Realme X2 Pro Dombort

Realme X2 Pro Ponsel 7 Jutaan yang Tampil Menawan

Kehadiran Realme X2 Pro di Indonesia sebenarnya cukup mengejutkan. Dombort sendiri awalnya hanya menyangka bahwa Realme XT bakal jadi ponsel termahal keluaran Realme yang bakal dijual di Indonesia tahun ini mengingat merek tersebut relatif masih baru dan hanya bermain di segmen budget phone.

Rupanya Realme cukup percaya diri untuk memasukkan ponsel seharga Rp 7 Jutaan ini di Indonesia. Ponsel yang disebut-sebut sebagai penakluk OnePlus 7T ini dibekali oleh SoC Snapdragon 855+ besutan Qualcomm serta layar berteknologi AMOLED 90 Hz.

Realme X2 Pro dan Spesifikasi

Cek Harga Disini

Spesifikasi Realme X2 Pro

OS ColorOS 6.1 berbasis Android 9.0 (Pie) dijadwalkan update Android 10
Layar Super AMOLED 6.5 inches, 1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio (~402 ppi density), 90 Hz
SoC Qualcomm SDM855 Snapdragon 855+ (7 nm)
GPU Adreno 640
RAM 12 GB
ROM 256 GB
Kamera Utama 64 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.7″, 0.8µm, PDAF
13 MP, f/2.5, 52mm (telephoto), 1/3.4″, 1.0µm, PDAF, 2x optical zoom
8 MP, f/2.2, 16mm (ultrawide), 1/3.2″, 1.4µm, PDAF
2 MP, f/2.4, 1/5″, 1.75µm, depth sensor
Kamera Swafoto 16 MP, f/2.0, 1/3.1″, 1.0µm
Sensor Fingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass
Waterproofing
Baterai Non-removable Li-Po 4000 mAh battery
Dimensi 161 x 75.7 x 8.7 mm
Berat 199 g

Desain dan Layar Realme X2 Pro

Di bagian desain sekali lagi Realme tak tampak berminat untuk mengimplementasi penampilan ekstrem. Sama halnya dengan Realme XT kali ini konsep minimalis elegan kembali diterapkan untuk Realme X2 Pro.

Bahkan sekedar untuk memberi efek gradasi pun tampak dihindarkan. Kesan keseluruhannya terlihat sangat sederhana namun tidak membosankan.

Review Realme X2 Pro

Saat beralih ke bagian belakang terlihat bahwa ponsel ini masih menggunakan material plastik, tapi berkat finishing yang baik maka tak muncul kesan murahan dari penggunaan material tersebut.

Meski menerapkan bahan plastik namun sama halnya dengan bagian layar pihak produsen tetap memberikan pelapis Corning Gorilla Glass 5 untuk meminimalisir kemungkinan muncul goresan selama digunakan.

Kalau Anda ingat tahun lalu kelahiran Pocophone F1 sempat mengguncang pasar ponsel kelas menengah namun meski dengan berbagai kelebihannya ia hanya tak tampak memperhatikan penampilan.
Tidak demikian halnya dengan Realme X2 Pro, meski harganya terjangkau dan penampilannya sederhana tapi tetap sanggup memancarkan kesan premium.

Bintang utama ponsel ini tentulah terletak pada layar Super AMOLED dengan bentang 6.5 inch yang memiliki resolusi 1080 x 2400 pixels dengan rasio 20:9 serta tingkat kerapatan warna 402 ppi.

Menariknya ponsel ini menjadi satu dari sedikit sekali ponsel dengan harga kurang dari Rp 10 Juta yang sudah menggunakan layar dengan frame rate 90 Hz.
Karena tingkat frame rate yang tinggi tersebut maka pihak produsen bisa mengimplementasikan sensor pemindai sidik jari di layar pula.

Pemindai sidik jari di layar handphone terbaru buatan Realme ini bekerja cukup cepat dan sangat akurat dibanding umumnya sensor sejenis. Kecepatan dan akurasinya setara dengan milik OnePlus 7T.

Keunggulan dari frame rate 90 Hz ini bisa dirasakan dari animasi maupun operasional yang lebih terasa mulus.

Selain itu layar AMOLED ini sudah mendukung konten HDR10+ serta memiliki tingkat kecerahan mencapai 1000 nit, angka tersebut terbilang tinggi untuk sebuah ponsel seharga kurang dari Rp 10 Juta. Sekedar pembanding layar iPhone 11 Pro Max memiliki tingkat kecerahan 1200 nit.

Sudut pandang (viewing angles) dari layar Realme X2 Pro tak hanya luas namun ketajaman warnanya juga terjaga stabil dari berbagai sudut pandang.

Seperti umumnya ponsel dengan layar AMOLED Realme X2 Pro juga menawarkan fitur “Always On Display”. Sayangnya tampilan antar muka ColorOS tak memberikan banyak pilihan untuk melakukan kustomisasi terhadap fitur tersebut.

Kegegasan

Seolah tak ada habisnya kejutan dan keistimewaan yang coba ditawarkan pihak produsen melalui ponsel seharga Rp 7 Juta-an buatannya ini.

Tak cukup sekedar desain elegan serta layar istimewa Realme pun menanamkan SoC Snapdragon 855+ yang selama ini dominan digunakan oleh ponsel kelas flagship. Di Indonesia untuk segmen ponsel harga kurang dari Rp 10 Juta selain Realme X2 Pro sejauh ini baru Asus Zenfone 6 yang sudah menggunakan SoC sejenis.

Sementara itu kegegasan grafisnya ditangani oleh GPU Adreno 640 dengan nilai frekuensi 672 MHz.

Untuk kapasitas RAM yang tersedia di pasar Indonesia saat ini hanya versi 12 GB dengan kapasitas memori internal 256 GB. Sayangnya ponsel ini tidak mendukung penggunaan memori eksternal.

Dengan spesifikasi yang dimilikinya Realme X2 Pro terbukti sangat gegas dalam proses buka tutup aplikasi, RAM sebesar 12 GB menjadikan multitasking seolah bukan sebuah pekerjaan berat.

Sempat dicoba menjalankan game “Call of Duty” pada tingkat grafis tertinggi nyatanya Realme X2 Pro sama sekali tak menemukan kesulitan untuk menjalankan secara mulus demikian pula halnya kala dijajal menjalankan “PUBG Mobile” lagi-lagi dengan tingkat grafis paling tinggi.

Game Call of Duty di Realme X2 Pro

Singkatnya kegegasan ponsel andalan terbaru Realme ini sama sekali tidak mengecewakan baik untuk harian, memutar film Blu-ray dan menjalankan game berat sekalipun.

Kegegasan istimewa ini didukung dengan kualitas suara Dolby Atmos serta Hi-res audio yang terbukti sanggup menghasilkan kualitas suara jernih serta kuat, sekalipun diposisikan pada tingkat volume tertinggi nyaris tak terdengar munculnya distorsi.

Kala dicoba dihubungkan dengan headphone nirkabel lagi-lagi kualitas suaranya terdengar jernih.

Menguji Kualitas Kamera Realme X2 Pro

Fitur kamera menjadi fitur andalan lain yang ditawarkan oleh Realme lewat ponsel terbarunya ini. Empat lensa ditempatkan sebagai kamera utama masing-masing adalah lensa utama 64 MP, lensa jarak jauh (telephoto) 13 MP, lensa sudut lebar 8 MP serta depth sensor 2 MP. Tiga diantaranya didukung pula oleh PDAF.

Kelebihan dan Kekurangan Realme X2 Pro

Untuk kamera swafoto Realme menempatkan kamera 16 MP di bagian depan.

Lensa utama 64 MP dengan sensor Samsung GW1 menghasilkan foto dengan resolusi 16 MP yang sanggup menghasilkan dynamic range serta ketajaman warna luar biasa.
Tentu saja Anda bisa mengatur agar resolusi yang dihasilkan menjadi 64 MP untuk mendapatkan tingkat detil lebih tinggi terutama pada malam hari.

Reproduksi warnanya mendekati alamiah sesuai selera Dombort, namun kalau Anda seperti kebanyakan pengguna ponsel yang menggemari warna oversaturated maka Realme menyediakan fitur “Chroma Boost” untuk mewadahi selera tersebut.

KFoto Hasil Kamera Realme X2 Pro

Ulasan kamera Realme X2 Pro

Kualitas dan Performa Kamera Realme X2 Pro

Kelemahan kamera Realme X2 Pro menurut Dombort terlihat kala subjek fotonya adalah manusia, sebab meski dengan filter “beauty” dinonaktifkan kulit masih terlihat terlalu halus dibanding sebenarnya.
Situasi ini hanya terjadi pada lensa utama, sebab kala dicoba mengabadikan subjek yang sama dengan lensa sudut lebar terlihat bahwa kulit manusia lebih mendekati kondisi sesungguhnya.

Lensa jarak jauhnya memiliki kemampuan pembesaran optikal 2x dan hybrid 5x. Hasil keduanya sama-sama baik namun tentu saja jika dibanding lensa utama terlihat ada penurunan dari sisi ketajaman maupun tingkat detil.

Diambil dengan Telephoto Lens Realme X2 Pro

Diambil dengan Telephoto Lens Realme X2 Pro

Berkat Snapdragon 855+ maka Realme X2 Pro sanggup merekam video dengan resolusi 4K pada 60 fps.
Realme menyediakan banyak fungsi disamping juga pilihan untuk menggunakan lensa sudut lebar.
Untuk memaksimalkan hasilnya maka pada perekaman video ini fitur “Ultra Steady Stabilisation” sudah pula disertakan.
Bagi Anda yang ingin membuat video dengan efek bokeh Realme tak lupa menyertakan mode tersebut.

Secara keseluruhan kamera Realme X2 Pro sangat memuaskan untuk standar ponsel seharga Rp 7 Juta-an baik untuk foto maupun pembuatan video.

Stamina Baterai

Untuk memaksimalkan pengalaman menggunakan Realme X2 Pro maka sang produsen menanamkan dua buah baterai berkapasitas 2.000 mAh sehingga kapasitas total baterai ponsel ini menjadi 4.000 mAh.

Staminanya sendiri tidaklah terlalu istimewa sebab pada uji benchmark hanya mencatatkan waktu selama 8 jam 30 menit.
Namun Realme sudah memberikan fitur “SuperVOOC Flash Charge”. Hasilnya?
Pengisian ulang daya dari 0-100% hanya memerlukan waktu selama 32 menit saja!!!

SuperVOOC

Namun dalam kondisi terpaksa dimana sulit menemukan outlet listrik maka Anda bisa mengubah frame rate layarnya dari 90 Hz menjadi 60 Hz, pada kondisi ini pemakaian daya baterai bisa dihemat cukup signifikan.

Penilaian Dombort untuk Realme X2 Pro

Rasanya dari uraian dan review Realme X2 Pro di atas sudah bisa Anda simpulkan sendiri penilaian terhadap ponsel itu.

Dengan mempertimbangkan standar harganya dan kompetitor di kelasnya tak diragukan lagi bahwa Realme X2 Pro merupakan ponsel terbaik untuk harga kurang dari Rp 8 Juta yang bisa Anda dapatkan saat ini.

Selain ketiadaan dukungan memori eksternal rasanya tak ada komplain yang perlu ditujukan kepadanya dan satu lagi Realme X2 Pro sekaligus menjadi ponsel pertama merek Realme yang sudah mendukung NFC.

Jadi untuk harga segitu perlu berpikir selama apa lagi?

Summary
Review Date
Reviewed Item
Realme X2 Pro
Author Rating
41star1star1star1stargray
Product Name
Realme X2 Pro
Price
IDR 7799000
Product Availability
Available in Stock