Asus Zenfone 6 ZS630KL Dombort

Asus Zenfone 6 ZS630KL Penantian Panjang yang Tak Mengecewakan

Sedikit terlambat sebenarnya kehadiran Asus Zenfone 6 ZS630KL di Indonesia sebab produk ini sudah dirilis di beberapa negara lain mulai bulan Mei 2019 lalu.
Di Indonesia sendiri Asus berargumen bahwa penundaan tersebut dimaksudkan menghindari Zenfone 6 ZS630KL ini jadi produk gaib, alias resmi dijual namun susah didapat karena stok terbatas.

Apapun itu nyatanya flagship terkini dari pabrikan asal Taiwan itu sudah bisa didapat di Indonesia. Kini pertanyaannya apakah ponsel dengan harga nyaris menyentuh angka Rp 7 Juta tersebut layak dinanti sekian lama?

Asus Zenfone 6 ZS630KL dan Spesifikasi

Cek Harga Disini

Spesifikasi Asus Zenfone 6 ZS630KL

OS ZenUI 6 berbasis Android 9.0 (Pie)
Layar 6.4 inches, 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio (~403 ppi density)
SoC Qualcomm SDM855 Snapdragon 855 (7 nm)
GPU Adreno 640
RAM 8 GB
ROM 256 GB
Kamera Utama 48 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/2″, 0.8µm, PDAF, Laser AF
13 MP, f/2.4, 11mm (ultrawide)
Kamera Swafoto Motorized flip-up main camera module
Sensor Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
Waterproofing
Baterai Non-removable Li-Po 5000 mAh battery
Dimensi 159.1 x 75.4 x 9.2 mm
Berat 190 g

Desain dan Layar Asus Zenfone 6 ZS630KL

Meski minimalis namun sekilas lalu saja sudah langsung kentara bahwa ponsel ini dibuat dan dirancang dengan sangat baik.
Seperti umumnya ponsel masa kini Asus Zenfone 6 ZS630KL juga menggunakan material kaca di kedua sisi dengan bingkai logam.

Tidak terlihat keberadaan poni di atas layar, sebab pabrikan asal Taiwan ini pilih mengimplementasikan kamera berputar demi mengoptimalkan bentang layar.

Bagian layar ini sendiri dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 6 dalam upaya meminimalisir goresan selama penggunaan.

Di atas layar terlihat beberapa sensor seperti cahaya dan proximity serta lubang kecil untuk speaker.
Asus Zenfone 6 ZS630KL sudah dilengkapi pula dengan lampu LED notifikasi sebagai pengganti fitur Always on.

Karena menggunakan layar berteknologi IPS maka memang tidak mungkin bagi Zenfone 6 ini untuk menawarkan fitur Always on display.
Namun dari sisi kepraktisan sebenarnya lampu notifikasi lebih praktis ketimbang Always on display.

Kualitas Layar Asus Zenfone 6 ZS630KL

Beberapa orang memang sempat kecewa kala Asus memastikan ponsel kelas flagship terbarunya ini tidak akan menggunakan layar berteknologi OLED.
Walaupun layar OLED cenderung lebih disukai ketimbang IPS namun sebenarnya kedua teknologi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Layar dengan bentang 6.4 inch milik Zenfone 6 ZS630KL memiliki tingkat resolusi 1080 x 2340 pixels yang tingkat kecerahannya mencapai 600 nits dan mendukung DCI-P3 maupun HDR10.

Kuaitas layarnya terlihat sangat baik, tingkat kecerahannya tinggi demikian pula viewing angles sangat luas.

Kelebihan dan Kekurangan Asus Zenfone 6 ZS630KL

Pada bagian belakang terlihat dua lensa kamera didampingi sepasang lampu LED serta modul laser focusing yang selama beberapa tahun terakhir menjadi fitur andalan kamera ponsel Asus Zenfone.

Unit rotari kamera tersebut terbuat dari logam ringan dan pabrikan mengklaim sanggup bertahan selama 100.000 kali penggunaan.
Andaikata dalam sehari Anda melakukan swafoto sebanyak 30 kali maka unit rotari ini masih bisa bertahan selama 9 tahun.

Review Asus Zenfone 6 ZS630KL Dombort

Sistem rotari ini dilengkapi dengan akselerometer sehingga ketika ponsel terjatuh secara tidak sengaja saat kamera swafoto dalam kondisi aktif maka secara otomatis akan menutup atau kembali ke posisi semula.

Kualitas dan Performa Kamera

Bagaimana dengan kualitas kameranya sendiri?
Asus memilih sensor Sony IMX586 48 MP sebagai sensor utama yang secara default akan membuat foto dengan tingkat resolusi 12 MP.

Meskipun Anda bisa mengubahnya menjadi 48 MP namun dari sisi kualitas tidak tampak perbedaan. Perbedaannya kala mengubah ke resolusi 48 MP maka Anda akan mendapatkan foto dengan ukuran 8000 x 6000 pixels alih-alih 4000 x 3000 pixels.
Kecuali berencana mencetak dengan ukuran besar rasa-rasanya tak cukup manfaat yang didapat dari resolusi tinggi tersebut.

Kamera Asus Zenfone 6 ZS630KL sanggup menghasilkan foto-foto dengan kualitas yang sangat memuaskan dari sisi detil, kecerahan maupun reproduksi warna.

Review Kamera Asus Zenfone 6 ZS630KL Dombort

Contoh Foto Hasil Kamera Asus Zenfone 6 ZS630KL Dombort

Pada mode makro hasilnya juga memuaskan, sedangkan untuk mode portrait kamera ini sanggup memisahkan subjek dengan latar belakang secara ideal.

Mode Makro Kamera Asus Zenfone 6 ZS630KL Dombort

Mode Portrait Kamera Asus Zenfone 6 ZS630KL Dombort

Kala digunakan di dalam ruangan dan malam hari memang terlihat ada penurunan kualitas terutama detilnya. Tapi hasilnya masih dalam kategori baik selama kondisi kontras dan pencahayaan sekitar tak terlalu ekstrem.

Sempat ketangguhan kamera ini diuji untuk mengabadikan bulan purnama, namun ternyata mengecewakan.

Foto Malam Hari

Kesimpulannya sebagai ponsel flagship kamera Zenfone 6 masih kalah dibanding ponsel kelas flagship seperti Samsung Galaxy Note 10, iPhone 11 atau Huawei P30 Pro.
Tapi dibanding ponsel kelas menengah seperti Huawei Nova 5T misalnya jelas kamera Zenfone 6 masih lebih baik.

Kesimpulan tersebut bisa jadi terlalu dini sebab lewat pembaruan perangkat lunak bukan tidak mungkin performa kamera ponsel ini bakal meningkat.

Kegegasan dan Audio

Asus menempatkan SoC Snapdragon 855 untuk bertanggung jawab atas performa ponsel terbarunya ini didampingi dengan RAM berkapasitas 8 GB.

Untuk penggunaan harian Asus Zenfone 6 ZS630KL mampu memberikan pengalaman mulus dan responsif.

Sementara untuk menjalankan game pihak produsen menyertakan aplikasi “Game Genie” untuk memaksimalkan kemampuannya kala menjalankan game sekaligus menonaktifkan notifikasi selama permainan berlangsung.

Asus memang masih menggunakan pemindai sidik jari konvensional, maksudnya tidak ditempatkan di layar.
Namun demikian akurasi dan kecepatannya sangat baik, jauh lebih baik dibanding in display sensor yang memang dari sisi teknologi masih belum sempurna.

Di sektor audio ponsel ini sudah mendukung Hi-Res Audio 24-bit/192 kHz dan efek DTS Headphone X.
Karenanya baik memutar musik, video maupun game Anda bakal dipuaskan oleh kualitas suara dari Asus Zenfone 6 ZS630KL.

Kualitas Audio Asus Zenfone 6

Daya Tahan Baterai

Baterai berkapasitas 5000 mAh ditanamkan di ponsel ini dan untuk penggunaan normal ala Dombort staminanya sanggup bertahan lebih dari dua hari.

Berkat fitur “Quick Charge 4.0” hanya diperlukan waktu selama 40 menit untuk pengisian kembali daya baterai dari 0-53%.
Sedangkan pengisian dari 0 ke 100% memerlukan waktu 1 jam 50 menit.

Kekurangannya, sebagai ponsel yang posisinya adalah produk flagship ternyata Asus Zenfone 6 ZS630KL belum dilengkapi fitur pengisi daya secara nirkabel (wireless).

Penilaian untuk Asus Zenfone 6 ZS630KL

Penantian panjang untuk Asus Zenfone 6 ZS630KL rasanya sangat pantas. Sebagai ponsel kelas flagship ia menawarkan harga terjangkau, serta keseimbangan antara build quality istimewa, kegegasan, kualitas layar, kualitas kamera dan tentu saja daya tahan baterai.

Dua kekurangan Asus Zenfone 6 ZS630KL menurut Dombort terletak dari desain yang belum kedap air serta ketiadaan fitur pengisian daya baterai secara nirkabel.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Asus Zenfone 6 ZS630KL
Author Rating
41star1star1star1stargray