic range, memang bisa diatasi menggunakan mode “Chroma Boost” tapi lantas saturasinya tidak terlihat alamiah.

Mode foto malam hari juga menghasilkan kualitas foto yang lumayan baik untuk standar ponsel kisaran harga ini.

Review Kamera Realme 3 Pro Indonesia

Kualitas Kamera Realme 3 Pro Indonesia

Foto Hasil Kamera Realme 3 Pro Indonesia Malam Hari

Singkatnya meski kamera Realme 3 Pro mengalami peningkatan signifikan dibanding pendahulunya masih belum sanggup menyamai Redmi Note 7 terutama dari sisi dynamic range dan reproduksi warna.

Efek bokeh yang diciptakan lewat sensor kedua terlihat cukup baik dalam memisahkan antara subjek utama dengan latar belakang. Tapi lagi-lagi kamera Redmi Note 7 masih lebih baik.

Lalu pernahkah kamera Realme 3 Pro mengalahkan kamera Redmi Note 7?
Ada!
Tepatnya pada kamera swafoto dimana kamera dengan sensor 25 MP milik Realme 3 Pro ini mampu menghasilkan foto dengan ketajaman dan tingkat detil lebih baik dibanding kamera swafoto miliki Redmi Note 7.

Stamina Baterai

Ponsel terbaru Realme ini dijejali dengan baterai berkapasitas 4045 mAh dimana kala digunakan sepenuhnya menjalankan “PUBG Mobile” staminanya berkurang dari 100% menjadi 40% dalam waktu dua jam.

Screen on time -nya sendiri mencatat waktu selama 5 jam.
Dengan kata lain Anda tak perlu mengkhawatirkan stamina baterainya untuk penggunaan normal harian.

Karena masih satu payung perusahaan maka tak mengherankan jika Realme 3 Pro memanfaatkan teknologi VOOC 3.0 milik Oppo yang dalam 20 menit pengisian daya sudah mengisi ulang daya baterai dari 0% ke 35%.
Untuk pengisian penuh sendiri hanya diperlukan waktu sekitar 80 menit.

Apakah Realme 3 Pro Sepadan dengan Harganya?

Sah-sah saja jika ada pengguna yang menyebut Realme 3 Pro “worth the money” sebab penilaian semacam ini memang sangat subjektif.

Harga Realme 3 Pro dan Spesifikasi

Cek Harga Disini

Meski mengakui bahwa Realme 3 Pro adalah salah satu pilihan terbaik di rentang harga Rp 3-4 Jutaan namun kalau bicara “worth the money” Dombort sendiri memilih Xiaomi Redmi Note 7 yang meski hanya memiliki RAM 4 GB tapi tak terasa kalah gegas pada penggunaan sehari-hari.

Di rentang harga ini sendiri masih ada juga Samsung Galaxy A30, Samsung Galaxy A50 dan Xiaomi Mi 8 Lite silakan pertimbangkan baik-baik sebelum menggesek kartu ATM Anda.

Update: menurut masukkan beberapa pembaca setia Dombort setelah update firmware versi 14 kamera Realme 3 Pro lebih baik dibanding Xiaomi Redmi Note 7. Namun Dombort sendiri belum membuktikan sendiri karena unit Realme 3 Pro saat ini sudah berpindah tangan.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Realme 3 Pro
Author Rating
31star1star1stargraygray