Qualcomm Snapdragon 855

Snapdragon 855 dan Snapdragon 845, Apa Bedanya?

Snapdragon 855 saat ini merupakan SoC kasta tertinggi keluaran Qualcomm, keberadaannya tak lain sebagai pengganti dari Snapdragon 845 yang sebelumnya banyak ditemukan pada ponsel-ponsel kelas flagship.

Tahun sebelumnya Snapdragon 845 membuktikan diri sebagai SoC dengan kinerja terbaik hingga masih sulit diimbangi oleh kompetitor termasuk Kirin 980 buatan Huawei. Apa pembaruan dan peningkatan yang diberikan pada penerusnya?

Satu hal paling mencolok adalah dukungan Snapdragon 855 terhadap jaringan 5G namun bagaimana dengan pengguna yang belum bisa menikmati jaringan tersebut? Apakah Snapdragon 855 tak terlalu bermanfaat dibanding Snapdragon 845?

Tentu saja tidak!
Pertama-tama SoC tercanggih keluaran Qualcomm ini merupakan SoC 7 nm FinFET pertama yang pernah dibuat oleh perusahaan tersebut. Tahun sebelumnya Snapdragin 845 menggunakan proses 10 nm, ini berarti bahwa ada peningkatan efisiensi yang signifikan.

Selain itu berbeda pula dengan Snapdragon 845 yang memiliki empat inti besar (core) dan empat inti kecil untuk Snapdragon 855 ini Qualcomm menerapkan sebuah inti lebar, tiga buah inti besar dan empat buah inti berukuran kecil.
Artinya SoC ini sudah menggunakan CPU tiga klaster yang merupakan platform baru untuk ponsel masa kini.

Seperti apakah inti (core) pada Snapdragon 855 tersebut?
Inti lebar yang ditanamkan berbasis pada Cortex A76 yang dipatok pada kecepatan 2.84 GHz dan diikuti inti empat buat Cortex A75.
Selebihnya merupakan Cortex A76 yang memiliki kecepatan 2.42 GHz.

Perbedaan dan Peningkatan GPU

Di bagian GPU kini Adreno 640 menggeser posisi yang sebelumnya dihuni oleh Adreno 630. Menurut klaimnya GPU baru ini memberikan peningkatan performa sebanyak 20% diikuti oleh dukungan terhadap HDR serta PBR kala menjalankan game.

Sementara untuk pemutaran video GPU terbaru ini mendukung format Dolby Visions maupun HDR 10+

Peningkatan Lainnya

Masih ada peningkatan lain yang dimiliki oleh Snapdragon 855 dibanding Snapdragon 845 diantaranya adalah modul AI dan Machine Learning dengan Hexagon 690 DSP.

Untuk dukungan kamera berkat penggunaan Spectra 380 ISP ponsel yang mengandalkan Snapdragon 855 sebagai jantung performa bakal mampu dilengkapi kamera dengan kemampuan rekam video HDR 4K.

Jadi bisa disimpulkan bahwa berbeda dengan ubahan Snapdragon 660 ke Snapdragon 665 yang terbatas untuk perubahan dari Snapdragon 845 ke Snapdragon 855 ini ditawarkan peningkatan signifikan.

Jika Anda penasaran dengan SoC ini hampir semua ponsel kelas flagship seperti Samsung Galaxy Note 10+ sudah mengadopsinya.
Untuk ponsel dengan harga lebih terjangkau Anda bisa memilih Asus Zenfone 6 yang juga sudah menggunakan Snapdragon 855 tersebut.