Redmi Note 8 Dombort

Redmi Note 8 Menawan di Tengah Himpitan Lawan

Menjadi trendsetter tak membuat langkah Redmi Note 8 mulus. Dulu kala pertama kali Xiaomi memperkenalkan seri Redmi Note memang nyaris tak ada kompetitor di segmen tersebut namun beberapa tahun belakangan ini kondisinya sama sekali berbeda.

Redmi Note 8 yang didaulat menggantikan Redmi Note 7 sekali lagi harus berhadapan dengan Realme. Tahun lalu Realme 3 terbukti menjadi ganjalan, tahun ini Realme 5 tampil lebih solid dibanding pendahulunya. Maka bisa ditebak bahwa rivalitas dua merek itu akan makin sengit.

Harga Redmi Note 8 dan Spesifikasi

Cek Harga Disini

Spesifikasi Redmi Note 8

OS MIUI berbasis Android 9.0 (Pie)
Layar 6.3 inches, 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio (~409 ppi density)
SoC Qualcomm SDM665 Snapdragon 665 (11 nm)
GPU Adreno 610
RAM 6 GB
ROM 64/128 GB
Kamera Utama 48 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/2″, 0.8µm, PDAF
8 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide), 1/4″, 1.12µm
2 MP, f/2.4, 1/5″, 1.75µm (dedicated macro camera)
2 MP, f/2.4, 1/5″, 1.75µm, depth sensor
Kamera Swafoto 13 MP, f/2.0, 1.12µm
Sensor Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
Waterproofing
Baterai Non-removable Li-Po 4000 mAh battery
Dimensi 158.3 x 75.3 x 8.4 mm
Berat 190 g

Desain dan Layar Redmi Note 8

Tahun lalu Xiaomi memang menjanjikan bahwa semua ponsel kelas menengahnya bakal hadir dengan desain elegan. Namun mereka tak menjanjikan bakal ada pembaruan penampilan setiap tahun.
Jadi tak perlu heran jika penampilan Redmi Note 8 sangat identik dengan pendahulunya.

Berbeda dengan Redmi Note 8 Pro yang bagian belakangnya mengkurva untuk seri regular ini masih mempertahankan panel dengan permukaan rata.
Modul kamera diposisikan pada bagian kiri atas sementara sensor pemindai sidik jari berada di tengah.

Panel depan serta belakang mengadopsi material kaca meski rangka di tengah masih menggunakan plastik, tentu maksudnya tak lain adalah menghemat biaya produksi.

Dimensinya termasuk besar, permukaan licin juga tidak bisa disebut nyaman dalam genggaman. Tapi secara keseluruhan ponsel ini masih termasuk salah satu ponsel dengan penampilan terbaik di segmen harganya.

Kelebihan dan Kekurangan Redmi Note 8

Layar berteknologi LCD dengan bentang 6.3 inch di bagian depan sudah dilapis oleh Corning Gorilla Glass.
Dengan tingkat rasio 19.5:9 serta resolusi 2340 x 1080 pixels kualitas layar ini terbilang baik untuk standar harganya.

Di bawah paparan sinar matahari layar ini masih bisa terbaca dengan baik selama ambient light sensor -nya diaktifkan.

Kamera

Pada bagian belakang terlihat Redmi Note 8 mengimplementasi empat lensa kamera dengan sensor 48 MP Samsung GM2 sebagai lensa utamanya.
Didampingi oleh lensa lebar 8 MP, lensa makro 2 MP serta depth sensor 2 MP.

Lensa utamanya yang memiliki resolusi 48 MP menghasilkan foto-foto dengan tingkat detil tinggi, warna tajam serta dynamic range yang baik.
Bahkan di malam hari atau dalam ruangan pun masih termasuk baik untuk standar kamera ponsel seharga ini.

Foto Hasil Kamera Redmi Note 8

Lensa sudut lebarnya juga tidak buruk meski dynamic range -nya tak sebaik foto dengan lensa utama.

Sementara untuk dua lensa lain tampaknya sekedar pelengkap karena dengan sensor 2 MP tingkat detil yang ditangkap tidak terlalu baik. Namun sekedar untuk diunggah ke jejaring sosial rasanya tak jadi soal.

Kegegasan

Dapur pacu turut mengalami perbaikan jika sebelumnya Qualcomm Snapdragon 660 memberi tenaga bagi kegegasan Redmi Note 7 maka kini Snapdragon 665 –lah yang ditanam pada Redmi Note 8.

Secara umum kegegasan ponsel terbaru Xiaomi ini untuk penggunaan harian terasa mulus, meski terkadang ada jeda waktu loading yang sedikit panjang.
Sementara untuk menjalankan game populer seperti “PUBG” Anda masih bisa mengharapkan performa mulus pada tingkat pengaturan grafis balanced.
Namun game yang lebih berat seperti “Asphalt 9: Legends” tidak bisa dijalankan secara dengan Redmi Note 8 meski pada tingkat grafis terendah sekalipun.

Stamina Baterai

Perpaduan antara baterai berkapasitas 4000 mAh dengan Snapdragon 655 yang terkenal efisien mengkonsumsi sumber daya menjadikan ponsel Xiaomi ini sanggup bertahan selama 2 hari untuk penggunaan normal ala Dombort.

Sementara pengisian ulang daya baterai selama 1 jam sudah sanggup mengembalikan daya sebanyak 75%.

Penilaian untuk Redmi Note 8

Xiaomi sekali lagi membuktikan diri sebagai pemain penting di segmen budget. Di tengah gempuran kompetitor Redmi Note 8 menunjukkan dari sebagai salah satu alternatif terbaik yang bisa dipilih di segmennya.

Tampilannya mungkin memang membosankan karena tak tampak berbeda dari tahun sebelumnya, tapi coba abaikan kesan tersebut dan pertimbangkan rasio harga dengan apa yang ditawarkan maka dengan mudah Anda akan melihat bahwa preditkat “best value for the money” masih pantas disandangnya.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Redmi Note 8
Author Rating
41star1star1star1stargray