Ulasan Redmi 8A

Redmi 8A, Ketika Ponsel Harga Sejutaan Pun Bisa Tampil Menawan

Redmi 8A setia mempertahankan kesan yang sudah dibangun pendahulunya sebagai ponsel berkualitas dengan harga terjangkau. Bedanya tahun ini handphone murah buatan Redmi ini harus menghadapi kompetitor berat bernama Realme C2.

Kelahiran Redmi 8A sendiri terbilang dini sebab selisih waktu dengan pendahulunya tidak sampai satu tahun. Tak hanya itu perbedaan atau pembaruannya dari Redmi 7A pun bisa dibilang sangat besar.

Harga Redmi 8A dan Spesifikasi

Cek Harga Disini

Spesifikasi Redmi 8A

OS MIUI 11 berbasis Android 9.0 (Pie)
Layar 6.53 inches, 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio (~395 ppi density)
SoC Qualcomm SDM439 Snapdragon 439 (12 nm)
GPU Adreno 505
RAM 3 GB
ROM 32 GB
Kamera Utama 12 MP, f/1.8, 1/2.55″, 1.4µm, dual pixel PDAF
Kamera Swafoto 8 MP, f/2.0, 1/4″, 1.12µm
Sensor Accelerometer, proximity, compass
Waterproofing
Baterai Non-removable Li-Po 5000 mAh battery
Dimensi 156.5 x 75.4 x 9.4 mm
Berat 188 g

Desain dan Layar Redmi 8A

Redmi 8A tersedia dalam beberapa pilihan warna, satu diantaranya adalah ocean blue yang bernuansa metalik.
Produsen mengaplikasikan tekstur di panel bagian belakang yang disebut sebagai “Aura Wave Grip Design” dengan tujuan menjaga agar ponsel tidak licin selama digunakan.

Permukaan ini relatif mampu menjaga ponsel lebih bersih dari noda jari namun pada sisi lain goresan-goresan yang timbul jadi lebih kentara.

Kamera Utama Redmi 8A

Di panel belakang inilah terletak sebuah lensa kamera utama beserta lampu kilatnya (LED flash) sementara logo Redmi diposisikan tegak (vertikal) di bawahnya.
Sampai saat ini Redmi masih belum menempatkan sensor pemindai sidik jari untuk produk kelas low-end -nya.

Sayang sekali penampilan elegan ponsel ini “ternoda” oleh logo Redmi di bagian bawah depan yang memberi kesan sedikit murahan.
Padahal bagian lain dari penampilannya sudah ideal.

Untuk layar sendiri sang produsen menempatkan layar dengan bentang 6.2 inch yang memiliki resolusi 720 x 1520 pixels atau setara HD dengan rasio 19:9.
Sebagai upaya mengurangi resiko timbul goresan pada layar maka diletakkan lapisan Corning Gorilla Glass 5.

Kualitas Layar Redmi 8A

Kualitas layar ini cukup baik mempertimbangkan harga ponsel yang tak seberapa, ketika digunakan di dalam ruangan terlihat jelas serta tajam. Namun sedikit sulit dibaca kala digunakan di luar ruangan terutama jika terpapar sinar matahari langsung.
Kondisi demikian terbilang wajar untuk sebuah ponsel sekelas ini.

Kegegasan dan Stamina Baterai

Alih-alih Mediatek Helio P22 seperti yang digunakan oleh Realme C2 dan kebanyakan kompetitor lain di kelasnya Redmi pilih menanamkan Snapdragon 439 yang didampingi oleh GPU Adreno 505.

Meski dengan RAM sebesar 3 GB tidak bisa dibilang bahwa kegegasan Redmi 8A terasa memuaskan sebab masih kerap muncul gejala buka aplikasi yang terasa lama bahkan aplikasi tertentu seperti IG beberapa kali keluar paksa (force exit) kala digunakan.

Kondisi serupa terjadi kala mengetik e-mail maupun WA yang terkadang terasa tidak cukup responsif.

Secara keseluruhan kondisi tersebut wajar terjadi untuk ponsel seharga Rp 1 Juta-an.

Kalau Anda nekad ingin memainkan game seperti “PUBG” dengan Redmi 8A sebenarnya masih dimungkinkan selama mau bersabar sebab waktu loading -nya benar-benar lama sekalipun sudah menggunakan game booster. Selain itu satu-satunya tingkat grafis yang bisa dipilih adalah tingkat paling rendah.

Soal stamina baterai Redmi 8A tidaklah mengecewakan sebab baterai berkapasitas 5000 mAh yang ditanamkan sanggup bertahan hampir dua hari penuh untuk penggunaan normal ala Dombort meliputi streaming, bertukar pesan lewat WA maupun SMS, baca dan kirim e-mail, sedikit mendengarkan musik dan beberapa kali memfoto.

Sementara untuk pengisian ulang daya baterai dari 0-100% memakan waktu yang tak bisa disebut singkat yaitu sekitar 2 jam.

Kualitas dan Performa Kamera

Kali ini pihak pabrikan menempatkan sensor IMX363 buatan Sony untuk lensa kamera utama 12 MP dengan aperture f/1.8 pada Redmi 8A.
Sementara untuk lensa swafoto mengandalkan sensor 8 MP.

Tersedia beberapa mode seperti “portrait”, “short video” dan bahkan “Pro”.

Untuk penggunaan di luar ruangan dimana kondisi pencahayaan ideal foto-foto yang dihasilkan oleh kamera Redmi 8A ini cukup mengesankan dari sisi ketajaman maupun kecerahan.
Kualitasnya jelas jauh lebih baik dibanding kamera milik Redmi 7A.

Foto Hasil Kamera Redmi 8A

Namun untuk pemotretan malam hari dan di dalam ruangan kualitas foto yang dihasilkan langsung merosot secara drastis.

Kamera swafotonya juga lumayan baik, hanya ketajaman saja yang jadi kelemahan tapi sekali lagi untuk mendapatkan hasil lumayan tersebut pemotretan harus dilakukan di luar ruangan dengan kondisi pencahayaan ideal.

Secara keseluruhan kamera Realme C2 sedikit lebih baik dibanding kamera Redmi 8A.

Penilaian untuk Redmi 8A

Tentu saja ada beberapa hal yang wajib ditolerir untuk sebuah ponsel dengan harga Rp 1,7 Jutaan. Kegegasan yang menuntut kesabaran, kamera yang hanya optimal digunakan di luar ruangan dan siang hari adalah dua kelemahan utama dari Redmi 8A.

Sementara di luar kedua hal tersebut ponsel ini sudah terbilang baik mempertimbangkan kelasnya.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Redmi 8A
Author Rating
31star1star1stargraygray
Product Name
Redmi 8A
Price
IDR 1700000
Product Availability
Available in Stock