Review Realme 5 Dombort

Realme 5 Istimewa di Rentang Harga 2 Juta

Realme 5 yang didaulat menggantikan Realme 3 turut dilengkapi dengan empat buah lensa kamera utama layaknya Realme 5 Pro.
Bermain pada satu segmen di bawah Realme 5 Pro sampai saat ini memang tak banyak pesaing dengan cukup potensi untuk mengancam Realme 5.

Perubahan dari sisi desain langsung membedakan penampilan antara Realme 5 dengan pendahulunya, sama halnya seperti seri Pro di panel bagian belakang menerapkan desain potongan berlian dengan efek gradasi.

Apa saja perubahan Realme 5 yang membedakannya dari Realme 3? Berikut ulasan ringan dari Dombort seputar ponsel tersebut.

Realme 5 dan Spesifikasi

Cek Harga Disini

Spesifikasi Realme 5

OS ColorOS 6 berbasis Android 9.0 (Pie) dijadwalkan update Android 10
Layar 6.5 inches, 720 x 1600 pixels, 20:9 ratio (~269 ppi density)
SoC Qualcomm SDM665 Snapdragon 665 (11 nm)
GPU Adreno 610
RAM 3/4 GB
ROM 128 GB
Kamera Utama 12 MP, f/1.8, (wide), 1/2.9″, 1.25µm, PDAF
8 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide), 1/4″, 1.12µm
2 MP, f/2.4, 1/5″, 1.75µm (dedicated macro camera)
2 MP, f/2.4, 1/5″, 1.75µm, depth sensor
Kamera Swafoto 13 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/3″, 1.12µm
Sensor Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
Waterproofing
Baterai Non-removable Li-Po 5000 mAh battery
Dimensi 164.4 x 75.6 x 9.3 mm
Berat 198 g

Desain dan Penampilan Realme 5

Selain penampilan yang memang berbeda hal lain yang tampak termasuk juga penambahan dimensi, bisa jadi peningkatan bentang layar beserta kapasitas baterai menjadi dua penyumbang terbesar bagi penambahan dimensi tersebut.

Tentu bobotnya juga meningkat menjadi 198 gram.

Ponsel yang memiliki bentang layar 6.5 inch dengan resolusi HD (720 p) ini sanggup terbaca cukup jelas di luar ruangan termasuk kala terpapar matahari langsung.

Tingkat sensitivitas dan akurasi yang baik menjadikan layar ponsel ini ideal kala digunakan menjalankan game.

Sama halnya dengan Realme 5 Pro penempatan lubang/kisi-kisi speaker-nya berada di bagian bawah.
Untuk sebuah ponsel sekelas ini kualitas suara yang dihasilkan oleh speaker tersebut termasuk baik.

Kelebihan dan Kekurangan Realme 5

Kualitas dan Performa Kamera Realme 5

Seperti halnya Realme 5 Pro untuk Realme 5 ini sang produsen juga menempatkan empat lensa kamera utama di bagian belakang.

Masing-masing adalah sensor utama 12 MP f/1.8, lensa sudut lebar dengan sensor 8 MP f/2.5, lensa makro 2 MP dan depth camera 2 MP.

Meski spesifikasi kameranya tak sebaik Realme 5 Pro namun untuk sstandar kamera ponsel harga 2 Juta-an performa kameranya terbilang baik serta kaya fitur.

Beberapa mode yang ditawarkan oleh kamera ini meliputi Photo, Video, Slo-mo, Nightscape, Panorama, Time-lapse, ultra macro dan Expert.

Sebagaimana umumnya ponsel masa kini proses pengambilan foto dibantu oleh AI untuk mengoptimalkan hasil.

“Chroma Boost” yang selalu jadi ciri khas kamera ponsel merek Realme juga disertakan hanya saja hasilnya tak selalu menjadikan foto lebih baik, terkadang juga sebaliknya.

Namun bagi Dombort keistimewaan kamera Realme 5 terletak pada mode Expert yang memberi kebebasan pengguna melakukan pengaturan ISO, White Balance serta Shutter Speed.
Fitur tersebut nyaris tak tersedia di ponsel lain di kisaran harga ini.

Du luar ruangan pada siang hari foto-foto yang dihasilkan terbilang baik, sementara untuk malam hari ada penurunan dari sisi warna namun tingkat kontras dan ketajamannya masih terjaga dengan baik.

Kamera swafoto 13 MP pada bagian depan juga mampu menghasilkan foto yang lagi-lagi tergolong baik.

Kegegasan

Didukung oleh Snapdragon 665 sebagai jantung performa ponsel ini sanggup bekerja mulus dan responsif untuk penggunaan sehari-hari.

Beberapa game seperti PUBG dan NBA 2K20 juga bisa dijalankan dengan baik selama tidak pada pengaturan grafis tertinggi.

Face Unlock –nya juga bekerja akurat selama ada cukup pencahayaan, sedangkan sensor pemindai sidik jari juga terbukti handal dari sisi akurasi maupun kecepatan.

Stamina Baterai

Ditanami dengan baterai berkapasitas 5000 mAh Realme 5 sanggup bertahan selama satu setengah hari untuk penggunaan normal ala Dombort.

Namun tak seperti Realme 5 Pro untuk versi yang lebih murah ini belum didukung fitur fast charge. Alhasil pengisian ulang daya baterai dari 0-100% memerlukan waktu kurang lebih 180 menit.

Sepertinya ketiadaan fitur fast charge menjadi satu-satunya kekurangan Realme 5, sebab di luar itu ponsel ini menjadi pilihan terbaik di kisaran harga Rp 2 Jutaan.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Realme 5
Author Rating
31star1star1stargraygray