Ulasan dan Harga iPhone 11 Pro

iPhone 11 Pro Kesepadanan Harga dan Kualitasnya Memang Nyata

iPhone 11 Pro kini resmi dijual di Indonesia berselang beberapa waktu setelah perusahaan asal Cupertino tersebut merilis iPhone 11 versi standard.
Seperti biasa harga iPhone 11 Pro terbilang mahal untuk kebanyakan orang. Versi 64 GB dibanderol sekitar Rp 18,5 Juta, versi 256 GB Rp 21,8 Juta sedangkan versi 512 GB bahkan mencapai 25,8 Juta.

Harga tersebut berselisih cukup jauh dibanding versi standard, sebagai gambaran harga iPhone 11 versi termahal (256 GB) saja sudah bisa ditebus dengan harga Rp 16,2 Juta. Sebesar itukah selisih harga hanya dengan perbedaan berupa penambahan lensa sudut lebar.

iPhone 11 Pro dan Spesifikasi

Cek Harga Disini

Spesifikasi iPhone 11 Pro

OS iOS 13, upgradable to iOS 13.3
Layar 5.8 inches, 1125 x 2436 pixels, 19.5:9 ratio (~458 ppi density)
SoC Apple A13 Bionic (7 nm+)
GPU Apple GPU (4-core graphics)
RAM 4 GB
ROM 64/256/512 GB
Kamera Utama 12 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/2.55″, 1.4µm, dual pixel PDAF, OIS
12 MP, f/2.0, 52mm (telephoto), 1/3.4″, 1.0µm, PDAF, OIS, 2x optical zoom
12 MP, f/2.4, 13mm (ultrawide)
Kamera Swafoto 12 MP, f/2.2, 23mm (wide)
Sensor Face ID, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, Siri natural language commands and dictation
Waterproofing IP68 dust/water resistant (up to 4m for 30 mins)
Baterai Non-removable Li-Ion 3046 mAh battery (11.67 Wh)
Dimensi 144 x 71.4 x 8.1 mm
Berat 188 g

Desain dan Layar iPhone 11 Pro

Tahun lalu kala memperkenalkan iPhone XS ternyata tak banyak perbedaan signifikan dibanding iPhone X yang digantikannya.
Kini iPhone 11 Pro –lah yang didaulat untuk menggantikan iPhone X.

Bila dibanding pendahulunya terlihat ada penyempurnaan pada CPU, GPU, kualitas layar dan kamera.

Memang jika dilihat dari siklusnya Apple senantiasa memberikan pembaruan signifikan pada iPhone setiap dua tahun sekali, sebab diantaranya hanya ubahan minor yang ditawarkan.

Dalam beberapa tahun belakangan ini Apple kerap dikritik pelanggan terkait daya tahan baterai yang dikorbankan demi mempertahankan dimensi tipis.

Walau tak seketika bereaksi terhadap kritik tapi kalau dicermati tahun demi tahun terlihat ada sedikit peningkatan ketebalan iPhone, kondisi itu terus berlangsung hingga generasi iPhone 11 Pro ini.

Penambahannya memang tak seberapa tapi jelas ada perubahan ke arah tersebut.

Review iPhone 11 Pro

Jika Anda adalah pengguna iPhone X maupun XS maka secara umum penampilan maupun rasa dalam genggamannya tak terasa banyak berubah.
Bahkan penambahan ketebalan beberapa mm dan bobot beberapa gram nyaris tak terasa kecuali membandingkannya secara langsung.

Namun beralih ke bagian belakang terlihat bahwa Apple meninggalkan permukaan mengkilap (glossy) dan beralih ke permukaan matte.
Walau tak sepenuhnya menghilangkan masalah bercak jari selama penggunaan namun terbukti mampu meminimalisir.

Permukaan baru tersebut menurut pendapat subjektif Dombort terasa lebih nyaman kala digunakan dibanding permukaan glossy.

Kelebihan dan Kekurangan iPhone 11 Pro

Perubahan kecil itu tak sekedar memberi sensasi berbeda kala digenggam namun berdampak pula pada warna, misalnya pada warna “Gold” terlihat cenderung lebih putih dibanding iPhone generasi sebelumnya.

Hal paling mencolok di bagian belakang tentu saja adalah tata letak tiga lensa kamera yang memang tampak unik.
Berbeda dengan iPhone 11 memang untuk versi Pro terdapat sebuah lensa tambahan hingga totalnya menjadi tiga lensa kamera utama.

Apple kerap membanggakan bagaimana kamera tersebut dibuat menyatu secara presisi dengan

kaca pelapis bodi, namun tentu saja Anda harus jeli memperhatikan untuk bisa memahami apa yang dimaksud oleh sang produsen.

Pengalaman Menggunakan iPhone 11 Pro

Tata letak lensa kamera yang tak simetris itu sendiri kabarnya mengundang reaksi bagi pelanggan yang mengidap trypophobia, namun Dombort sendiri tak merasa tata letak tersebut menganggu.

Tata Letak Lensa Dirasa Mengganggu Penderita Trypophobia

Pada iPhone 11 Pro ini pula Apple resmi memberhentikan fitur “3D Touch” yang diperkenalkan pertama kali di tahun 2015 pada iPhone 6s.
Alasan Apple memberikan purna tugas pada fitur tersebut karena selain bertujuan menghemat daya baterai juga menurut mereka sendiri tidak banyak pengguna yang memanfaatkan keberadaannya.

Sebagai gantinya Apple menggunakan “Haptic Touch” yang pertama kali muncul lewat iPhone XR tahun lalu.

Layar iPhone 11 Pro

Dua tahun lalu kala Apple merilis iPhone X memang ponsel dengan layar OLED sudah bukan lagi sesuatu yang langka.
Namun kala itu layar iPhone X mampu memukau lewat warna hitam yang pekat serta akurasi warna yang sangat tinggi, tak pelak kualitas layarnya terlihat lebih baik dibanding ponsel kelas flagship lainnya.

Tahun lalu layar iPhone XS sebenarnya juga mengalami penyempurnaan namun sekali lagi sekedar peningkatan minor.

Kini layar iPhone 11 Pro lagi-lagi kembali menunjukkan keistimewaan berkat tingkat kecerahan 1200 nits kala digunakan menayangkan konten HDR.
Sedangkan untuk penggunaan harian kala terpapar sinar matahari langsung layar ini menyesuaikan dengan tingkat kecerahan 800 nits.

Peningkatan tersebut jelas terasa signifikan mengingat bahwa layar iPhone XS saja hanya mencapai 670 nits dan tidak optimal kala menayangkan konten HDR.

Kini kala digunakan memutar film HDR kecerahan layar iPhone 11 Pro sudah bisa disetarakan dengan layar TV OLED.

Sebelum Anda berkomentar bahwa layar Samsung Galaxy Note 10+ memiliki tingkat kecerahan yang sama Dombort mau melanjutkan dulu bahwa meski tingkat kecerahannya seimbang tapi soal akurasi warna Apple masih jauh lebih unggul.
Sehingga pengalaman keseluruhan yang diberikan terasa jauh lebih istimewa.

Audio

Mendukung layar super istimewa tersebut Apple pun turut melakukan permak terhadap kualitas audio iPhone 11 Pro dengan fitur yang mereka sebut sebagai “spatial audio”.

Sederhananya fitur tersebut melakukan simulasi suara surround dari speaker ganda –nya lewat dukungan Dolby Atmos.

Tentu saja tidak maksimal, sebab Dolby Atmos hanya bekerja optimal pada sistem dengan setidaknya lima speaker.
Namun demikian kuailitas audio iPhone 11 Pro memang terasa meningkat dibanding iPhone XS.

Kegegasan dan Stamina Baterai

Saat ini iPhone 11 Pro menjalankan sistem operasi iOS 13 dan dalam waktu dekat segera akan memperoleh pembaruan ke iOS 13.1.
Sampai saat ini tak bisa ditampik bahwa iOS adalah sistem operasi dengan ekosistem terbaik di dunia.

Peningkatan kegegasan iPhone 11 Pro sendiri tak menjadi sorotan dalam kampanye pemasaran Apple tahun ini.
Walau demikian Apple mengklaim bahwa prosesor A13 yang jadi jantung performanya mengalami peningkatan hingga 20% dibanding tahun lalu.

Meski dalam uji benchmark klaim tersebut mendekati terbukti namun sebenarnya memang bukan kegegasan yang jadi fokus penyempurnaan pada A13 melainkan lebih kepada efisiensi.

Hasilnya memang ada peningkatan signifikan stamina baterai iPhone 11 Pro dibanding iPhone XS.
Namun jika Anda lebih menghendaki stamina baterai yang lebih panjang Anda bisa mengaktifkan fitur “Dark Mode”.

Meski fitur tersebut tak dimaksudkan untuk menghemat daya baterai namun terbukti sanggup memperpanjang stamina baterai. Sebab selama penggunaan dengan mode tersebut hanya sebagian piksel pada layar saja yang aktif sementara sisanya pada kondisi mati.

Kualitas dan Performa Kamera iPhone 11 Pro

iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max yang dibanderol lebih mahal dibanding harga iPhone 11 dilengkapi dengan tiga lensa kamera utama, penambahannya terletak pada lensa sudut lebar.

Ketiganya sama-sama menggunakan sensor 12 MP sementara untuk aperture masing-masing adalah f/2.4 ultra wide, f/1.8 wide dan f/2.0 telephoto.

Selain itu Apple juga melakukan pembaruan pada fitur “Smart HDR” menggunakan mesin pembelajar untuk menganalisa serta melakukan komposisi beberapa foto yang diambil bertutut-turut dalam satu klik dengan tujuan menghasilkan warna serta bayangan sealamiah mungkin.

Kamera iPhone kini memang bukan lagi yang terbaik namun jelas masih merupakan salah satu kamera ponsel yang istimewa.
Bagi konsumen kondisi ini artinya Anda bisa memilih ponsel dengan platform Android ataupun iOS sesuai preferensi, manapun yang dipilih Anda bisa mendapatkan kualitas kamera memuaskan.

Contoh Foto Hasil Kamera Utama iPhone 11 Pro

Contoh Foto Hasil Kamera Utama iPhone 11 Pro

Contoh Foto Hasil Kamera Utama iPhone 11 Pro

Satu hal yang menjadikan kamera iPhone 11 Pro lebih baik dibanding kompetitornya yang berbasis Android adalah kemampuannya menghasilkan foto dengan tingkat detil tinggi dengan warna tetap alamiah pada malam hari.Bahkan terihat ada peningkatan signifikan dibanding kamera iPhone XS.

Hasil Foto Kamera iPhone XS vs iPhone 11 Pro

Hasil Foto Kamera iPhone XS vs iPhone 11 Pro

Lewat “Night Mode” Anda diharuskan menekan tombol selama lebih kurang tiga detik sementara kamera mencoba menangkap beberapa foto sekaligus.
Namun jika hasilnya masih kurang memuaskan Anda bisa melakukan pengaturan manual terhadap intensitas efeknya.

Untuk lensa sudut lebar (ultra wide angle lens) yang membedakan iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max dengan iPhone 11 meski keberadaannya pada sebuah ponsel memang tidak mutlak namun keberadaannya memang terbukti memberi nilai tambah.

Ultra Wide Lens iPhone 11 Pro

Dombort sendiri sebenarnya lebih memilih lensa sudut lebar ketimbang lensa jarak jauh jika memang harus memilih dua lensa saja.

Pada sistem operasi iOS 13 ini dimungkinkan mengganti pilihan lensa lewat tampilan antar muka yang praktis serta mudah dipahami.

Secara keseluruhan kamera iPhone 11 Pro memang memuaskan bagi pengguna yang tak ingin repot melakukan pengaturan kala hendak memfoto. Namun perlu dicatat bahwa untuk lensa utama selain peningkatan fitur “Smart HDR” nyaris tak ada bedanya dengan lensa utama pada iPhone XS.

Penilaian untuk iPhone 11 Pro

Dari sisi value for the money iPhone 11 Pro maupun iPhone 11 Pro Max mungkin memang bukan pilihan terbaik sebab kalau itu yang dicari maka iPhone 11 adalah pilihan terbaik dengan asumsi Anda hanya membatasi pilihan pada ponsel berbasis iOS.

Bagaimanapun dengan harga yang demikian tinggi iPhone 11 Pro menawarkan kualitas sepadan baik dari sisi desain, layar, kegegasan, stamina baterai, pengalaman menggunakan serta tentu saja kamera.
Dengan kata lain sama sekali tak terasa rugi membelanjakan sejumlah uang tersebut untuk menebus ponsel flagship terkini buatan Apple tersebut.

Summary
Review Date
Reviewed Item
iPhone 11 Pro
Author Rating
51star1star1star1star1star
Product Name
iPhone 11 Pro
Price
IDR 18500000
Product Availability
Available in Stock