DJI Osmo Action Review Dombort

DJI Osmo Action Pantas Jadi Pesaing GoPro Hero 7?

Ketika membahas kamera aksi atau action camera nama GoPro masih jadi ToP (Top of Mind). Selama beberapa tahun merek tersebut seolah sulit untuk digoyang dari singgasana. Namun beberapa waktu belakangan ini muncul pemain baru yaitu DJI dengan salah satu produk andalannya DJI Osmo Action yang membuat perhatian konsumen mulai teralihkan dan sang penguasa pasar.

Meski terkategori sebagai pemain baru di kategori produk kamera aksi DJI bukan pabrikan tanpa pengalaman. Perusahaan ini sudah lama malang melintang di industri drone space sehingga bukan tanpa alasan kalau banyak yang meyakini DJI Osmo Action merupakan lawan tangguh bagi GoPro.

Harga DJI Osmo Action

Cek Harga Disini

DJI Osmo Action Terapkan Desain Familiar

Kalau melihat kecenderungan merek lain yang mencoba jadi penantang kamera aksi seri Hero kebanyakan mencoba menawarkan tampilan desain yang jauh berbeda dibanding sang pemimpin pasar.

Tapi tidak demikian halnya dengan DJI Osmo Action, justru sekilas banyak sekali kemiripan desain antara kamera aksi buatan DJI dengan buatan GoPro.

Review DJI Osmo Action Dombort

Dimensinya sendiri juga tidak jauh berbeda dibanding kamera aksi merek lain, tercatat kamera ini memiliki tinggi 42 mm dan lebar 65 mm serta bobot 124 gram.

Ukuran serta bobotnya terasa pas, tidak kelewat besar namun juga tak terlalu kecil. Demikian pula bobotnya termasuk ideal.

Build quality-nya terasa kokoh di tangan hingga tak menciptakan kesan keraguan kala menggunakan kamera aksi tersebut.

Pengaturan dan Pengoperasian DJI Osmo Action

Sensor CMOS 1/2.3″ yang digunakannya sanggup menghasilkan 12 juta piksel secara efektif selama pengambilan gambar.

Adaptor lensanya sendiri menggunakan model fisheye seperti umumnya kamera aksi, namun kalau dikehendaki Anda bisa melepaskan.
Fisheye -nya sendiri juga tak berkesan berlebihan.

Video yang terekam dengan kamera ini terlihat tajam dan formatnya memudahkan pengguna yang berencana melakukan post-editing.

Pada sisi bagian kiri Anda akan menemukan slot USB tipe C untuk pengisian ulang daya baterai serta slot microSD di sisi yang sama dan sanggup membaca keping memori hingga kapasitas 256 GB.

Bagus Mana DJI Osmo Action atau GoPro Hero 7?

Sementara itu tombol daya dan tombol perekaman diposisikan di bagian atas.
Untuk menghemat baterai Anda bisa menekan tombol daya secara cepat untuk memerintahkan kamera masuk ke mode sleep.
Sedangkan penekanan tombol daya selama tiga detik memerintahkan seluruh sistem untuk mati (off).

Singkatnya pengaturan dan pengoperasian DJI Osmo Action sangat sederhana serta mudah dimengerti bahkan jika Anda belum pernah akrab dengan kamera aksi sekalipun.

Layar Ganda

Salah satu kelebihan DJI Osmo Action yang dibanderol seharga Rp 5 Juta-an ini menurut Dombort terletak pada fitur dua layar, masing-masing di bagian depan dan belakang.

Layar depan dengan bentang 1.44 inch dan resolusi 300 ppi memudahkan pengguna untuk merekam diri sendiri, terutama bagi Anda yang berprofesi sebagai vlogger.

Namun jangan lupa bahwa DJI Osmo Action adalah kamera aksi jadi kualitas perekamannya tak bakal sebaik kamera DSLR atau mirrorless.
Bagi vlogger idealnya kamera ini hanya digunakan sebagai pelengkap.

Kualitas audio –nya juga bakal terasa kurang untuk vlogger, dalam hal ini Osmo Pocket rasanya merupakan pilihan yang lebih baik.

Sedangkan di bagian belakang terdapat layar utama dengan bentang 2.25” dengan resolusi 325 ppi yang selain berfungsi selama proses perekaman juga menjadi tempat melakukan pengaturan.

Kualitas DJI Osmo Action

Meski menawarkan resolusi 4K namun perekamannya terbatas pada 60 fps, jadi kemungkinan Anda bakal lebih sering menggunakan resolusi 1080 p.

Dibekali dengan baterai berkapasitas 1300 mAh kamera ini menawarkan durasi perekaman selama 135 menit pada resolusi 1080 p atau 63 menit pada resolusi 4K.

Penilaian untuk DJI Osmo Action

Setelah menjajal DJI Osmo Action beberapa waktu terus terang tidak mudah menentukan mana yang lebih baik antara DJI Osmo Action vs GoPro Hero 7.
Keduanya cukup berimbang dalam arti positif.

Rasanya tinggal mana yang membuat hati Anda lebih “sreg”, sebab kalau dari sisi kualitas dan fitur keduanya memang setara.

Summary
Review Date
Reviewed Item
DJI Osmo Action
Author Rating
41star1star1star1stargray