Vivo V15 Pro Review

Vivo V15 Pro Berkamera Popoup Layakkah Ditebus Seharga Rp 5 Juta-an?

Vivo V15 Pro yang bertugas menggantikan Vivo V11 Pro mencoba tawarkan alternatif lain bagi pengguna anti poni yaitu mengaplikasikan kamera depan dengan model motorized popup. Soal eksperimen dengan desain sejak awal Oppo dan Vivo memang terkenal berani.

Banderol harga Vivo V15 Pro tidaklah bisa disebut murah karena saat artikel ini diterbitkan saja di pasaran harganya tak kurang dari Rp 5,7 Jutaan dengan mengusung RAM sebesar 6 GB dan kapasitas memori internal 128 GB. Kira-kira cukup sepadankah sejumlah uang tersebut untuk ditukar dengan Vivo 15 Pro?

Harga Vivo V15 Pro dan Spesifikasi

Cek Harga Disini

 

Spesifikasi Vivo V15 Pro

OS FunTouch 9 berbasis Android 9 (Pie)
Layar 6.39 inches, 1080 x 2316 pixels (~404 ppi density)
SoC Qualcomm SDM675 Snapdragon 675 (11 nm)
GPU Adreno 612
RAM 6 GB
ROM 128 GB, microSD, up to 256 GB (dedicated slot)
Kamera Utama 48 MP, f/1.8, (wide), 1/2″, 0.8µm, PDAF
8 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide)
5 MP, f/2.4, depth sensor
Kamera Swafoto Motorized pop-up 32 MP, f/2.0, 0.8µm
Sensor Fingerprint (under display), accelerometer, gyro, proximity, compass
Waterproofing
Baterai Non-removable Li-Po 3700 mAh battery
Dimensi 157.3 x 74.7 x 8.2 mm
Berat 185 g

Desain dan Tampilan Vivo V15 Pro

Penampilan Vivo V15 Pro terkesan modis dan menarik lewat dua pilihan warna yaitu Coral Red dan Topaz Blue meski yang kedua cukup sulit ditemukan di pasaran. Keduanya sama-sama menerapkan efek gradasi seperti kebanyakan ponsel masa kini.

Meski modis sayangnya ponsel ini juga relatif licin kala digenggam solusinya tentu saja memasangkan hard case bawaan, meski bakal mengurangi nilai estetika namun memberi rasa aman selama penggunaan.

Layarnya yang memiliki bentang 6,39 inch terlihat lapang karena minus poni, meski pemindai sidik jari masih ditempatkan di layar namun penempatannya terkesan tak mengurangi luas layar berteknologi Super AMOLED tersebut.

Kualitas Layar Vivo V15 Pro

Layar yang menampilkan tingkat resolusi 1080 x 2340 pixels tersebut sanggup menampilkan gambar dan warna yang tajam dan hidup.
Tapi tingkat kecerahan otomatis (auto brightness) –nya kerap tidak terasa pas menyesuaikan dengan kondisi pencahayaan sekitar sehingga beberapa kali Dombort harus mengatur secara manual, cukup menganggu.

Kelemahan lain dari Vivo V15 Pro adalah masih digunakannya port USB tipe B padahal untuk ukuran ponsel keluaran tahun 2019 dengan harga lebih dari Rp 5 Juta sewajarnya pihak pabrikan menerapkan port USB tipe C.

Kamera depan dengan motorized popup -nya terletak di sisi kanan atas jika Anda menghadap ke layar. Penempatannya menyatu dengan tiga lensa kamera utama yang seperti biasa tentu saja terletak di bagian belakang.

Vivo V15 Pro Review

Kala kamera depannya diaktifkan maka muncul efek suara mesin (motor), jika terasa mengganggu tersedia opsi untuk menonaktifkan suara tersebut. Meski masih terdengar suara kala kamera muncul/tenggelam namun tidak sekeras kala efek suara dalam posisi aktif.

Dombort hanya sempat menggunakan Vivo V15 Pro ini selama lima pekan, selama penggunaan itu tak ditemukan masalah pada kinerja motor.

Walau demikian harus dipahami bahwa ponsel dengan mekanisme kamera semacam ini umumnya tidak bertahan selama ponsel dengan kamera konvensional (menyatu).
Bukan bermaksud menakut-takuti tapi sekedar memberikan masukkan sebagai bahan pertimbangan saja.

Performa Vivo V15 Pro

Ponsel ini ditenagai oleh SoC Snapdragon 675 buatan Qualcomm didampingi dengan RAM sebesar 6 GB.

Paduan tersebut terbukti tangguh menangani penggunaan harian, multitasking bahkan game berat sekalipun.
Vivo sendiri mengatur ponsel ini secara sangat rutin membersihkan cache untuk mengoptimalkan penggunaan RAM.

Tak ada keluhan di sektor performa atau kegegasan, tampilan antar muka FunTouch sendiri juga tak dijejali dengan banyak bloatware.

Kualitas dan Performa Kamera Vivo V15 Pro

Di bagian belakang ponsel terbaru keluaran Vivo untuk kelas menengah ini menggunakan tiga lensa kamera masing-masing dengan sensor 48 MP, 8 MP dan 5 MP.

Untuk menggunakan resolusi maksimal (48 MP) sendiri harus diatur secara manual dan akan nonaktif secara otomatis kala dalam mode tertentu misalnya mode panorama atau malam hari.
AI yang melengkapi kamera ini akan memberikan saran untuk hasil terbaik namun keputusan akhir tetap di tangan pengguna yang bersangkutan.

Pada beberapa percobaan meski secara otomatis sebenarnya sudah disediakan mode pengambilan foto malam hari namun mode manual dengan memanfaatkan sensor 48 MP sanggup menghasilkan kualitas foto yang lebih baik.

Seringkali kala hanya pasrah pada mode otomatis foto-foto yang dihasilkan cederung overexposed.

Mode 48 MP –nya sendiri menurut Dombort sanggup menghasilkan kualitas istimewa, warna yang dihasilkan terlihat alamiah tidak mencolok seperti kebanyakan ponsel akhir-akhir ini.

Anda bisa beralih ke lensa lainnya, misalnya lensa sudut lebar jika memang diperlukan. Tapi kalau bicara kualitas bagaimanapun mode 48 MP terlihat superior dibanding dua lensa lainnya.

Foto Hasil Kamera 48 MP Vivo V15 Pro
Diambil dengan Kamera 48 MP

Contoh Hasil Kamera Vivo V15 Pro

Foto Hasil Kamera Lensa Lebar Vivo V15 Pro
Diambil dengan Kamera Lensa Lebar
Hasil Kamera Portrait Vivo V15 Pro
Portrait dengan Kamera 5 MP
Hasil Kamera Mode Manual Vivo V15 Pro
Diambil dengan Kamera 48 MP Manual

Sementara itu untuk kamera swafoto 32 MP dengan motorized popup-nya sanggup menghasilkan swafoto yang cukup baik selama kondisi pencahayaannya ideal. Dombort sendiri lebih suka menonaktifkan fitur AI beautification untuk mempertahankan detil di foto-foto tersebut.

Stamina Baterai

Vivo menempatkan baterai dengan kapasitas 3700 mAh untuk V15 Pro ini, meski tidak terkesan istimewa dibanding kompetitor tapi nyatanya bisa bertahan selama sehari untuk penggunaan intensif dan bahkan sedikit lebih untuk penggunaan norma ala Dombort.

Proses pengisian ulang daya baterai juga terbilang cepat. Kala daya baterai tersisa 5% hanya memerlukan waktu sekitar 2 jam 17 menit untuk pengisian ulang hingga kapasitas maksimal (100%).

Review Vivo V15 Pro

Layak Beli atau Tidakkah Vivo V15 Pro?

Untuk harga Rp 5,7 Juta-an Vivo V15 Pro jelas adalah salah satu pilihan terbaik.
Desainnya elegan, kegegasannya tanpa komplain, kamera utama maupun kamera swafoto juga sama-sama baik.

Harga Vivo V15 Pro dan Spesifikasi

Cek Harga Disini

Memosisikan sebagai pembeli sedikit kekhawatiran Dombort terletak pada seberapa lamakah mekanisme kamera depannya sanggup bertahan.

Selain itu untuk harga tersebut Vivo V15 Pro berhadapan dengan Samsung Galaxy A70 yang dari sisi layanan purna jual masih lebih sanggup memberi rasa aman ketimbang Vivo.
Tapi pilihannya tentu kembali ke tangan Anda.