Review Realme XT Dombort

Realme XT Tawarkan Kamera Menawan di Harga 4 Jutaan

Sekalipun Realme 5 Pro tampil menawan dan memikat banyak peminat ternyata ponsel ini bukan menjadi satu-satunya andalan merek tersebut tahun ini. Hanya berselang satu bulan setelah dirilisnya Realme 5 Pro muncul sang kakak dengan sapaan Realme XT.

Dibanderol dengan kisaran harga Rp 4 Jutaan Realme XT menjanjikan ponsel dengan kegegasan istimewa berikut kamera yang tangguh di siang maupun malam hari.
Untuk mewujudkan janji tersebut pihak produsen menempatkan empat lensa kamera utama serta jantung performa Snapdragon 712.

Realme XT dan Spesifikasi

Cek Harga Disini

Spesifikasi Realme XT

OS ColorOS 6 berbasis Android 9.0 (Pie) dijadwalkan update Android 10
Layar Super AMOLED 6.5 inches, 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio (~403 ppi density)
SoC Qualcomm SDM712 Snapdragon 712 (10 nm)
GPU Adreno 616
RAM 8 GB
ROM 128 GB
Kamera Utama 64 MP, f/1.8, (wide), 1/1.7″, 0.8µm, PDAF
8 MP, f/2.3, 13mm (ultrawide), 1/4″, 1.12µm
2 MP, f/2.4, 1/5″, 1.75µm (dedicated macro camera)
2 MP, f/2.4, 1/5″, 1.75µm, depth sensor
Kamera Swafoto 16 MP, f/2.0, 1/3.1″, 1.0µm
Sensor Fingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass
Waterproofing Splash resistant
Baterai Non-removable Li-Po 4000 mAh battery
Dimensi 158.7 x 75.2 x 8.6 mm
Berat 183 g

Desain, Layar dan Audio Realme XT

Sungguh tak terduga bahwa akhirnya muncul juga ponsel dengan harga kurang dari Rp 5 Juta yang menerapkan material kaca untuk bodinya.

Sisi depan maupun belakang ponsel ini dibalut dengan Corning Gorilla Glass 5, tentu saja untuk menghemat biaya produksi ada trik yang harus diterapkan dan Realme memilih menggunakan material plastik di bagian rangka.

Desainnya sendiri terkesan sederhana, tak ada bagian yang langsung terlihat mencolok atau beda tapi secara keseluruhan Realme XT memancarkan kesan minimalis dan elegan terutama untuk versi warna “Pearl White”.

Sudah bisa diduga material seperti ini menyimpan banyak noda jari selama penggunaan, di samping pula permukaan yang licin. Namun sebenarnya kelemahan desain Realme XT terletak pada kamera bagian belakang yang menonjol sehingga rentan tergores.

Beralih ke bagian layar Anda disuguhi oleh sebuah layar dengan bentang 6.5 inch yang menampilkan gambar dengan resolusi setara Full HD+ dan tentu saja sudah berteknologi AMOLED dengan tingkat kecerahan serta saturasi istimewa. Lebih-lebih untuk sebuah ponsel dengan harga Rp 4 Jutaan.

Layar Super AMOLED Realme XT

Karena sudah menggunakan layar berteknologi AMOLED maka Anda bisa mengaktifkan fitur “Always on Display” meski hanya terbatas menampilkan jam dan tanggal tanpa kesempatan melakukan kustomisasi.
Konon dikemudian hari Realme akan memberikan pembaruan perangkat lunak yang bakal mengoptimalkan fitur tersebut.

Tak diragukan lagi menonton video maupun menjalankan game terasa memuaskan berkat kualitas tampilan layar Realme XT, sayang tidak didukung dengan kualitas audio yang sepadan.
Bukan saja karena hanya dilengkapi dengan speaker tunggal/mono namun kualitas suaranya secara keseluruhan jauh dari memuaskan.

Kegegasan

Meski menjanjikan kegegasan istimewa tapi Realme XT masih menggunakan jantung performa yang sama dengan Realme 5 Pro yaitu Snapdragon 712 AIE buatan Qualcomm didampingi oleh RAM berkapasitas 8 GB.

Bahkan versi sistem operasi serta tampilan antar mukanya juga identik, karenanya tak heran jika performa alias kegegasan Realme XT dan Realme 5 Pro terasa sama persis.
Andai saja Realme menggunakan Snapdragon 730 untuk ponsel ini tentu kondisinya bakal lebih menarik.

Jika Anda pensaran seperti apa gambaran kegegasan Realme XT silakan buka kembali ulasan Dombort untuk Realme 5 Pro beberapa waktu silam.

Kualitas Kamera Realme XT

Bagian paling menarik sudah pasti terletak pada kamera utama dengan empat lensa, terutama lensa utama dengan sensor 64 MP.

Kelebihan dan Kekurangan Realme XT

Sensor utama ponsel ini memiliki tingkat resolusi jauh lebih tinggi dibanding milik Realme 5 Pro, tapi sementara Realme 5 Pro menggunakan sensor buatan Sony untuk Realme XT ini mengimplementasi sensor Samsung GW1.

Oleh karena sensor tersebut merupakan sensor Quad-Bayer maka tak usah heran jika resolusi foto yang dihasilkan tak lebih dari 16 MP.
Mendampingi lensa tersebut adalah lensa sudut lebar 8 MP, lensa makro 2 MP serta depth lense 2 MP.

Untuk perekaman video sendiri meski mendukung resolusi 4K namun EIS (Electronic Image Stabilization) –nya hanya bekerja pada resolusi maksimal 1080 p.

Bisa dilihat bahwa perbedaan antara kamera Realme XT dengan Realme 5 Pro hanya terletak pada lensa utama.
Tapi sejauh apakah beda antara kedua kamera tersebut?

Umumnya kualitas foto yang dihasilkan oleh kedua ponsel tersebut tidak tampak berbeda, namun kala subjek yang dipilih berkarakter kaya tekstur barulah terlihat bahwa lensa kamera Realme XT mampu menangkap detil jauh lebih baik dibanding kamera Realme 5 Pro.

Foto Hasil Kamera Realme XT

Review kamera Realme XT

Kelebihan Kamera Realme XT

Review Realme XT

Pengalaman Menggunakan Realme XT

Jika tujuannya sekedar diunggah di media sosial sejujurnya keunggulan tersebut tidaklah terlalu bermanfaat (bisa dirasakan).

Tapi kondisinya jadi berbeda kala digunakan di dalam ruangan atau malam hari, kemampuan lensa dengan sensor Samsung GW1 64 MP untuk menangkap detil yang tinggi sangat terasa manfaatnya kala digunakan pada kondisi pencahayaan terbatas.

Karena untuk ketiga lensa lain serta kamera swafoto tak berbeda dari milik Realme 5 Pro maka Dombort takkan mengulasnya lebih lanjut. Silakan Anda buka ulasan Realme 5 Pro untuk mendapat gambarannya.

Daya Tahan Baterai

Realme menjejali ponsel andalannya dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh dengan dukungan VOOC 3.0 seperti milik Oppo Reno2.

Baterai tersebut sanggup bertahan dengan mudah selama sehari untuk penggunaan normal ala Dombort.
Pada pengujian didapat screen on time selama 7 jam.

Pengisian ulang daya baterai dengan menggunakan charger bawaannya selama 30 menit sanggup mengembalikan daya baterai sebanyak 50%.
Sedangkan untuk pengisian hingga penuh diperlukan waktu sekitar 90 menit.

Penilaian Dombort untuk Realme XT

Bisa disimpulkan bahwa peningkatan utama Realme XT dari Realme 5 Pro terletak pada lensa kamera utama dengan sensor 64 MP.
Sementara layar AMOLED, material serat kaca dan desain elegan merupakan bonus tambahan.

Kualitas kamera Realme 5 Pro sebenarnya sudah terbilang bagus untuk standar kelasnya, tapi kalau Anda mengharapkan kualitas ekstra terutama untuk foto malam hari dan ragu mengeluarkan uang lebih untuk Huawei Nova 5T maka Realme XT merupakan opsi terbaik yang ada saat ini.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Realme XT
Author Rating
41star1star1star1stargray