MediaTek Helio G90T vs Qualcomm Snapdragon 730G

Membandingkan MediaTek Helio G90T vs Qualcomm Snapdragon 730G

Membludaknya peminat game dengan ponsel dinilai sebagai sebuah kesempatan yang sayang dilewatkan baik oleh MediaTek maupun Qualcomm.
Dua perusahaan yang sengit bersaing di industri chipset tersebut sama-sama merilis produk khusus meladeni para penggemar game.

Tahun ini MediaTek mengandalkan Helio G90T sementara Qualcomm melepas Snapdragin 730G, huruf “G” pada masing-masing produk merupakan kependekan dari kata “Game”.
Jelaslah keseriusan keduanya memasuki pasar tersebut sekaligus membuka tabir persaingan antara MediaTek Helio G90T vs Qualcomm Snapdragon 730G.

Menariknya meski sama-sama mengusung huruf “G” di belakang namun dari angkanya sendiri terlihat bahwa keduanya tak dimaksud untuk menjadi jantung performa ponsel kelas flagship melainkan kelas menengah.
Selama ini pasar ponsel kelas menengah memang merupakan pasar paling gemuk dibanding kelas flagship ataupun low-end.

Kini pertanyaannya bagi Anda pengemar game lewat ponsel, jika diperhadapkan pada pilihan ponsel menggunakan salah satu dari kedua chipset tersebut manakah yang akan dipilih?
Mana yang lebih mumpuni antara MediaTek Helio G90T vs Qualcomm Snapdragon 730G?

Komparasi MediaTek Helio G90T vs Qualcomm Snapdragon 730G

MediaTek Helio G90T merupakan chipset octa core yang tersusun atas dua ARM Cortex A76 dengan kecepatan hingga 2.05 GHz serta enam ARM Cortex A55 dengan proses manufaktur 12 nm.

Sementara itu Qualcomm Snapdragon 730G terdiri atas dua buah Kyro 470 Gold dengan Cortex A76 berkecepatan hingga 2.2 GHz serta enam Kyro 470 Silver dengan Cortex A55 berkecepatan maksimum 1.8 GHz. Proses manufaktur yang diterapkan adalah 8 nm.

Jika berpegang pada spesifikasi keduanya di atas maka bisa terlihat bahwa secara keseluruhan Qualcomm Snapdragon 730G masih lebih baik dari kompeitornya di sisi efisiensi.

Efisiensi Konsumsi Daya Baterai

Seperti disinggung di atas bahwa Snapdragon 730G juga juga unggul dari sisi efisiensi, efisiensi yang dimaksud tak lain adalah dalam korelasinya dengan penggunaan daya baterai.

Pada dasarnya tingkat efisiensi konsumsi baterai ini bergantung pada proses manufaktur yang diterapkan.

Oleh karena Snapdragon 730G menerapkan proses manufaktur 8 nm sementara Helio G90T menerapkan 12 nm maka sudah jelas bahwa dari sisi efisiensi penggunaan daya baterai Qualcomm mengungguli MediaTek.

Perbandingan GPU Pada MediaTek Helio G90T vs Qualcomm Snapdragon 730G

GPU pada sebuah chipset memiliki peran besar dan terlebih kala digunakan menjalankan aplikasi permainan (game).

Pada dasarnya baik MediaTek Helio G90T maupun Qualcomm Snapdragon 730G sama-sama dibekali dengan GPU yang mumpuni, namun siapa yang lebih baik dari keduanya?

Seperti biasa MediaTek menggunakan GPU Mali, kali ini yang dipilih adalah Mali G76 3EEMC4 dengan kecepatan 800 MHz.
Pada sisi lain Qualcomm kembali mengandalkan GPU Adreno 618 berkecepatan 750 MHz.

Ternyata dalam uji AnTuTu memang GPU Mali G76 3EEMC4 sanggup mengungguli GPU Adreno 618, bukan semata karena dipatok pada kecepatan lebih tinggi namun juga karena secara menyeluruh chipset tersebut hanya dirancang untuk satu tujuan: game!

>> Baca juga: Perbandingan GPU Mali vs Adreno <<

Faktor Ekstra

Tentu saja chipset tak semata-mata dinilai dari efisiensi daya baterai maupun GPU yang menyertainya namun juga kemampuannya dalam hal lain seperti dukungan terhadap resolusi layar, kamera serta konektivitas.

Untuk dukungan terhadap resolusi layar Helio G90T hanya terbatas pada resolusi maksimal setara Full HD+ sedangkan Snapdragon 730G menawarkan dukungan hingga resolusi 3360 x 1440 pixels atau setara Quad HD+.

Snapdragon 730G juga menawarkan dukungan lebih baik untuk kamera karena sanggup menangani kamera dengan resolusi hingga 192 MP sedangkan Helio G90T hanya sampai 64 MP.

Sebaliknya untuk dukungan RAM Helio G90T sanggup menangani kapasitas RAM 2133 MHz hingga 10 GB dimana Snapdragon 730G hanya 1866 MHz dengan kapasitas maksimal 8 GB.

Qualcomm kembali unggul di sektor konektivitas karena modemnya sanggup menangani kecepatan unduh hingga 800 Mbits/s dimana rivalnya hanya sebatas 600 Mbits/s.

MediaTek Helio G90T vs Qualcomm Snapdragon 730G

Kesimpulan Perbandingan MediaTek Helio G90T vs Qualcomm Snapdragon 730G

Jadi kembali ke pertanyaan awal mengenai mana yang lebih baik antara MediaTek Helio G90T vs Qualcomm Snapdragon 730G.

Jelas ada perbedaan dari sisi keunggulan dan kelemahan masing-masing.
Jika sekedar melihat pada performa secara umum termasuk kemampuan GPU sudah jelas bahwa MediaTek Helio G90T sanggup mengungguli Qualcomm Snapdragon 730G.

Namun pada sisi lain Qualcomm Snapdragon 730G menawarkan dukungan lebih baik untuk resolusi layar, kecepatan koneksi serta kamera selain tentu saja efisiensi konsumsi daya baterai.

Jadi tinggal faktor mana yang Anda anggap lebih penting?