Review Realme 5 Pro Dombort

Realme 5 Pro Sang Pengoyak Ketenangan Xiaomi

Realme 5 Pro yang dirilis di Indonesia pada awal bulan Oktober ini kembali berpotensi menjadi pengoyak ketenangan Xiaomi setelah sebelumnya Realme 3 Pro juga sukses menggoyang kedigdayaan Xiaomi Note 5.

Padahal tiga tahun silam merek yang masih satu grup dengan Oppo, Vivo dan OnePlus ini masih dipandang sebelah mata, siapa sangka bahwa dalam waktu singkat Realme sudah mampu menempatkan diri sebagai salah satu merek pilihan.

Mengusung layar IPS dengan bentang 6.3 inch Realme 5 Pro memang sejauh ini merupakan salah satu ponsel dengan penampilan paling menarik di rentang harga 3 Juta-an.
Untuk melihat kehebatan ponsel terbaru keluaran Realme ini Dombort meluangkan waktu bersamanya selama sepekan dan inilah impresi selama rentang waktu tersebut.

Realme 5 Pro dan Spesifikasi

Cek Harga Disini

Spesifikasi Realme 5 Pro

OS ColorOS 6 berbasis Android 9.0 (Pie) dijadwalkan update Android 10
Layar 6.3 inches, 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio (~409 ppi density)
SoC Qualcomm SDM712 Snapdragon 712 (10 nm)
GPU Adreno 616
RAM 4/8 GB
ROM 128 GB
Kamera Utama 48 MP, f/1.8, (wide), 1/2″, 0.8µm, PDAF
8 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide), 1/4″, 1.12µm
2 MP, f/2.4, 1/5″, 1.75µm (dedicated macro camera)
2 MP, f/2.4, 1/5″, 1.75µm, depth sensor
Kamera Swafoto 16 MP, f/2.0, 1/3.1″, 1.0µm
Sensor Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
Waterproofing Splash resistant
Baterai Non-removable Li-Po 4035 mAh battery
Dimensi 157 x 74.2 x 8.9 mm
Berat 184 g

Desain dan Penampilan Realme 5 Pro

Seperti pendahulunya Realme 5 Pro tak hanya istimewa dari sisi spesifikasi teknis semata, pihak produsen menyuguhkan desainnya sedemikian rupa hingga pada pandangan pertama pun susah untuk tidak meliriknya.

Desain ala diamond cut di sisi belakang menjadi salah satu daya tarik utama penampilan ponsel ini sejatinya panel sisi belakang ini dibuat dengan material plastik namun kesan tersebut sanggup disamarkan hingga seolah merupakan panel kaca.

Kelebihan dan Kekurangan Realme 5 Pro

Memang jika hanya menilik dari spesifikasi teknis yang ditawarkan Realme tidak terang-terangan menjelaskan sertifikasi IP manakah yang dipenuhi oleh ponsel ini namun pihak produsen menegaskan bahwa desain Realme 5 Pro sudah dirancang kedap percikan air.
Dugaan Dombort setara dengan IP67.

Memiliki bobot sekitar 184 gram dengan ketebalan 8.9 mm Realme 5 Pro bukan ponsel bisa disebut kompak, namun produsen menyiasatinya lewat desain tepi yang mengkurva agar tidak mengganggu kenyaman selama dalam genggaman.

Tak seperti beberapa merek yang mencoba berinovasi menyingkirkan poni lewat kamera pop up dan sejenisnya Realme 5 Pro memilih jalur aman dengan desain waterdrop notch. Terus terang Dombort sendiri bukan termasuk yang merasa risih dengan keberadaan poni.

Kembali ke bagian belakang hal mencolok selain diamond cut adalah keberadaan empat buah lensa kamera di sisi kiri atas yang jadi salah satu andalan Realme dalam mempromosikan produk ini.

Kualitas Layar dan Audio Realme 5 Pro

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa ponsel ini mengusung bentang layar 6.3 inch dengan teknologi IPS.

Bisa dipahami alasan Realme menggunakan layar IPS alih-alih AMOLED demi menekan harga jual tentu saja.
Bahkan Samsung yang sebelumnya getol menggunakan layar Super AMOLED pun menyunatnya menjadi IPS untuk Galaxy A20s yang juga bermain di segmen ini.

Pengaturan bawaannya cenderung dingin (cool) namun jangan khawatir karena Anda bisa dengan mudah mengatur ulang sesuai selera pribadi.

Tingkat kecerahannya tidak istimewa kala digunakan di luar ruangan namun masih bisa terbaca jelas, sudut pandang (viewing angles) –nya juga terlihat luas.

Baik untuk membaca teks, memutar video maupun bermain game tak ada keluhan yang perlu diberikan bagi layar Realme 5 Pro ini tentu dengan mempertimbangkan standar di segmennya.

Bagi Anda yang gemar menggunakan ponsel di malam hari dengan kondisi minim penerangan, ponsel ini juga menyediakan opsi Night Shield untuk meminimalisir emisi.

Kisi-kisi atau lubang speaker yang diletakkan di bagian bawah sanggup menghasilkan volume suara yang cukup kuat.
Pada volume maksimal memang mulai muncul gejala distorsi namun masih dalam taraf wajar.

Kala menggunakan headphone Realme 5 Pro menyediakan opsi mode Head HD Sound yang memaksimalkan dentuman suara bass, kala mode tersebut dinonaktifkan suara yang dihasilkan terasa lebih berimbang.

Pengalaman Menggunakan Realme 5 Pro

Kegegasan

Di sektor performa Realme 5 Pro pantas berbangga diri sebagai satu-satunya ponsel yang ditenagai oleh Snapdragon 712 dengan harga paling terjangkau.

Realme 5 Pro dengan RAM 4 GB dan memori internal 128 GB sudah bisa dibeli dengan harga kurang dari Rp 3 Juta, sedangkan Samsung Galaxy A20s yang hanya berbeda beberapa ratus ribu Rupiah hanya menggunakan Snapdragon 450.

Soal kapasitas RAM sendiri ponsel ini ditawarkan dengan opsi 4 GB dan 8 GB, bagi Dombort yang nyaris tak pernah bermain game ini versi 4 GB sebenarnya sudah terasa sangat mumpuni.

Namun demi memuaskan rasa penasaran maka versi 8 GB pun ikut dijajal untuk melihat seberapa digdayakah Realme 5 Pro kala menjalankan game.

Beberapa judul game seperti “Asphalt 9”, “NBA2K19”, “Mobile Legends” dan tentu saja “PUBG” pun dijalankan pada Realme 5 Pro versi 8 GB yang jadi unit uji coba.

Hasilnya memuaskan, tentu saja tak sanggup dibandingkan dengan ponsel kelas high-end namun untuk harga Rp 3 Juta-an dijamin kegegasannya tidak mengecewakan.
Bahkan Samsung Galaxy A70 yang dibanderol lebih mahal pun tak sanggup menyamai kegegasan Realme 5 Pro.

Oleh karena masih satu group dengan Oppo maka tak mengherankan jika Realme 5 Pro menggunakan tampilan antar muka ColorOS 6 dengan berbasis Android 9 Pie.

Secara umum tampilan antar mukanya serupa dengan ponsel Oppo namun Realme melakukan beberapa ubahan minor misalnya pada bagian “lock screen”, jenis huruf (font) yang digunakan serta tombol kontrol utama yang dibuat melingkar alih-alih persegi seperti milik Oppo.

Realme juga menambahkan fasilitas app drawer pada tampilan antar muka ini sehingga lebih praktis kala mencari sebuah aplikasi.

Seperti biasa tampilan antar muka ColorOS ini tidak lepas dari bloatware berupa aplikasi-aplikasi bawaan yang sebenarnya tidak perlu karena aplikasi serupa sudah tersedia pada Google Play.

Performa dan Kualitas Kamera Realme 5 Pro

Masa ini hampir tidak mungkin melepaskan kamera dari sebuah ponsel, fitur tersebut bahkan kerap jadi pertimbangan utama calon konsumen kala membuat pertimbangan beli.

Realme 5 Pro sendiri menawarkan empat buah lensa kamera utama dengan mengandalkan sensor utama 48 MP f/1.8 IMX586 buatan Sony.

Foto-foto yang dihasilkan dengan sensor utama ini terlihat cerah dengan tingkat kontras maupun reproduksi warna sangat baik untuk ukuran kamera ponsel harga Rp 3 Juta-an.

Bagi Anda yang menyukai warna lebih mencolok Realme pun menyediakan fitur “Color Splash” untuk membuat warna-warna pada foto terlihat lebih hidup.

Sekali lagi untuk standar harga Rp 3 Juta-an hasilnya memang memuaskan tapi bukan berarti sempurna sebab kalau diamati lebih teliti akan terlihat bahwa perangkat lunaknya cenderung menjadikan objek terlalu tajam dari sebenarnya.

Foto Hasil Kamera Realme 5 Pro

Performa Kamera Realme 5 Pro

Kualitas Kamera Realme 5 Pro

Beralih ke kamera sudut lebar 8 MP dengan f/2.25 pada dasarnya lensa ini ideal digunakan untuk foto bersama (group) atau mengabadikan objek seperti bangunan.

Namun sudah bisa diduga mengingat resolusi yang rendah maka tingkat detil serta ketajaman warna yang ditampilkan jauh dari ideal.

Sensor ketiga dengan resolusi 2 MP dimaksudkan untuk foto jarak dekat (makro), meski tingkat resolusinya tak seberapa namun terbukti cukup untuk menghasilkan foto jarak dekat yang diharapkan.

Hasil Kamera Makro Realme 5 Pro

Sedangkan sensor keempat yang juga memiliki tingkat resolusi 2 MP difungsikan untuk mencipta efek bokeh.
Pemisahan antara objek dengan latar belakang terlihat cukup baik.

Beralih ke bagian depan Realme 5 Pro menawarkan kamera swafoto dengan sensor 16 MP yang sanggup menghasilkan kualitas foto cerah, tajam dan dilengkapi pula oleh berbagai mode untuk mempercantik tampilan.

Secara keseluruhan baik empat lensa kamera utama di bagian belakang maupun kamera swafoto di depan sanggup menghasilkan kualitas foto sesuai ekpektasi.

Stamina Baterai

Dilengkapi dengan baterai 4035 mAh sebenarnya stamina baterainya sendiri tidak istimewa namun untuk penggunaan normal ala Dombort masih sanggup bertahan hingga malam hari.

Proses pengisian dayanya sendiri relatif singkat karena sudah dilengkapi dengan VOOC 3.0 sehingga pengisian daya dari 0-100% hanya memerlukan waktu selama 1 jam 30 menit. Sementara pengisian ulang selama 30 menit sendiri sudah mampu mengisi ulang daya sebanyak 50%.

Penilaian Dombort untuk Realme 5 Pro

Realme 5 Pro kembali membuktikan sebagai salah satu kandidat ponsel terbaik di rentang harga Rp 3 jutaan.
Desain, kamera serta kegegasan menjadi keunggulan utama dari penerus Realme 3 Pro ini.

Memang di beberapa bagian seperti lensa sudut lebar lebih terkesan gimmick ketimbang benar-benar memberi manfaat, tapi untuk harga Rp 3 Juta-an rasanya keberadaan fitur tersebut sudah cukup terlepas dari kualitasnya.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Realme 5 Pro
Author Rating
41star1star1star1stargray