Realme C2 Indonesia

Realme C2 Ponsel Gaming Jempolan Harga Sejutaan?

Realme C2 mungkin adalah ponsel kelas Rp 1 Jutaan yang paling menarik untuk saat ini. Bukan saja karena tampilannya tak berkesan murah tapi ponsel ini juga menjanjikan kemampuan menjalankan game serta kualitas kamera melebihi standar harganya.

Usia Realme memang masih belia, belum lama sub merek Oppo ini meramaikan bursa ponsel namun untuk harga sejutaan rasanya tak perlu banyak mempertimbangkan mengenai berapa tahun ponsel ini tahan uji.

Harga Realme C2 dan Spesifikasi

Cek Harga Disini

Spesifikasi Realme C2

OS ColorOS 6 Lite berbasis Android 9 (Pie)
Layar 6.1 inches, 720 x 1560 pixels, 19.5:9 ratio (~282 ppi density)
SoC Mediatek MT6762 Helio P22 (12 nm)
GPU PowerVR GE8320
RAM 2/3 GB
ROM 16/32 GB
Kamera Utama 13 MP, f/2.2, 1.12µm, PDAF
2 MP, f/2.4, 1.75µm, depth sensor
Kamera Swafoto 5 MP, f/2.0, 1/5″, 1.12µm
Sensor Accelerometer, proximity, compass
Waterproofing
Baterai Non-removable Li-Po 4000 mAh battery
Dimensi 154.3 x 73.7 x 8.5 mm
Berat 166 g

Desain dan Penampilan Realme C2

Seperti disinggung di atas bahwa penampilan Realme C2 jauh dari kesan murahan, meski masih mengandalkan material polikarbonat yang tak se-elegan serat kaca atau aluminum namun desain serta build quality-nya benar-benar tak mengecewakan.

Bagian belakangnya bukan saja unik dengan ornamen potongan berlian tapi juga dilapis permukaan doff yang menjadikannya tak mudah kotor akibat noda jari serta tidak licin selama digunakan.

Desain Realme C2

Meski banderolnya tak sampai Rp 1,5 Juta namun sang produsen tetap mengikuti perkembangan jaman dengan memberikan dua lensa pada kamera utama di bagian belakang, tentu sudah pasti didukung pula oleh lampu kilat (flash).

Kualitas Layar Realme C2

Pada bagian depan terlihat layar dengan bentang 6.1 inch yang sudah terlindung oleh Corning Gorilla Glass 3.

Untuk standar ponsel harga ini tampilan layarnya termasuk baik dengan tingkat kontras ideal serta reproduksi warna alamiah. Bahkan sudut pandang (viewing angles) –nya pun terbilang luas.

Kelemahan layar ini hanya terlihat pada tingkat kecerahan yang masih belum ideal untuk digunakan di luar ruangan, meski demikian masih tetap bisa terbaca dengan baik.

Kualitas Layar Realme C2

Performa Harian dan Gaming

Kerap disebut bahwa Realme C2 sangat ideal dijadikan sebagai ponsel game bagi konsumen dengan anggaran terbatas, benarkah demikian?

Bertanggung jawab atas performa ponsel ini sendiri adalah Helio P22 yang secara teoritis lebih bertenaga dibandingkan Snapdragon 450.
Sementara untuk kapasitas RAM sendiri Anda bisa memilih antara Realme C2 3 GB atau 2 GB dengan selisih harga beberapa ratus ribu Rupiah.

Untuk penggunaan harian sendiri tanpa menambah aplikasi dari yang sudah ada sebelumnya Realme C2 menunjukkan kegegasan yang baik, mulus tanpa gejala lag.

Sementara itu untuk menjalankan game PUBG memang bisa berjalan dengan diserta gejala frame drops namun tidak sampai pada kondisi yang mengganggu.
Artinya tidak ideal tapi kalau mau dipaksa ya tetap bisa.

Ponsel ini juga belum dilengkapi dengan pemindai sidik jari, sebagai gantinya sang produsen mengandalkan AI Facial Unlock.
Dalam kondisi normal dengan pencahayaan ideal hanya diperlukan waktu tak lebih dari 0.3 detik untuk melakukan unlock tapi saat gelap maka fitur ini menjadi tidak terasa ideal.

Cara lama seperti draw pattern atau menggunakan angka PIN rasanya lebih ideal dibanding AI Facial Unlock-nya.

Kualitas dan Performa Kamera Realme C2

Kelebihan dan Kekurangan Realme C2

Dibekali dengan kamera utama berlensa ganda masing-masing mengandalkan sensor 13 MP dan 2 MP untuk pemotretan luar ruangan dengan kondisi cahaya optimal kualitas foto yang dihasilkan terlihat baik.

Tingkat detil untuk objek yang tak terlalu jauh masih terlihat tinggi namun untuk objek yang lebih jauh bisa dilihat bahwa tingkat detinya berkurang.
Selain itu tingkat exposure kamera Realme C2 juga tidak cukup konsisten.

Pada mode portrait dengan bantuan lensa kedua ternyata kinerja auto-focus -nya tak sebaik yang diharapkan. Cukup sering fitur tersebut terlihat kesulitan mengunci subjek utama.

Hasil Foto Kamera Realme C2

Hasil Foto Indoor Kamera Realme C2

Hasil Foto Makro Kamera Realme C2

Kamera utama ponsel ini mampu merekam video slo-mo dengan resolusi 480 pixels pada 80 fps, meski terdengar sebagai sebuah kemewahan pada sebuah ponsel harga sejutaan tapi Dombort mendapati kerap terjadi gejala freezing alias mandeg selama proses perekaman.

Untuk perekaman video pada resolusi 720 dan 1080 pixels sendiri hasilnya lumayan tapi berhubung tidak ada fitur video stabilization maka Anda harus ekstra berhati-hati selama proses perekaman kalau tidak ingin hasilnya kurang enak dinikmati.

Sementara itu untuk kamera swafoto dengan sensor 5 MP di bagian depan foto yang dihasilkan terlihat lebih tajam dari kamera ponsel lain. Pada satu sisi terlihat sebagai sebuah keunggulan namun pada sisi lain artinya bekas jerawat di wajah jadi terlihat lebih jelas ketimbang yang sebenarnya.

Untunglah kondisi ini biasa diatasi dengan mengaktifkan fitur AI pada tingkat yang direkomendasikan, hasilnya warna kulit terlihat lebih alamiah dan tingkat ketajaman gambar juga tak tampak berlebihan.
Namun kala mengubah AI di tingkat maksimal maka olah fotonya terlihat berlebihan, menghilangkan kesan alamiah.

Penilaian Dombort untuk Realme C2

Untuk harga tak sampai Rp 1,5 Juta Dombort menilai bahwa Realme C2 versi 2 GB sangat layak dipertimbangkan bagi Anda yang hendak membeli handphone dengan kisaran harga sejutaan.

Harga Realme C2 dan Spesifikasi

Cek Harga Disini

Desainnya istimewa, demikian pula dengan build quality -nya. Dari sisi perangkat keras maupun sistem operasi juga terlihat bahwa Realme tak menggunakan produk keluaran lawas untuk Realme C2 ini.

Kameranya memang memiliki beberapa kekurangan tapi untuk standar harga tak sampai Rp 1,5 Juta sebenarnya kamera ponsel ini juga termasuk sangat baik.

Bagi penggemar game rasanya mau tak mau harus menjatuhkan pilihan pada Realme C2 3 GB namun dengan harga menyentuh Rp 1,5 Juta lebih beberapa puluh ribu Rupiah Dombort sendiri tak menilainya menarik lagi.
Sebab dengan menambah beberapa ratus ribu Rupiah lagi ada beberapa alternatif lain yang lebih worth the money, salah satunya Realme 3.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Realme C2
Author Rating
31star1star1stargraygray