Review Samsung Galaxy A30 Dombort

Samsung Galaxy A30 Suguhkan Layar Terbaik di Kelasnya

Samsung Galaxy A30 punya tampilan yang sekilas lalu banyak memiliki kemiripan dengan Galaxy A50. Dibanderol dengan harga 3,2 Juta-an salah satu andalan Samsung di segmen menengah ini memiliki keunggulan utama pada layar yang memang terlihat memukau.

Sama halnya seperti Galaxy A20 atau Galaxy M20 ponsel Samsung Galaxy A30 ini juga dimaksudkan untuk merebut kembali pangsa pasar merek asal Korea itu di segmen yang selama ini kadung dikuasai oleh Xiaomi, Oppo dan Vivo.

Samsung Galaxy A30 dan Spesifikasi

Cek Harga Disini

Spesifikasi Samsung Galaxy A30

OS One UI berbasis Android 9.0 (Pie)
Layar 6.4 inches, 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio (~403 ppi density)
SoC Exynos 7904 (14 nm)
GPU Mali-G71 MP2
RAM 4 GB
ROM 64 GB
Kamera Utama 16 MP, f/1.7, PDAF
5 MP, f/2.2, 12mm, (ultrawide)
Kamera Swafoto 16 MP, f/2.0
Sensor Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass
Waterproofing
Baterai Non-removable Li-Po 4000 mAh battery
Dimensi 158.5 x 74.7 x 7.7 mm
Berat 165 g

Desain, Penampilan dan Layar Samsung Galaxy A30

Hal pertama yang langsung terasa kala menggenggam ponsel ini adalah profilnya yang langsing hingga nyaman dioperasikan.

Dibandingkan Galaxy seri A keluaran tahun sebelumnya perubahan pada sisi desain serta build quality tahun ini memang terasa mencolok.
Meski masih menggunakan material plastik polikarbonat namun fakta tersebut sama sekali tak mengurangi kesan elegan Samsung Galaxy A30.

Kelemahan Samsung Galaxy A30 dari sisi desain menurut Dombort terletak pada panel bodi bagian belakang yang rentan meninggalkan noda jari serta penempatan sensor pemindai sidik jari yang sedikit terlalu tinggi.

Di luar kedua hal di atas desain ponsel ini sangat memuaskan.

Namun keunggulan sesungguhnya dari Galaxy A30 terletak pada layar dengan bentang 6.4 inch berteknologi Super AMOLED dan resolusi F HD+.

Review Samsung Galaxy A30 Dombort

Sudut pandangnya sangat luas, tingkat kecerahan serta saturasi warnanya luar biasa menarik. Di bawah paparan sinar matahari langsung pun Dombort masih bisa membaca dengan jelas.

Layar ponsel ini menyuguhkan beberapa mode pilihan yaitu AMOLED Cinema, AMOLED photo dan Basic untuk mengoptimalkan tampilan layar sesuai penggunaan.

Sayang sekali Galaxy A30 belum dilengkapi dengan lampu notifikasi, sebagai gantinya sang produsen menerapkan Always-on Display.

Kegegasan

Mengandalkan SoC Exynos 7904 buatannya sendiri didampingi oleh RAM berkapasitas 4 GB performa hariannya terbilang mulus. Selama tidak berharap banyak akan kemampuannya menjalankan game rasa-rasanya Anda takkan kecewa dengan kegegasan ponsel ini.

Tampilan antar muka yang digunakan adalah One UI dengan berbasis Android Pie, meski tampilan antar muka ini masih dijejali beberapa bloatware untunglah sebagian besar bisa disingkirkan (uninstall).

Kualitas dan Performa Kamera

Kalau Galaxy A50 sudah menerapkan tiga lensa kamera maka bisa dipahami jika Samsung Galaxy A30 yang banderolnya lebih terjangkau hanya dilengkapi dengan dua lensa kamera utama.

Masing-masing adalah 16 MP dengan f/1.7 dan 5 MP dengan f/2.2, lensa kedua merupakan ultra wide lens yang sanggup menangkap hingga sudut pandang 123 Derajat.

Sedangkan pada bagian depan diletakkan lensa swafoto dengan sensor 16 MP.

Meski layar ponsel ini sanggup menunjukkan diri sebagai yang terbaik di kelasnya, tidak demikian halnya untuk kamera.

Pada kondisi pencahayaan ideal kamera utamanya sanggup mengabadikan foto dengan kualitas cukup baik tapi manakala digunakan di malam hari kondisinya berubah. Bahkan autofocus -nya terlihat sulit mengunci subjek foto.

Foto Hasil Kamera Samsung Galaxy A30
Hasil Kamera Indoor
Ultra-wide lens Samsung Galaxy A30 Dombort
Difoto dengan Ultra-wide lens
Perbandingan Kamera Samsung Galaxy A30 vs Redmi Note 7
Kamera Galaxy A30 (kiri) vs. Redmi Note 7 (kanan)

Realme 3 Pro dan Redmi Note 7 masih sanggup tawarkan kualitas kamera yang lebih baik dibanding Galaxy A30 ini.

Stamina Baterai

Baterai berkapasitas 4000 mAh yang ditanamkan pada ponsel ini sanggup bertahan lebih kurang selama sehari untuk penggunaan normal ala Dombort.

Sedangkan waktu yang diperlukan untuk mengisi ulang daya baterai dari 0-100% tercatat dua jam dengan menggunakan charger bawaannya.

Rekomendasi Dombort untuk Samsung Galaxy A30

Samsung Galaxy A30 tak diragukan merupakan salah satu ponsel Samsung terbaik di rentang harga kurang dari Rp 4 Juta.

Desain dan layar adalah dua keunggulan utama dari ponsel yang berhadapan dengan Redmi Note 7 dan Realme 3 Pro ini.

Bagi Anda yang mengedepankan kualitas kamera sejauh penilaian Dombort kedua kompetitornya masih lebih unggul dibanding Galaxy A30.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Samsung Galaxy A30
Author Rating
31star1star1stargraygray