Redmi Note 8 Pro Dombort

Redmi Note 8 Pro Bakal Jadi Lawan Sepadan Buat Realme 5 Pro

Redmi Note 8 Pro kini resmi dijual di Indonesia dalam waktu hampir bersamaan dengan Redmi Note 8 dan Redmi 8.
Keputusan ini sebenarnya merupakan kabar baik bagi calon konsumen sebab versi Pro ini menawarkan spesifikasi lebih baik ketimbang versi standarnya.

Tahun lalu Redmi Note 7 Pro yang menaawarkan kamera 48 MP serta ditenagai oleh SoC Snapdragon 675 menjadi ponsel favorit di segmen harga 3 Jutaan dan tahun ini pihak pabrikan menawarkan peningkatan berupa kamera 64 MP serta chipset Helio G90T buatan Mediatek yang dianggap sebagai chipset terbaik di kelas menengah untuk game.

Harga Redmi Note 8 Pro dan Spesifikasi

Cek Harga Disini

Spesifikasi Redmi Note 8 Pro

OS MIUI 10 berbasis Android 9.0 (Pie)
Layar 6.53 inches, 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio (~395 ppi density)
SoC Mediatek Helio G90T (12nm)
GPU Mali-G76 MC4
RAM 6 GB
ROM 64/128 GB
Kamera Utama 64 MP, f/1.9, 26mm (wide), 1/1.7″, 0.8µm, PDAF
8 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide), 1/4″, 1.12µm
2 MP, f/2.4, 1/5″, 1.75µm (dedicated macro camera)
2 MP, f/2.4, 1/5″, 1.75µm, depth sensor
Kamera Swafoto 20 MP, f/2.0, 0.9µm
Sensor Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
Waterproofing IP52
Baterai Non-removable Li-Po 4000 mAh battery
Dimensi 161.4 x 76.4 x 8.8 mm
Berat 200 g

Desain dan Layar Redmi Note 8 Pro

Xiaomi memberikan desain yang termasuk apik untuk Redmi Note 8 Pro ini meski secara keseluruhan banyak memiliki kesamaan dengan Xiaomi K20.

Baik bagian depan maupun belakang keduanya terlindung oleh Corning Gorilla Glass 5 yang diyakini sanggup meminimalisir kemungkinkan terjadinya goresan selama digunakan.

Tepat di atas layar Anda akan menemukan lensa swafoto 20 MP dan tak ketinggalan lampu LED yang berfungsi memberi notifikasi.

Sedangkan di bagian belakang modul kamera diposisikan pada bagian tengah diikuti oleh sensor pemindai sidik jari di bawahnya.

Karena sedikit menonjol maka ponsel ini tidak bisa tertidur rata kala diletakkan di atas permukaan meja.

Redmi Note 8 Pro masih menjadi salah satu ponsel yang setia mempertahankan IR blaster dan diposisikan di bagian atas bersama dengan microphone.

Sementara itu lubang speaker, port USB tipe C serta headphone jack semuanya ditempatkan pada bagian bawah.

Bobot ponsel ini sedikit lebih berat dibanding penampilannya, tercatat tak kurang dari 200 gram yang berarti memang mengalami penambahan bobot sekitar 24 gram dibanding pendahulunya.
Penambahan layar serta kapasitas baterai tampaknya berperan besar bagi penambahan bobot ini.

Tak mau kalah dari Realme 5 Pro yang sudah memberikan splash resistant maka Xiaomi pun memastikan bahwa desain Redmi Note 8 Pro memenuhi standar IP52. Tentu tak seaman IP67 atau IP68 namun sudah cukup melindungi ponsel dari percikan air hujan dan keringat.

Review Redmi Note 8 Pro Indonesia

Beralih ke fitur layar ponsel terbaru merek Redmi ini memiliki layar berteknologi IPS dengan bentang 6.53 inch dan resolusi setara FHD+.
Beberapa orang menilai sebagai kelemahan sebab Realme XT sudah menerapkan layar AMOLED, tapi jangan lupa bahwa Redmi Note 8 Pro sebenarnya merupakan rival dari Realme 5 Pro yang juga masih menggunakan layar IPS bukan Realme XT.

Kualitas layarnya sendiri terbilang bagus untuk standar ponsel 3 Jutaan baik dari sisi tingkat kecerahan, saturasi warna serta kontras.

Dengan tingkat kecerahan mencapai 500 nit artinya layar Redmi Note 8 Pro ini sudah mendukung konten HDR.

Baik untuk menjalankan game, browsing maupun memutar video layar Redmi Note 8 Pro tidak mengecewakan.

Kegagasan

Sedikit mengulas tahun lalu Redmi Note 7 Pro yang mengandalkan Snapdragon 675 sebagai jantung performa sanggup menawarkan kegagasan ideal untuk standar ponsel di kelas itu.
Tahun ini pihak pabrikan cukup mengejutkan dengan meninggalkan SoC buatan Qualcomm dan beralih ke merek Mediatek, adalah Helio G90T yang dipilih.

Pilihan tersebut tentu bukan tanpa alasan sebab untuk segmen kelas menengah sejauh ini Helio G90T dikenal sebagai chipset paling tangguh terutama untuk menjalankan aplikasi game.

Mediatek G90T sendiri merupakan chipset octa-core yang tersusun atas dua Cortex A76 berkecepatan 2.05 GHz dan enam Cortex A55 dengan kecepatan 2.0 GHz.

Untuk GPU Mali G76-MC4 –nya sendiri berkecepatan 800 Mhz.
Secara teoritis ponsel yang menggunakan GPU ini sanggup menjalankan game-game populer seperti “PUBG” dengan lancar.

Pada prakteknya Redmi Note 8 Pro ini memang cukup tangguh kala diuji menjalankan “PUBG” serta “Call of Duty” pada mode Ultra dan HDR aktif.
Beberapa kali memang muncul gejala skipped frames, namun tentu saja sangat wajar untuk sebuah ponsel harga Rp 3 Juta-an.

Meski demikian setelah menjalankan game sekitar 20 menit bagian belakang ponsel mulai terasa panas hingga membuat jari cepat berkeringat.
Tampaknya kondisi ini yang dijadikan alasan Xiaomi menambah pendingin cair yang diklaim mampu menurunkan suhu hingga 6 Derajat Celcius.

Seperti biasa Xiaomi menggunakan tampilan antar muka MIUI dan untuk Redmi Note 8 Pro ini adalah versi 10 yang berbasis Android Pie.
Seperti biasa pula kekurangan dari MIUI adalah jejalan bloatware yang kelewat banyak.

Oleh karena menggunakan chipset Mediatek maka bukan hanya Google Assistant” namun juga “Alexa”

Kamera

Seperti kompetitornya Redmi Note 8 Pro pun dilengkapi empat lensa kamera utama dan tentu Anda sudah bisa menduga bahwa keberadaan semuanya tidaklah substansial.
Lensa makro dan lensa depth yang masing-masing memiliki resolusi 2 MP tak lebih dari sekedar gimmick sebab dengan tingkat resolusi serendah itu kualitas foto yang dihasilkan tidaklah cukup memuaskan.

Lensa yang menarik dibahas tentu saja lensa utama 64 MP dengan sensor Samsung GW1 yang akan menghasilkan foto dengan tingkat resolusi 16 MP.
Foto-foto dihasilkan dari lensa utama ini memiliki tingkat kontras, ketajaman warna serta detil yang istimewa.

Memang kala diperbesar akan terlihat bahwa perangkat lunaknya mempertajam beberapa bagian secara berlebihan tapi pada sisi lain warnanya tetap terjaga alamiah.

Foto Hasil Kamera Redmi Note 8 Pro

Kalau resolusi 16 MP tak terasa memuaskan Anda bisa mengatur ke resolusi 64 MP tapi pada umumnya tak terlihat ada perbedaan. Perbedaan keduanya baru terlihat kala dilakukan pemotongan (cropping), pada kondisi ini tingkat detil dengan resolusi 64 MP terlihat jauh lebih baik.

Untuk pemotretan malam hari hasil foto sebenarnya cukup baik namun ketika dibandingkan dengan kamera milik Redmi Note 7 Pro sayangnya justru foto malam hari dengan Redmi Note 8 Pro menghasilkan tingkat noise yang lebih tinggi.

Lensa sudut lebarnya cukup baik, tidak banyak bermanfaat di malam hari tapi di siang hari cukup bermanfaat.

Stamina Baterai

Baterai berkapasitas 4500 mAh yang ditanamkan pada ponsel ini mampu bertahan selama satu setengah hari untuk penggunaan normal ala Dombort.
Jika tanpa menjalankan game dan melakukan streaming bahkan bisa bertahan hingga dua hari.

Durasi tersebut terkategori baik dengan mempertimbangkan bahwa Helio G90T cenderung agresif dalam mengkonsumsi stamina baterai.

Xiaomi sudah melengkapi dengan fast charger yang sanggup mengisi ulang daya baterai dari 0-100% hanya dalam waktu 2 jam saja.

Penilaian untuk Redmi Note 8 Pro

Abaikan empat lensa kamera utama pada ponsel ini, sebab bintang sesungguhnya terletak pada lensa utama 64 MP.
Untungnya kinerja lensa tersebut tidaklah mengecewakan, foto-foto yang dihasilkan terlihat jernih, tajam dan memiliki tingkat detil tinggi.

Di luar itu Redmi Note 8 juga memiliki desain serta build quality elegan dan kokoh, ditambah lagi dengan sertifikasi IP52 yang masih langka ditawarkan pada ponsel sekelas ini.

Sekali lagi Xiaomi tampak bakal sukses mempertahankan daya saing dari seri Redmi Note meski kini jalannya tentu tak bakal terlalu mulus sebab Realme juga terbukti sanggup menawarkan kualitas yang setara lewat Realme 5 Pro.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Redmi Note 8 Pro
Author Rating
41star1star1star1stargray
Product Name
Redmi Note 8 Pro
Price
IDR 2999000
Product Availability
Available in Stock