Harga Oppo Neo 7 dan Spesifikasi

Harga Oppo Neo 7 di Indonesia saat ini sudah sedikit menurun jika dibanding banderol kala ia masih baru dirilis pada akhir tahun 2015 lalu. Mengusung layar 5 inch dengan teknologi TFT hingga saat ini ponsel buatan Oppo ini ternyata masih banyak diminati oleh calon konsumen dengan anggaran kurang dari Rp 2 Juta.

Menilik spesifikasi Oppo Neo 7 terlebih terkait performa sebenarnya ia tidak terlalu istimewa untuk ukuran ponsel saat ini, Snapdragon 410 sudah termasuk teknologi lawas meski beberapa ponsel kelas low-end populer di pasaran saat ini masih mengandalkannya.

Also Read: Harga Oppo A37 dan Spesifikasi Terkini

Kelebihan dan Kekurangan Oppo Neo 7

Key Specs Oppo Neo 7
Display 5-inch TFT
Screen Resolution qHD (960 x 540)
Operating System Android Lollipop 5.1
Processor 1.2 GHz Quad-Core
Chipset Snapdragon 410 MSM8916
Memory 1 GB RAM
Inbuilt Storage 16 GB
Storage Upgrade Yes, upto 128 GB via microSD
Primary Camera 8 MP with LED flash
Video recording 1080p@30fps
Secondary Camera 5 MP with screen-based flash
Battery 2420 mAh
Fingerprint Sensor No
NFC
4G ready Yes
SIM card type Dual SIM
Waterproof No
Weight
Price Rp 1,7 Juta-an

Kelebihan dan kekurangan Oppo Neo 7 yang dirangkum lewat terbitan kali ini dibuat berdasarkan pengalaman menggunakan smartphon Oppo tersebut dalam keseharian dengan beberapa kondisi yang memaksanya bekerja pada batas puncak.

Desain dan Layar

Penampilan Neo 7 terbilang istimewa di kelasnya, selain karena desain juga sang produsen menggunakan material serat kaca yang membuatnya berkesan premium walau tak bisa dipungkiri pula di sisi lain ia cenderung mudah kusam karena tangan yang berminyak. Beberapa bagian masih mengadopsi material plastik namun dari sisi kualitas pengerjaan terlihat cukup rapih.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo Neo 7

Layar dengan lebar 5 inch di bagian depan menawarkan resolusi 540 x 960 pixels, di atas kertas terlihat inferior mengingat beberapa kompetitor sekelas sudah mengadopsi resolusi HD. Namun dalam kenyataannya layar ini tidak tampak buruk, malah warnanya cenderung tajam demikian pula gejala pikselisasi tidak kentara.

Harga dan Spesifikasi Oppo Neo 7

Kekurangan Oppo Neo 7 dari poin layar terletak pada tingkat kecerahan yang tak cukup mampu mengkompensasi sinar matahari kala digunakan di luar ruangan. Pengguna masih bisa membaca dalam situasi tersebut namun tidak cukup jelas.

Performa Oppo Neo 7

Memang Snapdragon 410 merupakan chipset yang tak bisa dibilang terkini namun dalam penggunaan keseharian kami masih mendapati performa Oppo Neo 7 mulus, fluid dan jeda kala loading aplikasi juga terbilang wajar untuk standar smartphone Android kelas low-end.

Menjalankan beberapa aplikasi sekaligus juga tidak memunculkan kendala, dari total kapasitas RAM 1 GB yang ditawarkan saat usai melakukan boot tercatat masih sekitar 501 MB tersisa (free). Gejala lag hanya muncul kala ia digunakan menjalankan banyak aplikasi secara agresif. Namun untuk kondisi normal sehari-hari handphone yang sudah berumur sekitar setahun ini masih terbilang mumpuni.

Kala digunakan untuk aktivitas browsing proses menggulung layar berjalan fluid asalkan konten dari laman yang dibuka sekedar mengandung teks. Berbeda situasinya kala digunakan mengakses laman yang kaya akan konten media maka hiccups pun mulai muncul sebagaimana wajarnya ponsel sekelas ini.

Pada sisi lain kenaikan suhu ekstrim sama sekali tidak muncul dalam pengujian, kenaikan suhu signifikan bisa dirasakan saat menggunakan Oppo Neo 7 untuk memainkan game dengan resolusi HD namun masih tetap dalam kategori normal.

Kamera Oppo Neo 7

Harga Oppo Neo 7 dan Spesifikasi

Sebenarnya alasan utama calon konsumen membeli Oppo Neo 7 dibanding merek lain untuk harga yang sama dilatarbelakangi oleh fitur kamera. Dan memang Oppo tidaklah mengecewakan, pada kondisi pencahayaan ideal maupun low light baik kamera primer maupun sekunder-nya sama –sama mampu menghasilkan foto yang jernih, detil dan tajam untuk standar kamera ponsel kelas low-end.

Harga Oppo Neo 7 dan Spesifikasi

Kinerja auto-focus –nya juga terkategori baik untuk sebuah ponsel yang harganya tak sampai Rp 2 Juta.

Stamina Baterai

Mengusung baterai dengan kapasitas 2420 mAh diperlukan waktu sekitar dua jam lebih beberapa menit untuk mengisi ulang daya dari kondisi 0 ke 100%. Screen on time -nya mencapai 3 jam 30 menit dengan penurunan daya baterai sebesar 11% dalam kondisi standby.

Harga Oppo Neo 7 dan Spesifikasi

Kelebihan Oppo Neo 7 Kekurangan Oppo Neo 7
  • Performa harian fluid
  • Desain dan build quality solid
  • Kamera primer dan sekunder terbaik di kelasnya
  • Layar tidak terbaca baik di luar ruangan
  • Layanan purna jual belum sebaik Samsung, LG dan Asus

Kesimpulan Review Oppo Neo 7

Jika sekedar menilik spesifikasi Oppo Neo 7 di atas kertas memang tak ada keistimewaan yang tampak ditawarkan olehnya. Namun ketika menjajal langsung maka untuk harga kurang dari Rp 2 Juta ponsel Oppo ini benar-benar worth the money.
Mulai dari sisi performa, tampilan antar muka hingga kamera kami tak menemukan sisi yang pantas dikritik. Memang layarnya hanya menampilkan resolusi qHD namun ingat bahwa ini adalah handphone Android harga Rp 2 Juta-an, bahkan kurang.


Harga Oppo Neo 7

White
Harga Oppo Neo 7
Jual Oppo Neo 7

Oppo Neo 7 Harga dan Spesifikasi
Harga Oppo Neo 7 dan Spesifikasi | Ponsel Dombort | 4.5