Samsung Galaxy A70 Dombort

Samsung Galaxy A70: Turunan Flagship yang Cuma Setengah Harga

Kalau melihat segmentasi produk Samsung Galaxy tahun ini di benak Dombort selalu teringat akan Mercedes yang menempatkan lini S-Class sebagai produk premium dan A-Class diposisikan sebagai produk lebih terjangkau.

Samsung pun menempatkan seri Galaxy S sebagai produk premium sementara Galaxy seri A dibanderol dengan harga lebih terjangkau namun tetap dijejali dengan beberapa fitur bawaan seri S.

Salah satu produk di lini Galaxy seri A yang baru saja dirilis di pasar Indonesia adalah Samsung Galaxy A70 dengan banderol setengah harga lebih murah dibanding Samsung Galaxy S10e.
Kira-kira apakah dengan selisih harga sebesar itu bakal besar pulakah fitur yang disematkan pada Samsung Galaxy A70 dibanding Galaxy S10e?

Samsung A70 dan Spesifikasi

Cek Harga Disini

Spesifikasi Samsung Galaxy A70

OS One UI berbasis Android 9.0 (Pie)
Layar 6.7 inches, 1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio (~393 ppi density)
SoC Qualcomm SDM675 Snapdragon 675 (11 nm)
GPU Adreno 612
RAM 8 GB
ROM 128 GB
Kamera Utama 32 MP, f/1.7, PDAF
8 MP, f/2.2, 12mm (ultrawide)
5 MP, f/2.2, depth sensor
Kamera Swafoto 32 MP, f/2.0, 0.8µm
Sensor Fingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass, ANT+
Waterproofing
Baterai Non-removable Li-Po 4500 mAh battery
Dimensi 164.3 x 76.7 x 7.9 mm
Berat 183 g

Desain dan Penampilan Samsung Galaxy A70

Dimensinya terlihat besar seperti kebanyakan ponsel keluaran beberapa tahun belakangan ini, namun meski diposisikan sebagai produk kelas menengah penampilannya terlihat elegan dan kokoh.

Sejatinya Samsung menyediakan empat opsi warna yaitu hitam, biru, putih dan koral namun dari pengamatan Dombort sejauh ini hanya dua warna pertama –lah yang bisa ditemukan di pasar Indonesia.

Bagian depan Samsung Galaxy A70 didominasi oleh layar Super AMOLED dengan bentang 6.7 inch. Berbeda dari Galaxy S10+, Galaxy Note 10+ atau Galaxy A80 dimana pihak pabrikan membuat terobosan alternatif pengganti poni untuk Galaxy A70 ini masih mengadopsi desain poni konvensional.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung A70

Di bagian bawah masih terlihat port audio untuk meneruskan suara ke perangkat headphone bersama dengan port USB tipe C.

Tombol pengatur volume dan tombol daya diletakkan di sisi kanan sementara tray untuk kartu SIM diposisikan di sisi lainnya (kiri).

Tombol “Bixby” yang kontroversial sudah tak lagi diketemukan, sayang tak seperti Galaxy Note 10+ yang sudah memindahkan lubang speaker ke atas untuk Samsung Galaxy A70 ini masih tetap di bagian bawah sehingga rentang tertutup.

Kekurangan lain dari Galaxy A70 ini terlihat dari kinerja sensor pemindai sidik jari pada layar yang terasa lambat, apalagi setelah beberapa waktu lalu Dombort sempat mencicipi sensor pemindai sidik jari di Galaxy Note 10+ jeda waktu yang kelewat lama pada sensor di Galaxy A70 itu jadi semakin kentara.

Pihak produsen masih menyediakan alternatif berupa pemindai sidik jari optikal, meski kinerjanya tak bisa dibilang cepat namun masih lebih baik dibanding pemindai pada layar.

Layar

Layar Galaxy A70 adalah salah satu yang paling besar di kelasnya dengan tingkat resolusi 2400 x 1080 pixels nilai kerapatan warna 393 ppi masih terlihat tajam untuk penggunaan harian, meski ketajamannya tentu saja jauh berbeda dibanding layar lini Galaxy seri S.

Waktu respon perubahan warna dari hitam ke putih memerlukan waktu 4 milidetik demikian pula waktu respon dari abu-abu 50% ke 80%.

Artinya bagi Anda penggemar game tidak akan menemukan gejala membayang (shadowing) selama melakukan hobi tersebut.

Kualitas Layar Samsung A70

Soal ketajaman warna, tingkat kecerahan serta viewing angles tak ada kritik yang bisa diberikan untuk Galaxy A70, tentu dengan mempertimbangkan kelas/harganya.

Kegegasan

Sebagai ponsel kelas menengah wajar jika Samsung juga hanya menyematkan prosesor kelas menengah pada Samsung Galaxy A70 ini.
Namun jangan salah, sebab Snapdragon 675 yang jadi jantung performanya terbukti sanggup menjalankan tugas dengan sangat baik.

Sekedar scrolling Instagram dan Facebook, browsing, memutar video YouTube serta menjajal game “Sonic Forces” tak terasa ada kendala bagi ponsel yang memiliki kapasitas RAM 8 GB ini.

Tapi memang untuk game seperti “Asphalt 9” keterbatasan GPU Adreno 612 mulai sedikit terasa.

Dombort sempat menjajal ketangguhan RAM 8 GB tersebut dengan membuka 20 aplikasi sekaligus ternyata ponsel masih sanggup berjalan dengan mulus.

Sayangnya fitur seperti “Edge Panel” dan “Edge Lighting” tidak disertakan di ponsel ini.
Ya.. memang ponsel ini tidak memiliki sisi edge namun bukan berarti kedua fitur itu tak diperlukan. Contohnya Samsung Galaxy S10e yang masih memiliki kedua fitur tersebut meski tak memiliki layar edge.

Kamera Jadi Kelemahan Terbesar Samsung Galaxy A70

Sungguh disayangkan untuk sebuah ponsel dengan harga Rp 5 Juta-an ternyata tiga lensa kamera utama milik ponsel ini tak sebaik yang diharapkan.

Review Samsung A70 Dombort

Pertama-tama tak satupun dari ketiga lensa kamera tersebut yang dibekali OIS. Kebangetan rasanya untuk ponsel seharga ini di tahun 2019.
Bahkan ponsel cadangan Dombort LG G2 yang sudah tuwir lagi jadul pun dilengkapi OIS.

Kelemahan lain dari kamera ini adalah kecenderungan overexposed dan oversaturated dari foto-foto yang dihasilkan, meski tak semua orang tentu saja menganggapnya sebagai kelemahan.

Namun bagi Dombort kondisi itu terasa menganggu karena warna-warna tertentu seperti hijau dan biru jadi tak terlihat alami.

Hasil Kamera Samsung A70

Kualitas Kamera Samsung A70 Dombort

Tingkat ketajamannya lagi-lagi terasa berlebihan, sementara di sisi lain tingkat detil yang bisa ditangkap tak cukup tinggi.

Stamina Baterai

Samsung Galaxy A70 cukup efisien dalam konsumsi sumber daya baterai. Kondisi normal hanya sekitar 1,69 watt sementara saat beban tinggi bisa mencapai 3,42 watt.

Karenanya baterai dengan kapasitas 4500 mAh sanggup bertahan sekitar 2 hari untuk pemakaian normal ala Dombort.

Sedangkan waktu pengisian ulang daya baterai yang diperlukan dari 0 ke 100% tercatat 1 jam 50 menit.

Penilaian Dombort untuk Samsung Galaxy A70

Persaingan ponsel di segmen harga 4-5 Jutaan cukup ketat dan Galaxy A70 unggul dari sisi kualitas layar, kapasitas penyimpanan besar, stamina baterai serta tentu saja kualiltas layanan purna jual ala Samsung.

Sementara pada sisi lain ponsel ini terlihat inferior di fitur kamera serta kemampuannya menjalankan game berat.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Samsung Galaxy A70
Author Rating
41star1star1star1stargray