Gaming Laptop Murah Asus TUF FX505D

Asus TUF FX505 – Laptop Gaming Ramah Kantong

Asus TUF FX505 yang diposisikan mengganti Asus TUF FX504 sampai saat ini merupakan salah satu dari sedikit solusi akan permintaan gaming laptop murah, atau setidaknya lebih terjangkau.
Memadukan CPU buatan AMD dengan GPU NVIDIA GeForce kehadirannya membawa angin segar bagi penggemar game dengan anggaran terbatas.

Dibandingkan TUF FX504 terlihat cukup banyak pembaruan yang ditawarkan oleh Asus TUF FX505 ini.
Mulai dari desainnya, dimensi, keyboard bahkan layar serta kegegasan tak luput dari pengembangan.

Spesifikasi Gaming Laptop Asus TUF FX505D

Cek Harga Disini

Spesifikasi Asus TUF FX505D

Layar 15.6 inch F HD (1920 x 1080) 120 Hz IPS
Prosesor AMD Ryzen 7-3750H (2.3 GHz Base, 4.0 MHz Boost, 6 MB cache
RAM 8 GB DDR4-2666 MHz (upgradeable up to 24 GB)
GPU NVIDIA GeForce RTX 2060 6 GB GDDR6
Storage 512 GB NVMe PCIe Gen3 x4 SSD (plus 1x ATA slot)
Baterai 48 Whr 3-cell battery
Dimensi 36 x 26.6 x 2,68 cm
Berat 2.2 Kg
Port 1x USB 2.0 Type A, 2x USB 3.1 gen 1 Type A, 1x LAN port, 1x HDMI 2.0b, Bluetooth 5.0, Wi-Fi 5

Asus TUF FX505 Laptop Gaming Murah Tak Tampil Murahan

Pada materi kampanye pemasarannya pihak produsen terlihat sekali menekankan kualitas dan durabilitas dari laptop Asus TUF FX505 ini.

Pertama-tama perubahan paling mencolok pada TUF FX505 dibanding FX504 terlihat pada dimensinya yang lebih kompak dibarengi oleh ukuran bezel yang juga lebih tipis.

Kelebihan dan Kekurangan Asus TUF FX505D

Meski dengan diet dimensi tersebut dari sisi ergonomis kenyamanannya sama sekali tak terasa dikorbankan.

Tanpa memerhatikan secara seksama penampilan elegan dari Asus TUF FX505 ini nyaris menyerupai seri ROG yang dibanderol jauh lebih mahal.

Tapi memang kalau diperhatikan lebih detil durabilitas keduanya bak bumi dan langit. Tak bisa diingkari bahwa seri TUF ini tak memiliki tingkat kesolidan yang setara dengan seri ROG.

Pada beberapa bagian Anda akan menemukan bahwa bodinya terasa sedikit fleksibel alias tidak solid saat ditekan.
Tentu saja kondisi ini masih dalam batas wajar dengan mempertimbangkan harga laptop Asus ini sendiri.

Karet-karet yang melindungi bodinya sendiri juga tak sebanyak pada seri ROG.
Jika pada Asus ROG dikelilingi oleh karet untuk menahan benturan maka untuk Asus TUF FX505 ini hanya terlihat di empat sisi.

Terlepas dari kesenjangannya dengan Asus ROG nyatanya Asus TUF FX505 memang lebih elegan serta solid dibanding pendahulunya (FX504).

Secara keseluruhan terlihat ada peningkatan dari sisi build quality namun pada saat yang bersamaan Asus pun mampu mengurangi bobotnya secara signifikan dan menjadikan laptop ini lebih nyaman mendukung mobilitas penggunanya.

Review Asus TUF FX505D

Logam yang digunakan pada bagian hood terasa lebih kokoh dibanding pendahulunya, ukurannya pun juga lebih tebal. Sementara bagian lainnya masih tetap mempertahankan material plastik dengan sentuhan tekstur di permukaan demi menghilangkan kesan murah.

Layarnya juga terbilang baik untuk sebuah laptop gaming dengan kisaran harga ini, layar yang menawarkan resolusi FHD ini memiliki tingkat refresh rate berbeda-beda tergantung varian mana yang Anda pilih.

Teknologi yang digunakan pada layar buatan LG Philips ini adalah IPS LCD sehingga sudut pandang (viewing angles) –nya lebih luas dibanding laptop dengan layar berteknologi TN.
Pada sisi lain akurasi warna maupun tingkat kecerahannya tidak sebaik layar TN.

Pengalaman Menggunakan Asus TUF FX505D

Kualitas Keyboard dan Trackpad

Beralih ke bagian keyboard, Dombort sangat mengapresiasi keputusan Asus untuk menempatkan full-size keyboard pada Asus TUF FX505 terutama karena Dombort termasuk pengguna yang cenderung memanfaatkan kunci numeric.

Walau statusnya merupakan laptop gaming namun TUF FX505 terbukti nyaman pula digunakan untuk mengetik dan bekerja.

Asus menyediakan dua pilihan warna keyboard, yang pertama dengan backlit warna merah sedangkan yang kedua adalah RGB Aurora seperti pada seri Asus ROG.

Seperti halnya pada Asus ROG tombol W, A, S, D dibuat transparan sehingga menampilkan efek iluminasi kala digunakan.

Kualitas Keyboard Gaming Laptop Asus TUF FX505D

Sedangkan trackpad –nya bisa dibilang berfungsi dengan baik meski tak cukup layak disebut baik.

Secara umum Dombort tak menemukan kekurangan dari keyboard maupun trackpad untuk standar laptop sekelas ini.

Kegegasan Laptop Gaming Asus TUF FX505

Asus TUF FX505 tersedia dalam beberapa varian dengan spesifikasi berbeda untuk unit review yang digunakan oleh Dombort adalah FX505D ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 7-3750H, RAM DDR4-2666 MHz berkapasitas 8 GB serta GPU NVIDIA GeForce RTX 2060 GDDR6 sebesar 6 GB.

Untuk penggunaan normal tentu saja spesifikasi di atas sudah lebih dari cukup untuk menawarkan kegegasan yang menunjang produktivitas.

Pada penggunaan normal seperti browsing, word processing, spreadsheet dan sejenisnya laptop Asus TUF FX505 ini tak hanya gegas namun juga hening (tidak berisik).

Namun karena fungsi utama laptop buatan Asus ini untuk menjalankan game tentu bukan aktivitas seperti di atas yang jadi perhatian calon pembeli.

Beberapa game yang sempat dijalankan menggunakan laptop ini selama uji coba singkat adalah: “Shadow of Mordor”, “Tomb Raider”, “FarCry 4” dan “Bioshock Infinite”.
Keempat judul game tersebut bisa dijalankan dengan mulus hanya saja selama proses tersebut ada peningkatan suhu yang signifikan dibarengi oleh suara kipas pendingin yang cukup keras.

Kualitas audionya tidak terasa ada peningkatan jika dibandingkan FX504, tampaknya sektor tersebut memang bukan termasuk bagian yang dibenahi di sini.

Gaming Laptop Asus TUF FX505D

Penilaian untuk Asus TUF FX505

Sebagai laptop gaming dengan harga terjangkau Asus TUF FX505 sanggup menjalankan fungsi utamanya secara memuaskan meski untuk menunaikan tugas itu harus dibarengi dengan peningkatan suhu secara signifikan serta kebisingan suara kipas pendingin.

Prosesor AMD generasi ketiga, RGB lighting, GPU NVIDIA GeForce RTX serta keleluasaan untuk menambah kapasitas RAM menjadi keunggulan bagi laptop ini.

Jika semua itu masih dirasa tidak cukup dan memang Anda tak keberatan mengeluarkan uang lebih maka bisa dipertimbangkan varian dengan GeForce RTX 2060.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Asus TUF FX505D
Author Rating
41star1star1star1stargray