Konfigurasi Kamera Utama Realme 5i

Realme 5i Tawarkan Kamera Terbaik untuk Harga 1 Jutaan

Sukses jadi merek yang diperhitungkan di segmen menengah kini Realme agresif pula jajaki kelas di bawahnya. Untuk menutup celah antara Realme C3 dengan Realme 5 maka dilansirlah Realme 5s dan Realme 5i.

Mengapa kehadiran Realme 5i ini dianggap relevan sementara di segmen harga tersebut sudah ada beberapa nama lain termasuk Redmi?
Alasannya tak lain karena Realme 5i layak disebut sebagai ponsel kisaran harga Rp 1 Jutaan pertama yang berani usung kamera istimewa.

Harga Realme 5i dan Spesifikasi

Cek Harga Disini

Spesifikasi Realme 5i

OS ColorOS 6 berbasis Android 9.0 (Pie) dijadwalkan update Android 10
Layar 6.52 inches, 720 x 1600 pixels, 20:9 ratio (~269 ppi density)
SoC Qualcomm SDM665 Snapdragon 665 (11 nm)
GPU Adreno 610
RAM 4 GB
ROM 64 GB
Kamera Utama 12 MP, f/1.8, (wide), 1/2.9″, 1.25µm, PDAF
8 MP, f/2.3, 13mm (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm
2 MP, f/2.4, (macro), 1/5.0″, 1.75µm
2 MP, f/2.4, (depth)
Kamera Swafoto 8 MP, f/2.0
Sensor Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
Waterproofing
Baterai Non-removable Li-Po 5000 mAh battery
Dimensi 164.4 x 75 x 9.3 mm
Berat 195 g

Desain dan Layar Realme 5i

Pada dasarnya desain Realme 5i punya banyak kemiripan dengan Realme 5, tak mengherankan selain upaya menghemat biaya produksi Realme 5i ini memang versi paket hematdari Realme 5.

Untuk membedakan keduanya pihak pabrikan melakukan ubahan minor pada permukaan bodi bagian belakang.
Alih-alih model potongan berlian atau “Diamond Cut” untuk versi lebih murah ini mengimplementasikan “Sunrise Design” yang bisa terlihat kala terpapar cahaya.

Meski bodi bagian belakang ini dibuat menggunakan material plastik namun kerangka dan sasis kesemuanya menerapkan material logam untuk memastikan build quality yang kokoh.

Pengalaman Menggunakan Realme 5i

Jika membandingkan dengan merek lain di segmen yang sama maka ponsel harga sejutaan besutan Realme ini terasa lebih tebal dan besar. Namun agaknya kondisi ini bisa dimaklumi sebagai konsekuensi dari bentang layar yang lebih lebar berikut kapasitas baterai lebih besar.

Bentang layar 6.5 inch –nya sendiri menawarkan resolusi setara HD+ berteknologi IPS yang dibingkai dengan bezel tipis.
Di bagian atas layar terlihat kamera swafoto 8 MP dengan desain tetesan air.

Kualitas layarnya cukup standar untuk ponsel sekelas ini, karena tingkat resolusi yang rendah maka ketajaman huruf serta tingkat detil terlihat sangat terbatas.

Kualitas Layar Realme 5i

Satu-satunya kekurangan ponsel ini dari sisi desain adalah masih dipertahankannya port micro USB alih-alih USB tipe C sebagaimana umumnya ponsel masa kini.

Kegegasan dan Stamina Baterai

Jantung performa yang digunakan sama persis dengan milik Realme 5 yaitu Snapdragon 655 buatan Qualcomm, hanya saja prosesor tersebut hanya didampingi oleh pilihan RAM berkapasitas 4 GB.

Pada penggunaan sehari-hari ada saat dimana muncul gejala lag namun tak sampai terasa mengganggu apalagi menimbulkan frustrasi.

Sedangkan beberapa game populer seperti “Call of Duty” dan “PUBG” masih bisa dimainkan asal Anda tak berkeberatan dengan tingkat pengaturan grafis yang rendah.

Saat diuji coba Realme 5i masih menjalankan sistem operasi ColorOS 6.0.1 berbasis Android 9, namun Realme menjanjikan pembaruan ke Android 10 dalam waktu dekat.

Karena dirancang untuk menawarkan stamina baterai di atas rata-rata maka Realme menjejali ponsel buatannya ini dengan baterai berkapasitas 5000 mAh.
Untuk penggunaan normal ala Dombort baterai ponsel ini sanggup bertahan selama 24 jam dan masih sisa sekitar 20-30% keesokan harinya.

Performa dan Kualitas Kamera

Spotlight pada Realme 5i tentu terletak pada kamera utama dengan empat lensa. Terdiri atas lensa utama 12 MP f/1.8 didukung oleh PDAF, kamera sudut lebar 119 Derajat dengan sensor 8 MP dan f/2.2 serta dua lensa 2 MP lainnya masing-masing berperan sebagai kamera makro dan portait.

Konfigurasi Kamera Utama Realme 5i

Meski kentara sekali bahwa kualitas foto yang dihasilkan sebagian besar merupakan hasil manipulasi perangkat lunak namun tetaplah mengagumkan untuk standar ponsel seharga ini.

Foto Hasil Kamera Realme 5i

Kualitas Kamera Realme 5i

Secara umum lensa utamanya cukup bisa diandalkan tapi kalau Anda belum merasa cukup puas tak ada salahnya coba mengaktivasi bantuan AI serta memanfaatkan fitur “Chroma Boost”.

Kekurangannya terletak pada tingkat kontras dan dynamic range namun bisa diatasi dengan mengaktifkan mode HDR.

Sementara untuk lensa sudut lebar meski tak menawarkan tingkat detil tinggi karena hanya dibekali sensor 8 MP namun terasa bermanfaat kala misalnya memotret pemandangan, gedung yang tinggi dan sebagainya.

Untuk dua lensa lain yang memiliki sensor 2 MP Dombort sendiri lebih melihatnya sebagai gimmick walaupun lensa portrait -nya kadang kala cukup bermanfaat juga.

Beralih ke kamera swafoto lagi-lagi terlihat bagian ini disunat dari Realme 5, namun kamera dengan sensor 8 MP ini terbukti masih sanggup menghasilkan swafoto yang jernih.

Penilaian Dombort untuk Realme 5i

Kehadiran Realme 5i layak diapresiasi meski resolusi layarnya tak cukup tinggi dan masih sekedar menggunakan port micro USB namun pada sisi dengan harga lebih murah tak banyak sunatan jika dibanding Realme 5.

Kelebihan Realme 5i tentu saja terletak pada kapasitas baterai besar, bentang layar lebar serta kualitas kamera memuaskan untuk standar ponsel sekelasnya.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Realme 5i
Author Rating
31star1star1stargraygray
Product Name
Realme 5i
Price
IDR 1999999
Product Availability
Available in Stock