Review Vivo S1 Pro

Vivo S1 Pro Pilihan Menawan Rentang Harga 3 Jutaan

Realme dan Redmi tak lagi jadi dua pilihan terbaik untuk ponsel harga Rp 3 Jutaan, sebab Vivo yang masih satu grup dengan Realme punya jagoan baru dalam wujud Vivo S1 Pro.
Setelah beberapa bulan silam merilis Vivo S1 dengan harga lebih terjangkau kini giliran seri Pro tawarkan spesifikasi lebih tinggi.

Vivo S1 Pro versi 8 GB/128 GB dibanderol dengan harga Rp 3,7 Juta, ditilik dari angka tersebut bisa ditebak ponsel ini bakal berhadapan dengan Redmi Note 8 Pro serta Realme 5 Pro yang sudah lebih dulu dilepas di pasaran.
Bagaimana keunggulan jagoan Vivo ini dibanding dua rival utama tersebut?

Vivo S1 Pro dan Spesifikasi

Cek Harga Disini

Spesifikasi Vivo S1 Pro

OS Funtouch 9.2 berbasis Android 9.0 (Pie)
Layar 6.38 inches, 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio (~404 ppi density)
SoC Qualcomm SDM665 Snapdragon 665 (11 nm)
GPU Adreno 610
RAM 8 GB
ROM 128 GB
Kamera Utama 48 MP, f/1.8, (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF
8 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm
2 MP, f/2.4, 1/5.0″, 1.75µm (dedicated macro camera)
2 MP, f/2.4, 1/5.0″, 1.75µm, depth sensor
Kamera Swafoto 32 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/2.8″, 0.8µm
Sensor Fingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass
Waterproofing
Baterai Non-removable Li-Po 4500 mAh battery
Dimensi 159.3 x 75.2 x 8.7 mm
Berat 186,7 g

Desain dan Layar Vivo S1 Pro

Penampilan Vivo S1 Pro terlihat lebih menarik dibanding Vivo S1 versi standar, saat ini ponsel tersebut tersedia dalam pilihan warna “Glowing Black” sebagaimana unit yang digunakan pada review ini dan “Crystal Blue”.

Pada bagian belakang terlihat empat lensa kamera yang disusun dengan formasi berlian, harus diakui tata letak tersebut terlihat lebih estetis dibanding sekedar meletakkan dua lensa di atas dan dua lagi di baris kedua.

Sayangnya hampir setiap bagian bodi ponsel ini memiiki permukaan mengkilap sehingga mudah sekali berkesan kusam akibat noda jari selama digunakan.

Meski dimensinya tak banyak berbeda dibanding Vivo S1 versi standar namun selama penggunaan versi Pro ini terasa lebih tebal.

Kelebihan dan Kekurangan Vivo S1 Pro

Ponsel ini dibekali dengan layar Super AMOLED yang memiliki bentang 6.38 inch serta tingkat resolusi 1080 pixel.
Sebagaimana umumnya layar berteknologi Super AMOLED tingkat kontras serta saturasi warna yang ditampilkan terlihat menawan, apalagi dengan warna hitam yang sanggup ditampilkan secara pekat.

Secara umum pengaturan warna bawaannya cenderung dingin, namun tentu saja pemiliknya bisa melakukan pengaturan sendiri sesuai preferensi masing-masing.

Layar ini memiliki tingkat kecerahan hingga 400 nit sehingga menggunakannya kala terpapar sinar matahari di luar ruangan takkan jadi soal.

Kualitas Layar Vivo S1 Pro

Sensor pemindai sidik jari pada layarnya sanggup bekerja dengan cepat, bahkan terasa lebih cepat dibanding fitur serupa pada ponsel Samsung Galaxy. Hanya memang akurasinya masih perlu ditingkatkan.

Kualitas dan Performa Kamera

Seperti disampaikan di awal tadi bahwa tata letak lensa kamera Vivo S1 Pro tampak unik sekaligus estetis, namun bagaimana dengan kualitasnya sendiri?

Vivo menempatkan sensor 48 MP sebagai lensa utama dengan sensor 8 MP untuk lensa sudut lebar. Sedangkan lensa makro maupun depth masing-masing didukung oleh sensor 2 MP.

Lensa utamanya mampu menghasilkan kualitas foto yang terbilang baik untuk standar kamera ponsel kelas menengah.

Foto Hasil Kamera Lensa Utama Vivo S1 Pro

Contoh Hasil Kamera Vivo S1 Pro

Lensa sudut lebarnya juga mampu menyuguhkan foto-foto menarik meski kualitas ketajamannya tentu tak sebaik lensa utama 48 MP –nya.

Untuk lensa makro dan depth berhubung hanya menggunakan sensor 2 MP sudah jelas sebenarnya tak lebih dari sekedar gimmick.
Jika memang menghendaki membuat foto makro lebih baik menggunakan lensa utama dengan jarak sedekat mungkin.

Sayang seperti kebanyakan kamera ponsel Vivo lainnya kala digunakan di dalam ruangan atau malam hari kualitas foto yang dihasilkan terlihat sangat menurun.

Di bagian depan Vivo menempatkan sensor 32 MP untuk kamera swafoto.
Selama kondisi pencahayaan sekitar baik maka kamera tersebut bakal menghasilkan foto dengan tingkat ketajaman yang baik serta bersih meski cenderung overexposed.
Sedangkan di dalam ruangan serta malam hari tak sulit menebak bahwa kualitasnya langsung anjlok.

Kamera Vivo S1 Pro masih kalah dari Realme 5 Pro maupun Redmi Note 8 Pro, namun tetap masih baik dibanding Oppo A9 2020.

Kegegasan

Sungguh disayangkan Vivo S1 Pro tak menggunakan MediaTek Helio G90T yang handal menjalankan game seperti Redmi Note 8 Pro ataupun Snapdragon 730G melainkan sekedar Snapdragon 665.

Memang untuk penggunaan harian termasuk menjalankan aplikasi jejaring sosial tak diketemukan masalah tapi Anda tak bisa berharap banyak akan kemampuannya menjalankan aplikasi berat seperti game.

Game seperti “Asphalt 9” masih bisa dijalankan, namun sama sekali tak bisa dinikmati karena terlalu sering muncul gejala lag.

Sekali lagi di luar urusan memainkan game tak ada kendala kegegasan dirasakan selama proses pengujian Vivo S1 Pro.

Stamina Baterai

Pada ponsel ini ditanamkan baterai berkapasitas 4500 mAh, pihak pabrikan mengklaim baterai tersebut sanggup bertahan selama sehari penuh.
Meski tidak benar-benar 24 jam namun dalam pengujian hasilnya memang mendekati angka tersebut.

Sedangkan proses pengisian ulang daya baterai dari 0-100% memerlukan waktu sekitar 2 jam 10 menit.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Vivo S1 Pro
Author Rating
31star1star1stargraygray
Product Name
Vivo S1 Pro
Price
IDR 3700000
Product Availability
Available in Stock