Cara Nonaktifkan Animasi Android

Cara Nonaktifkan Efek Animasi Pada Ponsel Android

Meningkatkan kegegasan atau performa ponsel Android tentu selalu jadi obsesi pengguna ponsel terlepas harga dan model yang dimiliki.
Menggunakan versi ROM yang lebih ringan biasanya menjadi opsi utama untuk mencapai tujuan tersebut.

Namun sebenarnya ada cara lebih sederhana meningkatkan performa handphone Android dengan resiko yang juga lebih kecil dibanding melakukan kustomisasi ROM.

Hampir semua versi sistem operasi yang beredar saat ini sudah menyediakan akses untuk menonaktifkan ataupun meminimalisir animasi dalam proses buka tutup aplikasi maupun kala menekan tombol pada layar.

Jika Anda penasaran mencobanya fitur tersebut bisa diakses setelah terlebih dahulu mengaktifkan opsi pengembang (developer options).

Cara Aktifkan Developer Options pada Android

Berikut adalah langkah-langkah nonaktifkan animasi pada perangkat Android

  • Masuk menu Settings> About phone lalu gulung layar agak ke bawah hingga ketemu poin Build Number. Untuk beberapa tipe sistem operasi bisa ditemukan pada bagian Software Information.
  • Ketuk/tap Build Number beberapa kali hingga muncul notifikasi menu developer options sudah ditambahkan.
  • Kembali ke menu Systems dan ketuk sub menu developer options
  • Atur efek animasi pada sub menu Window animation scale, transition animation scale dan animator duration scale serendah mungkin.

Normalnya masing-masing poin di atas di set pada nilai “1” untuk meminimalisir efek sekaligus meningkatkan performa ponsel Anda bisa mengubah nilainya menjadi “0.5”.
Bahkan Anda bisa memilih cara ekstrem yaitu mengubah nilainya menjadi “off”.

Cara Nonaktifkan Animasi Android

Cara Nonaktifkan Animasi Android

Cara Nonaktifkan Animasi Android

Setelah langkah-langkah di atas dilakukan Anda bisa langsung merasakan kegegasan ponsel kesayangan meningkat. Selamat mencoba!

Summary
Bagaimana Cara Nonaktifkan Efek Animasi Pada Ponsel Android?
Article Name
Bagaimana Cara Nonaktifkan Efek Animasi Pada Ponsel Android?
Description
Meningkatkan performa perangkat Android bisa dilakukan lewat menonaktifkan efek animasi. Berikut adalah langkah menonaktifkan animasi pada perangkat Android.
Author
Publisher Name
Dombort