Review Samsung Galaxy A80 Dombort

Samsung Galaxy A80 Tak Sekedar Kamera Berputar

Samsung Galaxy A80 pantas dibilang sebagai Samsung Galaxy seri A terbaik yang pernah dibuat oleh pabrikan asal Korea itu sampai detik ini. Desainnya elegan, unik dan berkelas. Fitur serta penampilannya membuat ponsel ini nyaris tampak sekelas dengan ponsel kelas flagship.

Melihat Samsung Galaxy A80 saja sudah langsung kentara bahwa ponsel yang satu ini beda jauh dibanding Galaxy seri A lainnya. Kalau Galaxy seri A lainnya hanya terlihat manis di tampilan tanpa membawa kebaruan berarti maka beda sekali kondisinya dengan Galaxy A80.

Harga Samsung Galaxy A80 dan Spesifikasi

Cek Harga Disini

Spesifikasi Samsung Galaxy A80

OS One UI berbasis Android 9.0 (Pie)
Layar 6.7 inches, 1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio (~393 ppi density)
SoC Qualcomm SDM730 Snapdragon 730 (8 nm)
GPU Adreno 618
RAM 8 GB
ROM 128 GB
Kamera Utama 48 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/2″, 0.8µm, PDAF
8 MP, f/2.2, 12mm (ultrawide), 1.12µm
TOF 3D camera, f/1.2, 30mm/td>
Kamera Swafoto Motorized pop-up rotating main camera module
Sensor Fingerprint (under display), accelerometer, gyro, proximity, compass, ANT+
Waterproofing
Baterai Non-removable Li-Po 3700 mAh battery
Dimensi 165.2 x 76.5 x 9.3 mm
Berat 220 g

Desain dan Penampilan Samsung Galaxy A80

Harga Samsung Galaxy A80 yang dibanderol di angka Rp 9,5 Juta-an membuatnya berselisih tipis sekaligus menjadi ancaman bagi Samsung Galaxy S10e.

Samsung memang memosisikannya sebagai ponsel kelas menengah, tapi terlepas dari klasifikasi pabrikan tersebut Dombort sendiri merasa ponsel Samsung Galaxy yang satu ini pantas disejajarkan dengan seri flagship.

Tampilannya sungguh berbeda dari ponsel lain yang pernah Dombort cicipi. Dari layarnya saja langsung muncul kesan lapang. Bukan semata-mata karena bentang layarnya yang memang lebar tapi juga sama sekali tak terlihat “poni” di atas layar.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A80

Berbeda dari Samsung Galaxy seri S terbaru yang kamera depannya menciptakan lubang kecil di bagian atas layar, tampaknya Samsung mencoba solusi alternatif berupa kamera berputar.

Bagian belakangnya sendiri menggunakan material kaca berlapis Corning Gorilla Glass 6 untuk meminimalisir goresan.

Seperti umumnya ponsel yang mengandalkan material kaca sudah bisa diduga bahwa sisi bagian belakang rentan kotoran dan goresan.
Tapi kecantikan penampilan Samsung Galaxy A80 membuat Dombort rela mengabaikan resiko tersebut.

Hal paling menonjol sekaligus paling menarik dari desain Samsung Galaxy A80 sudah pasti terletak pada mekanisme kamera geser dan putar (sliding & rotating) yang memungkinkan kamera utama berfungsi juga menjadi kamera swafoto.

Pengalaman Menggunakan Samsung Galaxy A80

Mekanisme kamera ini lebih kurang seperti periskop di kapal selam yang muncul ke permukaan saat hendak digunakan berswafoto lalu berputar ke arah depan.

Kelemahannya kala hendak memfungsikan sebagai kamera depan maka panjang ponsel otomatis bertambah.

Proses geser dan putarnya sendiri berlangsung mulus dan tidak berisik, namun pada sisi lain Dombort merasa proses tersebut memerlukan waktu yang seharusnya bisa lebih cepat.

Dari sisi ergonomis Samsung Galaxy A80 bukanlah salah satu yang terbaik. Sebab selain dimensinya sangat besar bodinya pun cenderung licin.

Kualitas dan Performa Kamera Samsung Galaxy A80

Tiga modul lensa kamera yang ada pada Samsung Galaxy A80 pada dasarnya berfungsi sebagai kamera depan maupun belakang.

Modul utama yang memiliki tingkat resolusi 48 MP dilengkapi oleh PDAF, focal length 26 mm, aperture f/2.0, serta ukuran sensor ½” dan 0.8µm.

Modul kedua yang dimaksudkan untuk sudut lebar memiliki tingkat resolusi 8 MP, f/2.2 dan 1.12µm.
Terakhir modul Time of Flight berfungsi menciptakan efek bokeh karena kemampuannya mengenali jarak masing-masing objek.

Dombort akan memulai dengan modul utama terlebih dahulu.
Pada kondisi di luar ruangan dengan pencahayaan ideal kamera ini sanggup menghasilkan foto-foto dengan tingkat detil tinggi, tajam serta warna alami sekaligus berimbang.

Sayang sekali kala digunakan pada malam hari keunggulan itu memudar akibat tingkat detil yang direduksi oleh kemunculan noise.

Foto Hasil Kamera Samsung Galaxy A80 Outdoor
Foto Hasil Kamera (Outdoor)
Foto Hasil Kamera Samsung Galaxy A80 Indoor
Foto Hasil Kamera (Indoor)

Dombort tak menyebut kameranya jelek untuk fotografi malam hari dan di dalam ruangan, hanya saja terlalu biasa untuk sebuah ponsel seharga ini.
Bukan berarti pula bahwa kondisi ini bakal permanen sebab sangat mungkin muncul perubahan signifikan setelah pembaruan firmware seperti kasus di Realme 3 Pro.

Secara default foto-foto akan disimpan dengan resolusi 12 MP jadi kalau Anda lebih memilih resolusi 48 MP maka perlu mengubah pengaturannya secara manual.

Modul kamera sudut lebarnya juga memiliki karakter sama, istimewa di siang hari (luar ruangan) dan menurun kala digunakan pada malam hari. Tapi modul kamera ini sanggup melakukan tugas sesuai peruntukannya.

Jika dikehendaki Anda bisa membuat efek bokeh baik untuk foto maupun video dengan modul ToF -nya. Efek bokeh yang diciptakan terlihat jauh lebih baik jika dibanding efek serupa menggunakan kamera ponsel dengan kelas di bawahnya.

Kamera Galaxy A80 sendiri memungkinkan perekaman video dengan resolusi 4K pada 30 fps. Kualitas hasil perekamannya termasuk baik.

Beralih ke swafoto, walaupun menggunakan ketiga modul yang sama tapi bukan berarti Anda bisa menggunakan semua fitur tersebut kala diposisikan sebagai kamera swafoto.
Salah satunya adalah fitur autofocus yang menghilang kala diposisikan sebagai kamera depan, demikian pula halnya dengan kemampuan rekam video 4K.

Meski sempat sedikit kecewa dengan menghilangnya beberapa fitur itu tapi menilik dari sisi kualitas fotonya sendiri kekecewaan itupun terobati.
Sebab swafoto yang diabadikan dengan kamera Samsung Galaxy A80 terlihat superior jika dibandingkan umumnya hasil swafoto.

Review Kamera Samsung Galaxy A80 Indoor

Layar Samsung Galaxy A80

Selain kamera, layar juga menjadi andalan Galaxy A80 karena untuk pertama kalinya sebuah pabrikan memberi solusi layar tanpa poni yang benar-benar berbeda.

Layar dengan bentang 6.7 inch ini menampilkan tingkat resolusi 2400 x 1080 pixels sehingga tercatat tingkat kerapatan warnanya 393 ppi.

Walau nilai kerapatan warnanya tak berkesan istimewa tapi dalam pengujian Dombort menilai sudah cukup, sebab huruf (font) mampu ditampilkan dengan sangat jelas.

Layar ini juga mengadopsi teknologi Super AMOLED sehingga tampilan warnanya terlihat sangat tajam.

Mungkin yang kerap kurang disadari tingkat rasio pada layar Samsung Galaxy A80 ini tidak lumrah, ia tercatat memiliki tingkat rasio 21:9. Di Indonesia Samsung Galaxy A80 adalah satu-satunya ponsel yang mengadopsi tingkat rasio tersebut, setidaknya untuk saat ini.

Tak ada kendala atau kekurangan dari sisi tingkat kecerahan, kelebaran sudut pandang maupun tingkat kontras.
Pada posisi ekstrem warna putihnya memang menjadi kurang putih tapi kondisi ini tidak menganggu dalam keseharian.

Kegegasan

Bertanggung jawab atas kegegasan Samsung Galaxy A80 adalah SoC Qualcomm Snapdragon 730 yang ditemani oleh GPU Adreno 616.
Kapasitas RAM 8 GB serta kapasitas memori internal 128 GB adalah satu-satunya pilihan varian yang tersedia untuk Samsung Galaxy A80.

Kapasitas memori internalnya sendiri masih tersedia sekitar 109.91 GB saat pertama kali digunakan.

Menilik dari spesifikasi di atas rasanya ponsel ini masih tetap gegas digunakan setidaknya hingga 2 atau 3 tahun ke depan.

Untuk penggunaan harian Samsung Galaxy A80 sama sekali tak perlu diragukan, semua tugas sanggup dijalankan dengan mulus.
Meski bukan SoC kelas flagship namun kegegasannya tak terasa kalah dari ponsel kelas di atasnya.

Game populer seperti “PUBG” dan “Shadowgun Legends” mampu dijalankan mulus pada pengaturan grafis tertinggi. Sementara untuk “Fortnite” maksimal hanya sampai tingkat “average” untuk mendapat hasil optimal.

Secara keseluruhan kegegasan Samsung Galaxy A80 ideal baik untuk harian maupun menjalankan game.

Sama halnya dengan Galaxy seri S pada Galaxy A80 ini Anda akan menemukan pemindai sidik jari terintegrasi pada layar.
Kinerjanya memang tidak bisa dibilang sangat cepat namun juga tidak lambat, tak ada masalah menurut Dombort.

Ulasan Performa Gaming Samsung Galaxy A80

Stamina Baterai

Samsung menanamkan baterai dengan kapasitas 3700 mAh untuk Galaxy A80 ini, dengan bentang layar yang sangat lebar kapasitas tersebut menjadikan stamina baterai ponsel ini tak istimewa.
Tapi sekedar bertahan sehari untuk penggunaan normal ala Dombort masih mumpuni.

Harga Samsung Galaxy A80 dan Spesifikasi

Cek Harga Disini

Summary
Review Date
Reviewed Item
Samsung Galaxy A80
Author Rating
41star1star1star1stargray