Oppo Reno 10x Zoom Indonesia

Oppo Reno 10x Zoom, Sang Flagship Killer Andalan Oppo

Oppo Reno 10x Zoom menyita perhatian sejak awal, bukan saja karena ia dianggap sebagai alternatif ideal bagi Huawei P30 Pro namun seri Reno ini diyakini sebagai flagship pertama bermerek Oppo yang bakal sukses diterima pasar.

Sebelum kelahiran Oppo Reno 10x Zoom pabrikan tersebut sudah mencoba peruntungannya di segmen high-end dengan Oppo Find X yang sayangnya tidak sesukses sebagaimana diharapkan.
Popularitas Oppo di segmen menengah memang meningkat pesat beberapa tahun terakhir, wajar jika mereka berharap sukses yang sama di segmen lebih tinggi.

Harga Oppo Reno 10x Zoom dan Spesifikasi

Cek Harga Disini

Spesifikasi Oppo Reno 10x Zoom

OS ColorOS 6 berbasis Android 9 (Pie)
Layar 6.6 inches, 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio (~387 ppi density)
SoC Qualcomm SDM855 Snapdragon 855 (7 nm)
GPU Adreno 640
RAM 8 GB
ROM 256 GB
Kamera Utama 48 MP, f/1.7, 26mm (wide), 1/2.0″, 0.8µm, Laser/PDAF, OIS
Periscope 13 MP, f/3.0, 130mm (telephoto), 5x optical zoom, Laser/PDAF, OIS
8 MP, f/2.2, 16mm (ultrawide)
Kamera Swafoto Motorized pop-up 16 MP, f/2.0, 26mm (wide)
Sensor Fingerprint (under display), accelerometer, gyro, proximity, compass
Waterproofing
Baterai Non-removable Li-Po 4065 mAh battery
Dimensi 162 x 77.2 x 9.3 mm
Berat 210 g

Desain dan Penampilan Oppo Reno 10x Zoom

Secara fisik penampilan Oppo Reno 10x Zoom tidak berbeda dari Oppo Reno versi standar yang pernah diulas Dombort beberapa pekan silam.

Bedanya jika layar pada versi standar memiliki bentang 6.4 inch maka untuk versi 10x Zoom dibekali layar sedikit lebih lebar yaitu 6.6 inch.

Namun karena tingkat resolusinya tidak berubah maka nilai kerapatan warnanya justru menurun menjadi 387 ppi, pada prakteknya perbedaan nilai kerapatan warna ini tidak terlalu dirasakan selama penggunaan.

Penambahan dimensi layar tertentu berdampak pada peningkatan dimensi secara keseluruhan sehingga untuk Oppo Reno 10x Zoom ini tercatat 162 x 77,2 x 9,3 mm dan bobot 210 gram.

Dimensi dan bobotnya memang tak bisa dibilang kompak, namun desain yang elegan membuat kesan lebar sekaligus berat itu menjadi seolah tak penting lagi dipertimbangkan.

Sama halnya seperti versi standar bagian belakang bodi ponsel ini yang memiliki permukaan matte cenderung cepat kotor akibat noda jari selama mengoperasikan.

Untuk melindungi lensa kamera kala diletakkan maka sang produsen menempatkan semacam tombol/kancing kecil di bagian belakang yang dinamai “O-Dot”.

O Dot Oppo Reno 10x Zoom

Hal lain yang membedakan Oppo Reno 10x Zoom dengan Oppo Reno Standar terletak pada ketiadaan port audio 3.5 mm untuk Reno 10x Zoom.
Apakah kondisi itu merupakan kelebihan, kekurangan atau tak terlalu penting dipertimbangkan rasanya setiap pengguna memilki pertimbangannya sendiri-sendiri.

Secara keseluruhan tampilan desain ponsel flagship terbaru buatan Oppo ini sangat menakjubkan menurut penilaian Dombort.

Kualitas dan Performa Kamera Oppo Reno 10x Zoom

Sudah jelas bahwa nilai jual utama ponsel ini terletak pada kamera, terutama kamera utama yang menawarkan pembesaran hingga 10x tanpa distorsi (loseless).

Sebelumnya calon konsumen yang memimpikan kamera dengan kemampuan seperti ini cenderung menjatuhkan pilihan pada Huawei P30 Pro namun karena kondisi Huawei yang dipenuhi ketidakpastian bukan tidak mungkin mereka bakal mempertimbangkan Oppo Reno 10x Zoom.

Cara kerja pembesaran (zoom) pada kamera Oppo Reno 10x Zoom sendiri pada dasarnya sama dengan Huawei P30 Pro.
Pembesaran optikal murni sebenarnya hanya sebatas 5x saja, sedangkan di atas itu dicapai lewat proses bersama antara optikal dan digital. Itulah kenapa disebut sebagai hybrid zoom.

Lensa utamanya yang mengusung sensor 48 MP sanggup mengabadikan foto dengan tingkat detil tinggi serta warna menarik terutama pada penggunaan di luar ruangan siang hari.
Sedangkan untuk penggunaan malam hari masih terbilang baik meski belum sebaik ekspektasi Dombort sebelum menjajal.

Foto Hasil Kamera Oppo Reno 10x Zoom

Foto Hasil Kamera Oppo Reno 10x Zoom Malam Hari

Sementara itu untuk lensa jarak jauh sampai dengan pembesaran 6x hasilnya terbilang bagus, namun masih belum sebaik Huawei P30 Pro.
Sebenarnya pembesaran 10x pun masih terbilang baik namun tingkat detil yang hilang relatif banyak.
Meski sudah dilengkapi dengan OIS namun ternyata melakukan pemotretan dengan fitur pembesaran semacam ini tetaplah menantang, posisi yang kurang stabil mudah menjadikan hasil foto terlihat kabur blurry.

Foto Hasil Kamera Oppo Reno 10x Zoom 3x
3x zoom
Foto Hasil Kamera Oppo Reno 10x Zoom 6x
6x zoom
Foto Hasil Kamera Oppo Reno 10x Zoom
10x zoom

Untuk lensa ketiga yang berfungsi sebagai lensa lebar dengan sensor 8 MP menampilkan dynamic range cukup baik meski tingkat detilnya rendah.
Kabar baiknya lensa sudut lebar ini juga dilengkapi dengan mode malam hari (night mode).

Mode lain yang melengkapi kamera Oppo Reno 10x Zoom ini meliputi Slo-mo, Expert Mode, Google lens serta Dazzle Color yang lebih kurang fungsinya sama seperti fitur Chroma Boost di ponsel Realme.

Sedangkan kamera depannya sama persis seperti pada versi standar sehingga tidak akan dibahas ulang, hanya saja untuk Oppo Reno 10x Zoom ini kamera swafoto sudah dilengkapi lampu kilat (LED flash).

Review Kamera Oppo Reno 10x Zoom

Performa Oppo Reno 10x Zoom

Kalau Oppo Reno Standar “hanya” dibekali jantung performa berupa Snapdragon 710 maka untuk versi 10x Zoom yang memang lebih mahal ini menggunakan Snapdragon 855 sebagaimana umumnya ponsel kelas flagship.

Untuk pasar Indonesia hanya dipasarkan satu varian saja dengan kapasitas RAM 8 GB dan memori internal 256 GB.
Jika kapasitas memori sebesar itu masih dirasa kurang Anda masih bisa menambahkan memori eksternal hingga kapasitas 256 GB juga, namun sayangnya pilihan ini bakal memaksa Anda menggunakan 1 kartu SIM saja.

Bagi Anda penggemar berat game di handphone sudah pasti bakal puas dengan performa Oppo Reno 10x Zoom. Game populer seperti “PUBG Mobile” dan “Asphalt 9” sanggup berjalan dengan mulus tanpa peduli seberapa tinggi setting grafis yang dipilih.

Performa Game Oppo Reno 10x Zoom PUBG dan Asphalt 9

Selama pengujian menjalankan PUBG sepanjang 30 menit Dombort juga tak menemukan gejala peningkatan suhu, kondisi ini tentu berdampak positif terhadap daya tahan baterai.

Ponsel terbaru Oppo ini dilengkapi pula dengan stereo speaker berkualitas suara cukup baik dan volume yang kuat.

Untuk penggunaan harian tak perlu ditanya, kalau game saja berjalan mulus jelas tak ada kendala pada penggunaan sehari-hari.

Oppo Reno 10x Zoom sendiri menawarkan beberapa cara unlocking, yang paling memberi sensasi sudah pasti menggunakan sidik jari lewat layar.
Selain itu juga ada face unlock yang pada ponsel ini jadi terasa kurang praktis oleh karena mekanisme pop up untuk kamera depannya.

Ditanami baterai berkapasitas 4065 mAh Oppo Reno 10x Zoom sanggup bertahan selama sehari penuh, bahkan untuk penggunaan yang intensif masih bisa bertahan hingga malam hari.

Seperti biasa Oppo melengkapi ponselnya dengan fitur VOOC 3.0 yang menjadikan pengisian uang daya baterai selama 30 menit saja sudah memulihkan stamina sebanyak 50%. Sementara untuk pengisian penuh dari 0% dibutuhkan waktu selama 85 menit.

Penilaian Dombort untuk Oppo Reno 10x Zoom

Jika Anda mengidamkan sebuah ponsel dengan kamera berkemampuan pembesaran hingga 10x maka Oppo Reno 10x Zoom adalah pilihan paling aman untuk saat ini dibandingkan Huawei P30 Pro meski kualitas kameranya lebih baik.

Harga Oppo Reno 10x Zoom dan Spesifikasi

Cek Harga Disini

Oppo Reno 10x Zoom sendiri merupakan salah satu ponsel terbaik di kelasnya untuk saat ini, selain dimensi yang kelewat besar dan berat pada dasarnya tak ada kekurangan ditemukan selama pengujian.
Bagaimanapun harga Rp 11 Juta tidaklah murah jadi kalau tidak benar-benar mengidamkan kamera dengan fitur loseless zoom ada pilihan lain yang lebih aman.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Oppo Reno 10x Zoom
Author Rating
41star1star1star1stargray