Review Oppo Reno Indonesia

Oppo Reno Memang Bukan Sekedar Flagship Ala ala

Oppo Reno diposisikan sebagai seri flagship oleh pembuatnya. Sama halnya seperti Samsung Galaxy S10 yang ditawarkan dalam tiga pilihan maka Oppo Reno pun tersedia dalam varian Oppo Reno 5 G, Oppo Reno 10x Zoom dan Oppo Reno standar.

Dari ketiga varian Oppo Reno hanya yang kedua dan ketiga lah yang masuk ke pasar Indonesia, dan untuk ulasan kali ini Dombort akan mengulas varian ketiga yaitu standar yang dijual dengan kisaran harga Rp 7 Juta-an.

Harga Oppo Reno dan Spesifikasi

Cek Harga Disini

Spesifikasi Oppo Reno

OS ColorOS 6 berbasis Android 9 (Pie)
Layar 6.4 inches, 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio (~402 ppi density)
SoC Qualcomm SDM710 Snapdragon 710 (10 nm)
GPU Adreno 616
RAM 6 GB
ROM 256 GB
Kamera Utama 48 MP, f/1.7, 26mm (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF
5 MP, f/2.4, depth sensor
Kamera Swafoto Motorized pop-up 16 MP, f/2.0, 26mm (wide)
Sensor Fingerprint (under display), accelerometer, gyro, proximity, compass
Waterproofing
Baterai Non-removable Li-Po 3765 mAh battery
Dimensi 156.6 x 74.3 x 9 mm
Berat 185 g

Desain dan Penampilan Oppo Reno

Oppo Reno ditawarkan dalam dua pilihan warna yaitu “Jet Black” dan “Ocean Green”. Keduanya terlihat elegan dengan lapisan Corning Gorilla Glass 6 di bagian depan dan desain mengkurva pada sisi belakang.
Kelemahannya ponsel ini cenderung licin dalam genggaman jika tidak menggunakan casing bawaan yang disertakan dalam paket penjualan.

Sama halnya seperti Vivo V15 Pro dalam upaya memaksimalkan tampilan layar maka Oppo Reno menerapkan mekanisme pop up untuk kamera depan.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno

Mengenai daya tahannya pihak produsen menjelaskan bahwa mekanisme ini dirancang untuk bisa bertahan hingga penggunaan sebanyak 200.000 kali.
Artinya jika dalam sehari Anda menggunakan kamera depan katakanlah sampai 20 kali pun maka mekanisme kamera ponsel ini sanggup bertahan lebih dari 27 tahun.

Proses buka tutup kamera tersebut juga tidak sampai satu detik, tepatnya 0,8 detik.

Pada bagian depan didominasi oleh layar berteknologi AMOLED dengan ukuran bentang 6.4 inch dan resolusi 2340 x 1080 pixels.

Layar Oppo Reno tak hanya lebar, beresolusi tinggi serta menampilkan warna sempurna khas AMOLED saja tapi juga sudah dilengkapi dengan blue filter lebih dari 56% sehingga mampu mengurangi rasa pedih pada mata akibat terlalu lama menantap layar.
Gejala ini biasanya dialami oleh Anda yang gemar membaca e-book dengan ponselnya terlebih di malam hari dengan kondisi lampu padam.

Kualitas Layar Oppo Reno

Dari sisi desain hampir semua yang ada pada ponsel ini pantas dikagumi, satu-satunya kekurangan adalah desain tersebut belum memenuhi standar IP68.

Memang harganya yang di kisaran 7-8 Jutaan setara dengan ponsel kelas menengah merek lain, tapi untuk sebuah ponsel kelas flagship rasanya kebanyakan calon konsumen akan berharap terpenuhinya standar IP68 tersebut.

Performa Oppo Reno

Meski diposisikan sebagai flagship model performa kegegasan Oppo Reno dipercayakan pada SoC kelas menengah yaitu Snapdragon 710 buatan Qualcomm dan didampingi oleh RAM berkapasitas 6 GB.

SoC Snapdragon 710 sendiri merupakan prosesor yang mengedepankan keseimbangan antara kegegasan dengan efisiensi penggunaan daya baterai.
Snapdragon 710 pada tahun lalu juga dipilih untuk ditanamkan pada Oppo R17 Pro.

Untuk penggunaan sehari-hari ponsel yang menjalankan sistem operasi ColorOS berbasis Android 9.0 Pie ini berjalan mulus baik dalam membuka aplikasi, menjalankan maupun multitasking.

Game yang diuji cobakan yaitu “PUBG Mobile” juga mampu dijalankan cukup mulus pada tingkat grafis medium maupun high.

Kualitas dan Performa Kamera Oppo Reno

Meski kameranya tak seistimewa Oppo Reno 10x Zoom namun dalam kampanye pemasarannya Oppo Reno versi standar ini disebut-sebut memiliki kamera dengan kemampuan istimewa untuk pemotretan malam hari (night photography).

Oppo menempatkan dua lensa kamera utama masing-masing dengan sensor Sony IMX586 48 MP dan sensor 5 MP.

Sensor 48 MP yang digunakan oleh Reno jelas berbeda dari sensor Samsung GM1 yang digunakan pada Xiaomi Redmi Note 7 misalnya.
Jadi ekspektasi Dombort terhadap kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera Oppo Reno ini sejak awal memang cukup tinggi.

Sensor ini juga digunakan oleh Oppo Reno 10x Zoom dan selama pengujian hasilnya memang tak mengecewakan.
Pada kondisi pencahayaan ideal di luar ruangan foto-foto hasil kamera utama Oppo Reno terlihat tajam, menampilkan tingkat detil tinggi, warna alamiah serta tingkat exposure maupun white balance yang stabil.

Untuk pemotretan malam hari ponsel ini dibantu oleh Ultra Night Mode versi 2.0 yang bertujuan menjaga stabilitas kamera selama proses pemotretan ditambah sedikit koreksi untuk mengoptimalkan hasil.

Berbeda dari kebanyakan kamera ponsel yang pada pemotretan malam hari melakukan manipulasi untuk meningkatkan kecerahan sehingga warna yang dihasilkan jadi berbeda dengan warna sebenarnya, untuk Oppo Reno pencahayaan tersebut lebih mendekati warna aslinya.

Sedangkan sensor kedua sanggup menciptakan efek bokeh yang alamiah, dengan pemisahan antara subjek utama dan latar belakang yang baik.

Foto Hasil Kamera Oppo Reno

Review Kamera Oppo Reno

Kualitas Kamera Oppo Reno

Beralih ke kamera swafoto dengan sensor 16 MP dan mekanisme unik mirip sirip hiu.
Kamera ini memiliki nilai aperture f/2.0 dengan lebar lensa 26 mm yang ideal untuk foto group selfies

Foto-foto yang dihasikan oleh kamera depan Oppo Reno menampilkan warna kulit wajah yang mendekati akurat.

Secara keseluruhan bisa disebut bahwa kualitas kamera Oppo Reno sangat memuaskan untuk standar ponsel harga Rp 7 Jutaan.

Stamina Baterai

Ponsel Oppo terbaru ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 3765 mAh yang mampu bertahan selama sehari penuh dengan penggunaan normal ala Dombort termasuk streaming YouTube, memfoto dan merekam video.

Dengan fitur VOOC 3.0 yang sanggup mengisi daya baterai hingga 50% hanya dalam waktu 20 menit saja.
Kalau Anda perhatikan biasanya pada proses pengisian daya baterai prosesnya melambat ketika mendekati penuh (fully charged), versi terbaru VOOC ini sanggup mengantisipasi kondisi tersebut sehingga pengisian ulang daya pada 10% terakhir menjadi lebih cepat.

Sayangnya Reno belum mendukung pengisian ulang daya baterai secara nirkabel (wireless), untuk ukuran ponsel keluaran tahun ini rasanya ketiadaan fitur semacam ini cukup mengecewakan.

Penilaian Dombort untuk Oppo Reno

Untuk harga mendekati Rp 8 Juta-an Oppo Reno adalah salah satu ponsel terbaik yang pantas dipertimbangkan.

Harga Oppo Reno dan Spesifikasi

Cek Harga Disini

Namun dengan menyandang predikat sebagai flagship phone masih ada dua kekurangan Reno yaitu desain yang belum berstandar IP68 serta ketiadaan fitur pengisian ulang daya baterai secara nirkabel.

Bagaimanapun dengan mempertimbangkan desain inovatif, performa gegas, kamera istimewa serta proses pengisian ulang daya baterai sangat singkat Dombort sendiri menilai kedua kekurangan di atas bisa diabaikan.
Jadi untuk harga mendekati Rp 8 Juta Oppo Reno sangat pantas dibeli.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Oppo Reno
Author Rating
41star1star1star1stargray